7 Penyebab Satria FU Tidak Bertenaga dan Cara Mengatasinya

Penyebab Satria FU Tidak Bertenaga – Memiliki motor dengan performa baik sangat menunjang aktivitas berkendara. Di sisi lain, motor terkadang mengalami beberapa masalah, salah satunya adalah tarikan yang ngempos tak bertenaga. Hal ini pun bisa terjadi di seri motor Suzuki Satria FU.

Banyak sekali pengguna Satria FU yang mengeluhkan tarikan ngempos di putaran bawah. Kira-kira apa yang menjadi penyebab Satria FU tidak bertenaga? Temukan jawabannya di sini.

1. Kompresi Bocor

Kompresi Satria FU

Satria FU milikmu tidak bertenaga? Bisa jadi hal tersebut akibat kebocoran kompresi. Bila terjadi kebocoran kompresi, maka proses pembakaran mesin jadi terhambat dan tidak sempurna. Oleh karena itu, tarikan motor pun jadi tidak bertenaga.

Ada banyak hal yang menyebabkan kompresi bocor. Salah satunya adalah karena kuku klep tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, kompresi yang bocor juga bisa disebabkan karena ring piston dalam kondisi aus, setting-an klep yang terlalu rapat, atau karet seal klep sudah mulai getas.

Bila kondisi tersebut terjadi, segera lakukan pergantian komponen. Agar hasilnya lebih terjamin, membawa Satria FU kamu ke bengkel resmi bisa jadi pilihan terbaik. Di sana kamu akan mendapatkan saran komponen pengganti terbaik untuk motormu.

 

2. Mesin yang Overheat

Mesin Overheat

 

 

Penyebab Satria FU tidak bertenaga selanjutnya adalah karena mesin mengalami overheat.  Hal ini bisa saja terjadi karena kamu tidak teliti dalam merawat mesin, terutama bagian sistem pendingin. Mesin yang cepat panas diakibatkan karena sistem pendingin kurang maksimal dalam menjalankan tugasnya.

Adapun pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan saat mesin mengalami overheat adalah membiarkan mesinnya dingin terlebih dahulu. Bila kamu berada di luar ruangan, carilah tempat berteduh.

Setelah mesin benar-benar dingin, buka katup busi kemudian lepas businya. Berikan oli baru melalui lubang busi untuk melumasi piston. Dengan begitu pergerakan pun bisa jadi lebih maksimal.

Selanjutnya, nyalakan motor dan panaskan mesin secara perlahan agar piston tidak kaget akibat hentakan gas yang spontan.

 

3. Rantai Roda yang Berisik

Rantai Berisik

Bila rantai motor mengeluarkan suara berisik, itu artinya ada yang salah dengan kondisi rantai. Biasanya rantai motor yang kendor akan mengeluarkan bunyi berisik. Pada kondisi ini mata rantai tidak mencengkeram dengan stabil dan kuat.

Akibatnya, motor Satria FU kamu jadi kurang responsif. Untuk menggerakkan motor diperlukan tenaga yang besar. Kamu pun harus menancap gas dalam-dalam. Inilah yang membuat motor jadi boros bensin.

Selain memengaruhi kenyamanan, rantai yang kendor bisa berdampak buruk pada performa. Di sisi lain, komponen yang terhubung dengan penggerak rantai pun jadi cepat aus.

Baca Juga :

 

4. Knalpot Suka Nembak

Knalpot satria

Knalpot yang sering menembak saat dikendarai ternyata bisa menjadi penyebab Satria FU tidak bertenaga. Ya, kinerja suatu kendaraan bermotor akan terhambat apabila knalpot mengalami gangguan.

Saat kondisi ini terjadi, kamu perlu melakukan beberapa pengecekan untuk menemukan akar permasalahan knalpot yang suka menembak. Pertama, knalpot yang sering menembak bisa terjadi akibat kebocoran pada sambungan knalpot, yaitu pangkal pipa knalpot atau head.

Selain itu, setelan karburator yang terlalu kering juga menjadi penyebab knalpot mengeluarkan bunyi tembakan. Untuk mengatasinya, kamu bisa membawa ke bengkel langganan untuk diperbaiki.   

 

5. Oli Tidak Diganti Secara Teratur

Rutin ganti oli

Hayo, siapa dari kamu yang jarang ganti oli secara teratur? Bila demikian, jangan heran kalau Satria FU timbul suara kasar dan tarikannya terasa loyo. Tarikan motor yang berat dan tidak bertenaga ini bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

Parahnya lagi, motor bisa saja mati mendadak saat digunakan. Hal ini jelas merugikan, apalagi kalau sampai menyebabkan risiko kecelakaan. Di sisi lain, dampak negatif yang timbul akibat oli tidak diganti secara teratur adalah komponen mesin seperti bearing kruk as jadi cepat aus. Piston dan silinder pun cepat baret.

 

6. Terdapat Kerak yang Menumpuk di Ruang Pembakaran

Terdapat kerak di ruang pembakaran

Faktor lain yang memungkinkan jadi penyebab Satria FU tidak bertenaga adalah terdapat kerak yang menumpuk di ruang pembakaran. Kerak sendiri merupakan hasil dari sistem pembakaran.

Apabila kerak menumpuk, maka akan menghambat proses pembakaran pada motor. Proses pembakaran yang tidak sempurna menyebabkan motor kurang bertenaga. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Kamu bisa menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 atau lebih untuk merontokkan kerak yang ada di ruang pembakaran. Selain itu, kamu bisa menyemprotkan carb cleaner lewat lubang busi kemudian nyalakan mesin dan gas dengan rpm tinggi.         

 

7. Setelan Karburator yang Tidak Pas

Karburator Suzuki

Terakhir, cek kondisi karburator ketika tarikan motor tidak bertenaga. Karburator yang mengalami setelan kurang tepat atau salah bisa menjadi penyebabnya. Di sisi lain, motor juga bisa kehilangan tenaga saat tarikan akibat karburator kotor, jarum skep yang bermasalah, atau pilot jet dan main jet yang ukurannya tidak sesuai spesifikasi mesin.

Guna mengatasinya, kamu bisa melakukan servis untuk membenarkan karburator motormu menjadi lebih bersih dan tidak tersumbat.

Demikian ulasan mengenai 7 penyebab Satria FU tidak bertenaga lengkap dengan bagaimana cara mengatasinya. Semoga membantu!

Baca Juga :

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *