oleh

7 Penyebab Alarm Mobil Tidak Berfungsi, Serta Solusinya!

Dalam beberapa kasus pemilik mobil mengeluhkan bahwa alarm mobil tidak berfungsi. Hal tersebut tentunya membuat was-was pemilik mobil saat memarkir mobilnya di tempat umum, mengingat tingkat kejahatan semakin tahun semakin meningkat.

Alarm mobil tidak berfungsi bisa disebabkan karena beberapa komponen pendukungnya bermasalah atau mengalami kerusakan, sehingga kinerja alarm mobil tidak berfungsi secara optimal.

Umumnya alarm mobil tidak berfungsi disebabkan karena battery remote alarm mobil habis. Meski demikian ada beberapa penyebab lainnya yang tentunya menarik untuk dibahas.

“Alarm mobil tidak berfungsi bisa jadi karena battery remot habis, namun bisa juga karena modul atau ada kabel yang putus,” ungkap Kevin, selaku pemilik toko aksesoris mobil di bilangan Cinere (27/10/2021).

Berikut kami akan bahasa secara detail 7 penyebab alarm mobil tidak berfungsi, beserta solusinya:

1. Sambungan Kabel Putus

alarm mobil tidak berfungsi

Penyebab pertama alarm mobil tidak berfungsi adalah karena sambungan kabel putus. Terputusnya sambungan kabel ini bisa disebabkan karena saat instalasi atau pemasangan alarm mobil tidak dilakukan dengan benar, sehingga kabel mengalami kendor atau putus.

Sebab lain terputusnya kabel alarm mobil bisa karena  kabel digigit oleh tikus. Hewan tikus memang dikategorikan sebagai hama alias hewan pengganggu.

Untuk mengatasinya, cek kembali instalasi kabel mulai dari modul, central lock dan actuator. Jika memang kondisi kabel masih layak bisa disambungkan kembali, namun jika kabel sudah rusak parah baiknya diganti dengan yang baru.

Baca juga  Segini Besaran Biaya Turun Mesin Mobil, Jangan Kaget!

2. Baterai Remot Habis

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu penyebab alarm mobil tidak berfungsi karena baterai remot habis. Ciri-ciri baterai yang sudah lemah, umumnya jarak remote dan mobil tidak bisa terlalu jauh. Kemudian lampu indikator remote mulai meredup.

Solusinya jelas, ganti baterai remot dengan yang baru dan berkualitas agar tahan lama. Usia baterai remote alarm kemungkinan sekitar 1-2 tahun, jadi waspadalah kalau sudah mencapai umur tersebut.

3. Aki Mobil Soak

alarm mobil tidak berfungsi

Penyebab alarm mobil tidak berfungsi selanjutnya adalah karena aki mobil soak. Yup, aki merupakan pusat tenaga listrik pada mobil. Jadi jika aki mengalami soak otomatis fungsi alarm juga akan terganggu.

Untuk mengenali aki soak cukup mudah, umumnya suara dari alarm akan melemah saat digunakan. Jika sudah begitu baiknya ganti aki mobil baru agar alarm dan komponen lain yang menggunakan tenaga listrik bisa berfungsi optimal kembali.

4. Gangguan frekuensi

Alarm mobil menggunakan remot yang notabennya menggunakan frekuensi untuk penggunaanya. Nah, oleh karena itu alarm mobil juga berpotensi mengalami gangguan frekuensi.

Penyebab umumnya karena mobil di parkir dekat dengan menara pemancar radio Base Transceiver Station (BTS) provider telepon seluler, dan sebagainya.

Baca juga  5 Masalah Honda City Type Z yang Sering Dikeluhkan

Jika terjadi hal demikian solusinya adalah dekatkan remot dengan mobil saat akan menekan tombol remot. Tujuannya adalah agar receiver alarm dapat menerima gelombang radio lebih baik yang dikirimkan oleh remot.

5. Sekering Rusak

Kemudian, penyebab selanjutnya alarm mobil tidak berfungsi karena kerusakan pada sekring alias skering putus.

Cara memperbaiki alarm mobil dalam keadaan seperti ini adalah dengan membuka manual doortrim pintu mobil dan mencari tempat sekring berada.

Letak dari tempat sekring mobil berbeda-beda, jika bingung bisa melihatnya di buku panduan. Namun, biasanya ada di bawah dashboard pengemudi atau pada bagian mesin. Dan untuk solusinya adalah mengganti sekring yang rusak tersebut.

6. Modul Alarm Rusak

alarm mobil tidak berfungsi

Kerusakan pada sistem alarm mobil bisa juga disebabkan karena modulnya mengalami kerusakan.

Jika terjadi kerusakan pada modul alarm, maka tidak akan ada arus yang dialirkan untuk mengontrol kerja sirine (spiker).

Akibatnya, alarm mobil pun tidak bunyi saat dikunci. Sedangkan apabila sirine mobil rusak, arus yang berasal dari control modul tidak akan bisa membunyikan alarm karena sirine mati.

Untuk mengatasinya jelas harus mengganti dengan modul yang baru. Namun sebelum ganti, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan mekanik yang memahami perihal sistem alarm. Agar perbaikan atau penggantian modul bisa sesuai dengan harapan, kemudian alarm mobil bisa berfungsi kembali secara optimal.

Baca juga  Cara ampuh Membersihkan dan Membasmi Kecoa dari Mobil

7. Kualitas Alarm Tidak Bagus

Penyebab alarm mobil tidak berfungsi selanjutnya adalah karena kualitas alarm yang tidak bagus. Hal ini memungkinkan tiba-tiba alarm mati walau usianya seumur jagung. Jadi selalu pilih yang berkualitas, agar performanya selalu bisa diandalkan kapan saja dan di mana saja. 

“Alarm mobil memang banyak dijual di toko-toko aksesoris mobil dengan harga murah. Nah harga murah tersebut yang seharusnya diwaspadai. Sebab untuk alarm mobil itu ada harga ada kualitas. Begitu juga dengan pemasangannya, memang ada beberapa konsumen yang ingin mencoba memasang sendiri, namun hasilnya malah tidak optimal dan akhirnya tetap menggunakan jasa mekanik dan akhirnya malah mengeluarkan biaya lebih,” jelas Kevin.

Moladiners, itulah ulasan mengenai penyebab alarm mobil tidak berfungsi beserta solusinya. Nah jika kamu mengalami kerusakan alarm mobil, bisa cek komponen-komponen yng sudah diulas di atas. Oh ya, kalau beli alarm mobil baiknya yang berkualitas ya, jangan asal murah dan akhirnya kualitasnya buruk.

Untuk informasi otomotif menarik lainnya, oantau terus Moladin.com.

Terbaru