by

Sederet Penyebab Motor Matic Tiba-Tiba Mati, Waspada!

Penyebab Motor Matic Tiba-tiba Mati – Motor matic menjadi salah satu kendaraan yang paling diminati di tanah air. Ini karena transmisinya sangat praktis dan tidak perlu mengganti gigi seperti motor manual.

Kamu hanya perlu mengontrol dua komponen yaitu gas dan rem saja. Inilah yang membuat motor matic lebih disukai banyak orang terutama kaum hawa. Bagasi yang luas serta posisi berkendara yang nyaman pun menjadi alasan lain mengapa motor ini punya banyak penggemar.

Sayangnya, banyak pengendara motor matic yang tidak merawat kendaraan dengan baik. Alhasil pengalaman mogok mendadak kerap terjadi. Bukan karena bensin habis, tapi karena hal lain. Motor matic tiba-tiba mati tanpa ada gejala terlebih dahulu. Semua itu langsung terjadi dan mati di tengah jalan.

Kejadian seperti ini sering sekali bikin panik terutama bagi yang tidak paham soal mesin motor. Apalagi jika sedang berada di tengah perjalanan dan sedang menuju acara penting. Walaupun motor dalam kondisi baik, namun hal ini bisa saja terjadi. Lalu, apa sih sebenarnya penyebab motor matic tiba-tiba mati?

Mesin kehilangan kompresi

Mesin kehilangan kompresi

Penyebab motor matic tiba-tiba mati yang utama adalah karena mesin motor kehilangan kompresi atau karena terhentinya proses pembakaran di mesin. Alhasil mesin pun jadi mati dan susah dihidupkan kembali.

Lalu, apa sih yang menyebabkan motor kehilangan kompresi? Jika diduga ini biasanya disebabkan oleh setingan yang memaksa konsumsi BBM motor yang dipaksa terlalu hemat. Hilang kompresi disebabkan karena setelan bensin terlalu kering atau kurang bensin. Ini menyebabkan motor cepat panas dan akhirnya jadi mogok.

Kasus mogok ini sering sekali terjadi pada jalan turunan. Saat turunan banyak pengendara yang menutup gas secara penuh. Karena setelan kering ruang bakar kekurangan bensin yang akan mengakibatkan motor mati.

Baca juga  20 Motor Matic Terbaru dan Termurah yang Bisa Jadi Pilihanmu

Nah, agar motor tetap menyala ada baiknya bukaan gas disisakan sedikit agar mesin tidak mengalami gejala kurang bensin. Di motor matik yang masih menggunakan karburator tentu lebih mudah melakukan pengaturan tersebut. Kamu cukup putar sekrup penyetel gas ke arah lebih besar. Lalu sesuaikan pula sekurp angin.

Hanya saja kalu di motor matik dengan sistem injeksi seperti Honda PCX 150 dan Yamaha Nmax 155, pengaturannya agak sulit karena menggunakan komputer. Kamu bisa mengubah bukaan bensin tersebut di bengkel terdekat.

Kadang mogok ini juga bisa dikarenakan bahan bakar yang tidak sesuai. Ini biasanya karena penggunaan oktan yang rendah dan tidak sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrikan motor.

Kompresi Hilang karena Motor Jarang Digunakan

motor bekas Rp 3 jutaan suzuki spin 125 001
Motor matic yang kelamaan tidak dipakai bisa menyebabkan kompresi mesin turun.

Motor matic yang kehilangan kompresi juga bisa diakibatkan karena jarang dipakai. Efeknya ring piston jadi menciut, kemudian kompresi hilang. 

Kalau ini terjadi, tentu kamu perlu meninggikan kompresinya. Tidak sulit, caranya cukup dengan buka busi. Kemudian tutup lubang busi dengan kain dan tangan. Engkol motor, kalau dirasa kompresinya rendah atau angin yang keluar tidak kuat, maka benar penyebabnya adalah kompresi lemah.

Solusinya dengan menambahkan tetesan oli ke ruang bakar. Kemudian tutup lagi lubang busi motor dan engkol secara berulang, sampai kompresinya jadi kuat. Biasanya tetesan oli bisa memancing kompresi mesin jadi lebih baik.

Bila kompresi sudah kembali normal, pasang lagi busi ke lubangnya. Starter seperti biasa, dijamin gejala motor matic tiba-tiba mati tidak bakal terjadi lagi. Jika, masih bermasalah, maka bawa ke bengkel terdekat.

Baca Juga :

Baca juga  Tambal Ban Tubeless dengan Cara Ditusuk, Apakah Efektif?

Kehabisan oli

Mesin kehabisan oli

Kekurangan atau kehabisan oli ternyata juga bisa jadi salah satu sebab motor matic mati mendadak. Tanpa adanya oli, tentu bakal terjadi gesekan hebat antar komponen yang ada di dalam mesin.

Selanjutnya mesin bakal panas dan tidak bisa berfungsi lagi. Efeknya motor matic tiba-tiba mati. Kalau sampai hal ini terjadi, tentu sudah tidak ada obat. Kamu harus bawa ke bengkel.

Tanpa adanya oli di mesin, tentu membuat komponen rusak. Bisa jadi patah atau memiliki banyak luka. Biayanya pasti mahal, lantaran bukan tidak mungkin ganti piston atau komponen-komponen penting lain.

Pengapian Lemah

motor matic tiba-tiba mati
Bus yang masih bagus dan lemah, bisa dibedakan dari warnanya serta api yang dikeluarkan.

Itu tadi beberapa penyebab motor matic mati tiba-tiba. Lalu, bagaimana dengan motor matic lama yang sering mogok? Apa penyebab motor matic tiba-tiba mati?

Penyebab mati mendadak bisa jadi karena sistem pengapian yang sudah menurun. Sumbernya bisa jadi dari koil atau busi yang sudah kotor atau sudah saatnya untuk diganti. Jika motor mogok, yang awal harus dilakukan adalah cek busi, koil dan CDI.

Cek busi terlebih dahulu, ada tiga warna yang bisa digunakan untuk mengecek kondisi busi. Coklat muda hingga tua kondisi busi baik. Hitam mengindikasikan campuran terlalu basah atau bisa juga busi sudah lemah. Jika busi berwarna coklat muda sekali maka campuran udara dan bensinnya terlalu irit atau kering. Jika yang bermasalah koil mesin akan susah untuk distarter. Jika yang bermasalah adalah CDI, percikan api pada busi akan hilang sama sekali dan mbrebet di putaran tinggi.

Memang permasalahan dari motor matic tiba-tiba mati adalah kelistrikan dan kompresinya. Jika bahan bakar yang habis, motor akan mengalami gejala tersendat terlebih dahulu sebelum akhirnya mogok atau mati.

Baca juga  7 Rekomendasi Shockbreaker Motor Terbaik, Pilih Mana?

Apa yang harus di lakukan saat motor matic tiba-tiba mati?

Kehabisan bahan bakar mengakibatkan motor mati mendadak
Tetap tenang dan pinggirkan motor saat tiba-tiba mati.

Lalu, apa sih yang sebaiknya dilakukan saat motor matic tiba-tiba mati? Yang pertama adalah jangan panik. Tetaplah bersikap tenang karena pasti akan bisa diperbaiki.

Tepikan motor matic ke pinggir jalan dan standar tengah. Hal ini penting supaya motor kamu tidak mengganggu pengguna jalan lain, serta mencegah potensi tabrak belakang.

Apa yang harus dilakukan. Coba putar kunci dalam keadaan motor mati, pastikan tidak ada masalah dengan sistem injeksinya. Tempatkan stop kontak dalam posisi on. Dengarkan apakah ada bunyi pada sistem injeksi di bagian kiri jok. Jika masih ada bunyi maka sistem injeksinya tidak bermasalah.

Selanjutnya tarik gas secara penuh selama beberapa saat. Jangan dilepas. Setelah itu, coba starter motor dengan kombinasi kick starter dan tombol electric starter secara bergantian. Lakukan beberapa kali sampai motor kembali menyala. Bila tidak kunjung menyala, maka bawa ke bengkel motor terdekat.

Nah, itu tadi adalah ulasan soal penyebab motor matic tiba-tiba mati dan beberapa solusinya. Intinya adalah tetaplah bersikap tenang saat mogok terjadi dan jangan panik. Kepanikan sungguh tidak bakal menyelesaikan masalah. Jika memang kurang tahu soal mesin, kamu bisa meminta tolong kepada orang di sekitarmu.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Moladiner. Jangan lupa untuk selalu menantikan update terbaru soal motor dan juga pengetahuan lainnya yang sangat berguna untukmu di sini. Ingat motor, ingat Moladin. 

Baca Juga :

Terbaru