Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Penyebab Motor Injeksi Susah Dihidupkan dan Solusinya

by Baghendra Lodra
Penyebab Motor Injeksi Susah Di Hidupkan

Penyebab Motor Injeksi Susah Dihidupkan – Apakah Sobat Moladin pernah kesal karena motor susah nyala padahal Sobat sedang terburu – buru untuk pergi kesuatu tempat? Well, kalau kamu pernah mengalaminya, kamu tidak sendirian. Sudah banyak pemilik motor yang mengalami masalah serupa meskipun kondisi motornya sebenarnya baik – baik saja.

Pemilik motor injeksi mungkin pernah mengalami kejadian tersebut. Ada banyak penyebab motor injeksi susah dihidupkan di pagi hari. Masalah ini tentu bikin kesal meski sebenarnya solusinya kadang sangat mudah. Kebanyakan orang terus mencoba sampai bisa. Dalam beberapa kasus, solusi itu tak bisa dipakai.

Sebelum kita membahas lebih jauh soal sulitnya menyalakan mesin di motor injeksi, kita perlu tahu tentang sistem injeksi terlebih dahulu. Yang dimaksud dengan sistem injeksi adalah sistem pengabutan alias sistem suplai bahan bakar kemesin. Berbeda dengan karburator, sistem injeksi mencampur bahan bakar dengan udara sebelum menyemburkannya kemesin.

Untuk memastikan efisiensi bahan bakar, sistem injeksi menggunakan banyak sensor dan sebuah ECU (Electronic Unit Control). Semua sistem itu akan menghitung dengan tepat seberapa banyak bahan bakar yang diperlukan oleh mesin. Selain meningkatkan efisiensi bahan bakar, sistem injeksi juga membuat motor menjadi lebih ramah lingkungan. Tenaga yang dikeluarkan motor pun menjadi lebih besar.

Contoh kuda besi yang sudah pakai teknologi injeksi adalah Honda Vario 150, Yamaha Nmax, Suzuki Nex, Kawasaki Ninja 250, dan masih banyak lagi. Hampir seluruh produk motor baru di Indonesia, sudah pakai injeksi.

Kelebihan sistem injeksi dibanding karburator antara lain: Performa kendaraan lebih baik, bahan bakar lebih efisien, bisa menggunakan bahan bakar alternatif, emisi gas buang rendah, kendaraan berjalan lebih halus, awet, biaya perawatan relatif murah, lebih mudah didiagnosa, dan kemudahan dalam menyetel settingan mesin.

Baca juga  Motor Injeksi Bermasalah? Ini yang Wajib Bikers Lakukan

Kembali ketopik penyebab motor injeksi susah dihidupkan, ada beberapa faktor yang berperan dalam problema ini. Tidak semuanya berhubungan dengan sistem injeksi secara langsung tetapi banyak ditemui di motor tipe ini. Berikut adalah beberapa penyebab motor injeksi susah dihidupkan.

1. Tegangan aki lemah

Penyebab Motor Injeksi Susah DiHidupkan Tekanan Aki Lemah

Penyebab motor injeksi susah dihidupkan yang pertama adalah tegangan aki lemah. Kalau arusnya tidak sesuai standar, maka motor akan sulit dihidupkan, utamanya di motor injeksi.

Electric starter membutuhkan banyak daya dari aki untuk memutar dinamo starter. Sementara itu aki di motor injeksi juga harus menyuplai daya untuk ECU. Artinya, jika dari awal tegangan aki sudah rendah, maka masalahnya akan semakin rumit jika dipaksaka nmenyalakan mesin menggunakan electric starter.

Saat tegangan ak iturun, maka tegangan yang diterima ECU juga akan lebih rendah. Kalau tegangan yang diterima ECU lebih rendah dari seharusnya, maka sistem bisa error. Selain itu, tegangan yang rendah juga membuat mesin susah distarter. Kalau terus dipaksakan, aki bisa drop karena tak mampu memenuhi kebutuhan listrik starter dan ECU.

Baca Juga :

2. Busi yang basah

Penyebab Motor Injeksi Susah DiHidupkan Busi Yang Basah

Busi bisa menjadi basah jika terlumur oli mesin. Busi bertugas menyediakan percikan – percikan api yang berfungsi untuk membakar bensin di ruang mesin. Ujung busi yang terpapar mesin juga akan rawan terlumur oleh oli. Jika sampai demikian, maka motor akan sangat susah hidup.

Selain karena basah, busi yang kotor juga tidak akan bisa memberikan percikan yang konsisten. Dengan demikian, proses menyalakan mesin pun akan ikut sulit. Mau motor injeksi kamu berjenis Honda Beat, Yamaha Mio, dan lain-lain, pasti bakal susah hidup. Solusinya cukup mudah, bersihkan busi atau ganti dengan yang baru.

Baca juga  Begini Cara Manasin Motor Agar Performa Tetap Maksimal

3. Brush starter sudah aus

Brush Starter Sudah Aus

Ciri khas dari brush yang sudah aus adalah ketika tombol starter ditekan, suara motor terkesan loyo. Meski demikian, selama kondisi aki masih bagus, semuakomponen kelistrikan masih akan berjalan dengan baik. Indikasinya sangat mirip dengan gejala aki yang drop.

Cara untuk mengujinya bisa dilakukan dengan menyalakan lampu dan komponen elektroniklainnya. Jika lampu terlihat redup dan suara klakson menjadianeh, bisa jadi yang bermasalah adalah akinya. Sebaliknya, kalau semua baik – baik saja, bertarti brush starter-nya yang rusak. Kamu punya dua pilihan untuk mengganti brush atau membeli seluruh bagian starter.

4. Motor kehabisan bensin

Motor Kehabisan Bensin

Kehabisan bensin, pasti jadi penyebab motor injeksi susah dihidupkan. Hanya saja masalah biasanya berlanjut ketika kita sudah dorong motor ke stasiun pengisisan bahan bakar umum (SPBU) dan isi bensin sampai penuh.

Ada beberapa motor injeksi yang menunjukkan gejala aneh seperti susah menyala setelah mengalami kehabisan bensin. Penyebab utamanya adalah pompa bensin yang memasok bensin ke injektor secara otomatis memutus pasokan bensin ketika tidak ada lagi debit bahan bakar pada tangki.

Jadi, walau tangki sudah penuh, pompa bensin bakal terus dalam keadaan kosong. Hal tersebut lantaran pompa bensin tidak terlalu kuat memasok bensin ke injektor akibat masih ada angin palsu pada kondisi tangki kosong tadi.

Kalau ini terjadi, sesungguhnya kamu tidak perlu panik. Solusinya cukup dengan putar kunci kontak secara berulang. Gunanya memancing pompa bensin untuk memasok bensin ke injektor, sekaligus mempersiapkan kompresi pembakaran.

 

Hal yang sama juga bisa dialami oleh motor – motor yang bensin di dalam tangkinya hampir habis. Prinsipnya sama, pompa bensin sudah terlanjur turun terlalu jauh. Karena itu, jika motor kamu mengalami gangguan saat dinyalakan dan kamu lihat bensinnya sudah hampir habis, segera lakukan pengisian ulang.

Baca juga  Cara Membuat Motor Injeksi Lebih Kencang Tanpa Bore Up

5. Bensin kotor merupakan penyebab motor injeksi susah dihidupkan

penyebab motor injeksi susah dihidupkan

Terakhir yang jadi penyebab motor injeksi susah dihidupkan adalah bensin kotor. Tidak bersihnya bensin disebabkan oleh banyak penyebab, mulai dari air, hingga karat. Oleh karenanya kamu perlu menjaga asupan bensin selalu murni.

Cara menghindari tangki bensin dari kemasukan air, salah satunya menjaga seal tutup tangki selalu dalam kondisi prima. Kalau karetnya sudah getas, sebaiknya segera ganti. Berhati-hatilah pula saat mencuci motor dengan penyemprot air bertegangan tinggi.

Lalu untuk mencegah karat tercampur ke bensin, bisa dengan selalu isi tangki sampai penuh. Jangan pernah beri ruang lebih untuk udara masuk ke dalam tangki dalam waktu lama, apalagi sampai berbulan-bulan. Pasalnya ini bisa menjadikan karat di dalam tangki.

Kalau sampai berkarat dan residunya turun ke injektor, pasti menjadikan motor jadi susah hidup karena lubang injektor tertutup. Kalau sudah bermasalah seperti ini, salah satu solusinya dengan kuras tangki bensin

Itulah tadi beberapa penyebab motor injeksi susah dihidupkan. Dalam berbagai kasus, kesalahannya ada pada kelistrikan, kegagalan pengapian, kegagalan suplai bahan bakar, dan lain-lain. Jika motor dirawat, maka masalah ini sepertinya tidak akan muncul di motor injeksi kamu.

Untuk informasi terkini seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!.

Baca Juga :

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika