Minggu, September 25, 2022

7 Penyebab Klakson Mobil Mati, Waspada!

by Tigor Sihombing
Penyebab Klakson Mobil Mati

Banyak faktor penyebab klakson mobil mati. Baik karena masalah kelistrikan atau karena faktor usia pakai.

Tetapi baiknya, jika klakson mobil mati langsung diperbaiki. Karena komponen ini sangat penting untuk membantu kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Klakson mobil sendiri merupakan sebuah trompet elektromekanik. Fungsinya untuk membuat pendengarnya waspada, atau untuk memperingati pengendara yang kurang tertib atau jika pengendara lain diprediksi akan menyebabkan kecelakaan.

Sedangkan di negara berkembang, klakson memberi tahu pendengarnya bahwa ada kendaraan yang datang, mengingatkan akan kemungkinan bahaya yang terjadi, ingin mendahului, atau menyatakan perasaan emosional. 

Nah berikut ini Moladin akan menyampaikan penyabab klakson mati beserta cara penangannya. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Klakson Terkena Air

Penyebab Klakson Mobil Mati

Klakson mati karena air bisa terjadi karena kasus banjir.

Penyebab klakson mati yang pertama adalah karena air. Umumnya jika kasus ini terjadi klakson suaranya akan sember atau bahkan mati.

Meski begitu bukan berarti tidak bisa ditangani, penyebab klakson mobil mati karena air bisa dikembalikan seperti semula. “Untuk memperbaiki klakson yang mati karena terkena air sebaiknya pastikan kunci kontak mobil posisi off untuk menghindari korsleting, lalu lepaskan,” kata Raka, juragan aksesoris mobil di bilangan Tebet, Jakarta Selatan.

Raka melanjutkan, setelah itu  bisa lepas kabel klakson dari kutub terminal klakson di belakangnya dengan aman. Jangan lupa juga untuk melepas klakson dari dudukan rangka mobil untuk memudahkan proses pengeringan klakson.

Baca juga  7 Merk Semir Ban Terbaik dan Tanah Lama

“Bisa digoyang-goyangkan atau ditiup angin tekanan tinggi sampai air keluar dari bagian dalam klakson,” tambahnya.

Khusus untuk klakson keong bisa dikocok sampai air keluar kemudian gunakan angin tekanan tinggi dengan posisi klakson dihadapkan ke bawah untuk membantu proses pengeringan.

Lalu jangan diketok atau dibenturkan untuk mengeluarkan air yang nantinya malah bisa merusak membran klakson. Jika dirasa air sudah keluar, pastikan klakson dikeringkan sebelum dihubungkan dengan kabel dan digunakan kembali.

2. Sekering Putus

Penyebab Klakson Mobil Mati

Ilustrasi sekring klakson mobil

Penyebab klakson mobil mati berikutnya adalah sekring putus atau terbakar. Sekering merupakan elemen yang berfungsi untuk mengamankan rangkaian listrik dalam mobil agar tak kelebihan muatan.

Apabila terjadi kerusakan atau kabel putus pada sekring, seluruh sistem kelistrikan, termasuk klakson akan kena dampaknya. Akibatnya, suara klakson pun jadi melemah atau bahkan tak bersuara sama sekali.

Umumnya, rangkaian sekring terletak di dalam ruang mesin mobil pada bagian sisi. Bentuknya seperti garpu yang dilapisi oleh plastik berwarna. Jika rusak, kamu cukup melakukan penggantian dengan membeli sekring yang baru.

3. Relay Klakson Kotor

Penyebab Klakson Mobil Mati

Relay klakson mobil

Tidak semua mobil memang dilengkapi dengan perangkat relay. Jika mobilmu memilikinya, bisa jadi salah satu penyebab klakson mobil mati bersumber dari sini.

Hampir mirip dengan sekring, relay juga punya peran dalam sistem kelistrikan mobil. Fungsinya sendiri adalah sebagai jembatan penghubung antara baterai dengan arus listrik mobil.

Baca juga  Wuling Rilis Program Year End Surprise 2020, Ini Kelebihannya

Masalah yang sering terjadi pada relay ialah terkena kotor maupun air. Pertama, kamu bisa mengecek dan melakukan pembersihan pada bagian ini. Bila terjadi kerusakan pada relay, segeralah melakukan penggantian. Tenang saja, penggantian ini tidak akan memakan banyak biaya, kok.

4. Kabel Klakson Putus

Penyebab Klakson Mobil Mati

Putusnya kabel juga menjadi penyebab utama matinya suara klakson mobil

Klakson terdiri dari berbagai komponen pendukung yang membentuk kesatuan. Bila ada satu yang bermasalah, maka akibatnya bisa cukup besar. Salah satunya adalah komponen kabel penghubung.

Cukup banyak hal yang menimbulkan masalah pada kabel. Beberapa di antaranya, seperti  jamur, korosi, putus karena digigit tikus dan korsleting.

Cara paling gampang untuk mencegah klakson mobil mati ialah dengan mengecek bagian ini secara berkala. Melakukan pembersihan kabel lalu memasangnya kembali bisa jadi solusi pencegahan.

Bila terlanjur bermasalah, maka lakukan pengetesan terminal menggunakan alat test lamp. Hubungkan alat tes dengan kabel lalu pencet saklar klakson. Bila lampu tes tak menyala, itu berarti terjadi kerusakan pada kabel.

5. Switch Klakson Kotor

Penyebab Klakson Mobil Mati

Penyebab klakson mobil mati berikutnya adlah karena switchnya kotor. Bagian switch ini terletak pada tombol klakson dan berhubungan dengan setir mobil.

Untuk memperbaiki kerusakan switch, mau tak mau kamu harus membongkar setir mobil. Akan lebih baik jika kamu mempercayakan hal ini pada montir bila tak punya kemampuan yang mumpuni.

Baca juga  5 Cara Pasang Roof Box Mobil Yang Aman

Karena resikonya terlalu besar jika membongkar stir yang sudah power steering sendiri.

6. Masalah pada airbag setir

Penyebab Klakson Mobil Mati

Airbag di setir yang bermasalah bisa berimbas ke klakson

Penyebab klakson mobil mati berikutnya bisa jadi karena adanya system airbag yang mengalami masalah. Saat airbag terbuka, secara otomatis kerja klakson pun terhambat. Begitu pula ketika bagian ini mengalami kerusakan.

Untungnya, jika airbag mengalami kerusakan, akan ada tanda menyala pada lampu di dashboard mobil. Setali tiga uang, kamu pun bisa langsung mengetahui penyebab klakson mati dan langsung melakukan penanganan.

7. Klakson Sudah Rusak karena Usia Pakai

Penyebab Klakson Mobil Mati

Klakson rusak

Nah, misalkan tidak terjadi kerusakan pada relay maupun sekring, kemungkinan besar malah klakson mobil yang usianya sudah tua alias sudah rusak. Agar bisa mengetahui penyebab sebenarnya, lakukanlah tes dengan memberikan arus listrik.

Cara untuk mengetes klakson mobil mati akibat kondisinya yang jelek misalnya dengan cara menghubungkan alat probe pengukur elektrik ke kabel klakson. Selanjutnya pasang kabel jumper untuk menghubungkan salah satu ujungnya pada terminal baterai positif dan yang lainnya pada klakson. Saat kamu menyentuh klakson dengan ujung kawat jumper, pastikan melakukannya dengan cepat dan segera lepaskan kawat jumper dari klakson.

Bila tak berbunyi, maka benar bila klakson mobil mengalami kerusakan. Dengan demikian, yang harus kamu lakukan adalah membawa mobil ke bengkel untuk mengganti atau memperbaiki klakson.

Demikian ulasan terkait penyebab klakson mobil mati. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika