by

Penyebab Kick Starter Ngelos, Apa yang Harus Diganti?

Penyebab Kick Starter Ngelos -Sobat Moladin pernah mengalami yang namanya kick starter ‘ngelos’ kah saat menggenjot sepeda ini? Ini adalah hal yang menyebalkan, terutama buat kamu yang tombol starter-nya sedang rusak, sehingga pilihan satu-satunya adalah menggunakan kick starter. Alamat motor kesayangan nggak mau hidup sama sekali dan kamu pun harus pergi kerja ataupun kuliah menggunakan angkutan umum.

Kick starter atau sering disebut engkol kaki disematkan di motor supaya ketika aki drop, kamu masih bisa menyalakan si kuda besi. Nah, penasaran mau tahu penyebab kick starter ngelos? Simak sama-sama infonya berikut dan bikin motor kesayanganmu jadi normal seperti sedia kala.

Kampas Kopling Sudah Aus

Kampas Kopling Aus

Benar sekali, sob, kalau kampas kopling kamu sudah aus biasanya kick starter jadi rewel. Ada baiknya kamu segera mengganti kampas kopling dengan yang baru. Nah, apabila kick starter masih ngelos setelah kampas kopling diganti, ini berarti kamu harus melakukan pengecekan terhadap komponen lain.

Setelan Kopling yang Tidak Tepat

Setelan Kopling tidak tepat

Penyebab lain yang menyebabkan kick starter ngelos dan tidak mau nyala adalah setelan kopling yang terlalu rapat. Ini biasanya terjadi pada motor sport atau motor modifikasi. Kalau setelan terlalu rapat, sudah pasti kopling posisinya selalu menekan dan membuat motor susah di starter.

Beda lagi ceritanya apabila kuda besi kesayanganmu itu jenisnya adalah motor bebek yang menggunakan kopling otomatis. Apabila mangkok kopling otomatis tergores, otomatis kopling tidak bisa bekerja dengan maksimal. Kalau ini memang jadi akar permasalahan kick starter kamu, sob, maka tidak ada cara lain kecuali mengganti spare part yang tergores ini.

Baca juga  Ini Tempat Nitip Motor Ketika Mudik Paling Aman, Dijamin Gak Bikin Nyesel

Jangan lupa selalu gunakan komponen yang asli ya, sob. Walaupun harganya sedikit lebih mahal, tapi kualitasnya terjamin. Tentu saja komponen asli lebih tahan lama saat dipakai dan bikin pengeluaran kamu ke depan jadi lebih hemat.

Per Sentrifugal Sudah Lembek

Per Sentrifungal

 

Tiga per sentrifugal yang lembek ini juga bisa jadi penyebab kick starter ngelos. Terutama jika motor kamu sudah berusia lanjut, sob. Cara mengatasinya tentu saja dengan mengganti per yang sudah lembek ini.

Ingat, pakai spare part yang asli ya, sob. Kamu bisa membeli kampas kopling hingga per sentrifugal ini di Moladin.

Beli spare part di Moladin itu mudah banget, sob. Tinggal buka aplikasi di ponsel kamu, kemudian pilih bagian spare part dan ketik nama komponen yang sedang kamu cari. Setelah selesai memilih spare part yang cocok, kamu tinggal klik beli dan barang yang kamu pesan akan segera dikirimkan ke rumah. 

Baca Juga :

Baca juga  5 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor, Tidak Sulit!

 

Mesin Tidak Mau Membuat Tekanan Kompresi

Mesin tidak mau membuat tekanan kompresi

Hal ini juga bisa jadi salah satu penyebab kick starter ngelos, sobat Moladin. Tidak adanya tekanan kompresi pada mesin akibat dorongan piston bisa disebabkan karena adanya kotoran pada klep atau valve. Klep ini sendiri kan geraknya naik turun, dan tentunya tidak bisa menutup dengan normal apabila ada kotoran  yang menyumbat lubang klep.

Klep bertugas mengatur masuknya gas baru dan gas buang sisa pembakaran mesin motor. Nah, kotoran sisa gas buang ini bisa muncul apabila Moladiners menggunakan bahan bakar yang beroktan rendah. Klep yang tidak tertutup sempurna ini sering disebut kebocoran kompresi atau loss kompresi.

Tips sederhana yang bisa mengatasi permasalahan ini adalah memasukkan tiga sendok makan oli baru ke dalam lubang busi. Oli ini nanti bisa melarutkan kotoran dan kerak yang timbul akibat sisa pembakaran. Namun, jangan kaget apabila saat menyalakan mesin terdapat asap yang keluar. Asap ini diakibatkan adanya oli yang terbakar. 

Tips kedua untuk menghindari adanya kotoran di jalur klep adalah dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Coba di cek, bahan bakar yang kamu gunakan sekarang beroktan rendah atau beroktan tinggi, sob? Kalau memang masih beroktan rendah, tampaknya sudah saatnya kamu ganti BBM kamu ke yang beroktan tinggi.

Baca juga  3 Cara Praktis Mendapatkan Dana Tunai Secara Cepat

Gigi Engkol Kick Starter Patah atau Pecah

Gigi kick starter patah

Penyebab kick starter ngelos yang lain adalah gigi engkol dari kick starter ini patah ataupun pecah. Solusi dari permasalahan ini adalah mengelas gigi yang patah dan pecah dengan kawat las LB atau yang memiliki kadar baja tinggi.

Sewaktu mengelas, usahakan menggunakan sistem teknik las kredit agar gir tidak meluber dan menyebabkan sulit dibentuk. Cara paling aman sih ya membawa motor kesayangan ke tukang las ataupun ke bengkel langganan. Kamu tinggal meminta mereka untuk menyambung gigi engkol yang patah atau pecah.

Itu dia beberapa penyebab kick starter ngelos, sob. Semoga cukup membantu informasinya, ya. Apabila Moladiners memiliki informasi lain terkait penyebab kick starter yang enteng dan nggak mau balik ke tempat semula ini, bisa tulis informasinya di area komentar. Selamat merawat kuda besi kesayangan, Moladiners!

Buat kamu yang tertarik membeli motor baru ataupun motor bekas dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja cek di Moladin!

Baca Juga :

Terbaru