by

7 Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk Gigi, Cek Segera!

Penyebab persneling mobil tidak bisa masuk gigi beragam. Umumnya terjadi karena ada masalah pada salah satu komponen bagian dari transmisi. Jika hal tersebut terjadi, tentu bisa membuat berkendara tidak nyaman dan membahayakan.

Sebelum menjalankan mobil, tentunya aktivitas yang pertama dilakukan oleh pengemudi adalah memindahkan persneling. Caranya dengan memasukan gigi dari netral ke posisi gigi satu untuk manual, dan gigi ‘D’ untuk transmisi matik agar mobil bisa melaju.

Nah, bagaimana jika kopling sudah diinjak namun tuas gigi tidak bisa dipindahkan? Tentu saja hal ini akan membuat kesal. Atau kasus lain, gigi bisa masuk ke posisi satu, tapi tidak bisa ganti ke gigi dua dan seterusnya.

Alhasil mobil hanya akan berjalan dengan posisi gigi yang sudah dimasukkan. Tenaga mesin juga jadi tertahan karena transmisi tidak bisa dipindahkan ke gigi selanjutnya.

“Penyebab persneling mobil tidak bisa masuk gigi ada beberapa faktor, bisa karena kanvas kopling sudah tipis atau terjadi kebocoran pada master kopling,” jels Aris Triyono selaku Servis Advisor Daihatsu. (22/9/2021).

Ingin tahu bahasan lengkap kenapa tidak bisa pindah gigi? Simak bahasan di bawah ini:

Kenapa Mobil Tidak Bisa Pindah Gigi?

1. Kanvas kopling tipis

penyebab persneling mobil tidak bisa masuk gigi
ilustrasi kanvas kopling

Penyebab persneling mobil tidak bisa masuk gigi yang pertama adalah karena kanvas kopling sudah tipis.

Baca juga  Mesin Mobil Bergetar Saat Start Awal, Ini Penyebabnya

Gejala awal umumnya mobil baru akan bisa jalan jika gas diinjak lebih dalam atau saat putaran mesin tinggi. Jika hal tersebut sudah terjadi baiknya untuk segera mengganti kanvas kopling baru agar berkendara lebih nyaman dan aman.

Untuk harga komponen satu set kanvas kopling mobil transmisi manual ada dikisaran Rp 700 ribuan. Sedangkan untuk kanvas kopling mobil bertransmisi otomatis ada dikisaran harga Rp 1,3 jutaan.

2. Fluid di master kopling bocor

Kebocoran fluid pada master kopling menyebabkan tekanan hidrolik yang dihasilkan tidak akan sempurna dan berakibat membuat susah saat akan mengganti gigi. Hal ini biasanya harus langsung diperbaiki atau dikonsultasikan.

Jika dibiarkan, maka akan membuat susah pindah gigi. Tentu tidak mau kan kamu hal itu terjadi?

3. Kabel tuas persneling pecah

penyebab persneling mobil tidak bisa masuk gigi
kabel persneling bisa pecah

Penyebab persneling mobil tidak bisa masuk gigi selanjutnya adalah kabel tuas persneling pecah. Kerusakan pada kabel tuas persneling tersebut biasanya disebabkan karena faktor usia.

Yup, jika mobil sudah berusia lebih dari sepuluh tahun kemungkinan terjadi pada kerusakan kabel tuas persneling besar. Untuk itu jika dirasakan persneling sudah mulai seret untuk dipindahkan, segera lakukan pengecekan dan diganti dengan yang baru.

Baca juga  Cara Membersihkan Mesin Mobil di Rumah Saja

Untuk harga komponen ini ada dikisaran Rp 370 ribuan.

4. Free play kopling kebesaran

Free play pada kopling terlalu besar umumnya terjadi pada mobil yang bertransmisi manual. Seperti misalnya saat mesin mati, persneling bisa berpindah pindah dan masuk ke posisi 1, 2, 3, dan seterusnya. Namun ketika mesin dinyalakan, perpindahan transmisi akan terasa lebih keras bahkan terkadang tidak bisa masuk sama sekali.

Jika dipaksakan, maka gigi percepatan di transmisi akan mengalami kerusakan atau mengeluarkan suara bising ketika dijalankan. Untuk mengatasinya yakni dengan melakukan penyetelan ulang pada baut adjuster guna memperkecil free play tersebut. 

5. Shift fork aus

Penyebab persneling mobil tidak bisa masuk gigi selanjutnya adalah saat shift fork aus. Akibat dari hal tersebut adalah menyebabkan terjadinya halangan untuk perpindahan gigi. Shift fork merupakan komponen yang bertugas menyambungkan pergeseran gigi pada transmisi.

Jika komponen ini sudah mengalami aus baiknya segera diganti dengan yang baru agar perpindahan gigi pada transmisi menjadi normal kembali. Untuk harga, shift fork dibanderol kisaran Rp 450 ribuan.

6. Setelan pedal kurang pas

penyebab persneling mobil tidak bisa masuk gigi
Kedalaman injak kopling bisa diatur

Penyebab persneling mobil tidak bisa masuk gigi berikutnya adalah setelan pedal yang tidak pas. Hal tersebut bisa dirasakan saat menginjak kopling sampai penuh namun gigi persneling tidak bisa berpindah, persneling gigi baru bisa pindah saat kopling diinjak pada posisi tertentu.

Baca juga  Mengenal Fungsi Gardan Mobil dan Cara Merawatnya

“Setelan pedal bisa menjadi salah satu persneling gigi susah saat digunakan. Solusinya disetel ulang agar tidak susah saat akan digunakan,” imbuh Aris

7. Jalur pipa master kopling kotor

Jalur pipa master kopling bertugas menyalurkan pelumas atau minyak untuk menyambungkan tekanan dari pedal kopling ke bagian master kopling.

Saluran pipa tersebut sejatinya harus terisi sampai penuh oleh minyak kopling, tapi pada kondisi tertentu bakal muncul sirkulasi udara yang tidak keluar dengan stabil pada jalur pipanya.

Hal tersebut biasanya disebabkan oleh penguapan akibat panas pada minyak kopling dan menghasilkan udara di dalam saluran tersebut lantaran saat pergantian minyaknya tidak terjadi proses bleeding alias buang angin.

Akibatnya angin yang sulit keluar bakal menimbulkan tekanan yang dihasilkan pedal semakin tidak seimbang dengan tekanan yang diciptakan untuk mendorong kopling sampai terlepas sempurna, sehingga gigi persneling mobil semakin sulit dioperasikan.

Jika hal tersebut terjadi, solusinya adalah mengganti minyak dengan yang baru, tentunya dengan proses bleeding terlebih dahulu agar saluran tidak terisi dengan angin.

Moladiners, itulah ulasan mengenai penyebab persneling mobil tidak bisa masuk gigi. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru