Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Deretan Penyebab Starter Motor Lemah dan Cara Memperbaikinya

by Baghendra Lodra
tips naik motor matik - elektrik starter

Penyebab Starter Motor Lemah – Salah satu fitur kenyamanan yang sangat sering dilupakan para pengendara motor adalah electric starter. Dengan sekali pencet tombol, mesin motor sudah bisa menyala dan siap dikendarai. Kamu mungkin baru merasakan betapa pentingnya electric starter ketika fitur itu sudah rusak atau bermasalah.

Hampir semua motor yang dirilis memang dibekali dengan dua macam starter. Electric starter yang berupa tombol dan kick starter yang berupa engkol manual untuk menyalakan mesin. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, ada tren yang menunjukkan produsen motor mulai meninggalkan fitur kick starter. Artinya, satu – satunya cara untuk menyalakan motor adalah dengan electric starter.

Dalam keadaan normal, semua orang pasti lebih memilih menggunakan electric starter. Selain lebih praktis dan nyaman, electric starter juga posisinya lebih mudah dijangkau. Pengoperasiannya tak butuh banyak tenaga dan hasilnya instan. Kenyamanan ini membuat pengendara seolah lupa dengan keberadaan kick starter sehingga ketika mereka harus menggunakannya, starter engkol ini terasa sangat keras.

Tapi electric starter juga bisa mengalami masalah sampai tak bisa dipakai lagi. Ada beberapa penyebab starter motor lemah dan tak sanggup menyalakan mesin motor. Berikut beberapa di antaranya.

Switch yang rusak

Switch starter

Switch starter adalah bagian tombol, termasuk di dalamnya saklar elektro magnetik yang berada di bagian dalam. Fungsi switch adalah untuk menyambung dan memutus arus listrik. Dalam kondisi normal (tidak dipencet) switch memutus aliran listrik dari aki kedinamo starter.

Sepertihalnya semua saklar, ada kemungkinan switch tersebut mengalami kerusakan komponen. Sebelum membongkar bagian lain untuk mencari kerusakan yang terjadi, ada baiknya kamu periksa dulu apakah switch-nyamemang masih berfungsi dengan baik. Bisa saja kabel konektor switch sudah lepas atau putus.

Lantaran saklar starter sebenarnya tidak bekerja secara berat, seharusnya sistem mekanisnya juga akan awet. Bandingkan saja dengan skema saklar lampu sein yang lebih sering digunakan, kadang dengan cukup kasar. Dengan pemakaian normal, saklar starter harusnya bisabertahan bertahun – tahun.

Bendik rusak

Bendik Starter

Bendik memiliki tugas untuk memicu aliran listrik dari aki menuju dinamo starter. Tentu saja bendik hanya bekerja ketika tombol starter dipencek oleh pengendara. Lokasi bendik sendiri biasanya ada di dekat mesin. Posisi ini cukup strategis karena berada di dekat aki dan dinamo starter.

Arus listrik yang diperlukan untuk menyalakan motor cukup besar. Hal itu bisa dilihat dari kedipan yang terjadi di berbagai lampu indikator motor ketika kamu memencet tombol starter. Karena perannya yang vital, maka jika bendik rusak, fungsi electric starter pun akan terganggu. Kalau switch sudah ditekan dan bendik tidak bereaksi sama sekali, maka masalahnya mungkin memang pada komponen ini.

Kebanyakan masalah pada bendika dalah dua kutubnya yang kotor sehingga arus listrik terhalang. Solusinya adalah dengan membongkar  bendik itu dan membersihkannya secara hati – hati menggunakan amplas. Harga bendik baru juga tak terlalu mahal.

Baca Juga :

 

Dinamo starter

Dinamo Starter

Komponen ini sebenarnya sudah didesain untuk sangat aman. Biasanya ditempatkan menempel bersama mesin, dinamo berfungsi sebagai penggerak awal mesin sehingga bisa menyala. Karena posisinya yang sangat aman, dinamo starter jarang sekali mengalami masalah. Permasalahannya pun beragam seperti kumparannya terputus atau terbakar.

Jika switch dan bendik sudah berfungsi dengan normal, tapi dinamo tidak bereaksi ketikaswitch ditekan, maka kamu wajib memeriksakannya. Tapi masalah pada dinamo starter sangat jarang ditemui karena dinamo ini memiliki durabilitas yang sangat tinggi. Jika pun ada masalah, biasanya ada di sektor brush atau terjadi korsleting di kumparannya sehingga putus.

Penggantian dinamo starter sebaiknya dilakukan oleh mekanik berpengalaman. Harga dinamo ini memang relatif murah, tapi pemasangannya bisa sangat rumit bagi yang belum terlatih. Karenanya, jika dinamo kamu mengalami kerusakan, sebaiknya percayakan perbaikannya kepadaahlinya saja. 

Aki soak

Aki Soak

Setelah diperiksa ternyata seluruh komponen berada dalam kondisi bagus, maka tempat terakhir yang menjadi penyebab starter motor lemah adalah aki (accu). Periksa kembali jika aki sudah soak. Kamu bisa memakai aki lain yang masih berfungsi normal untuk pemancing.

Jika aki memang sudah soak, cara paling gampang adalah dengan menggantinya dengan aki yang baru. Itu berlaku untuk aki kering. Untuk aki basah, kamu bisa mengisi cairannya lagi dan menyetrumnya kembali.

(Baca Juga: Cara Memperbaiki Aki Kering yang Soak)

Untuk memeriksa apakah aki masih berfungsi, sebenarnya sangat mudah. Coba saja nyalakan perangkat elektronik motor yang lain. Jika semua perangkat elektronik masih normal sementara starter rusak, berarti kerusakannya memang di bagian electronic starter saja. Tapi jika semua perangkat elektronik tak bisa menyala, artinyaak3 Alasan Harga Yamaha WR155R Lebih Mahal dari Kompetitorinya memang sudah soak.

Itulah beberapa penyebab starter motor lemah dan tidak sanggup menyalakan mesin. Meski kelihatannya sepele, namun sistem yang dipakai di electronic starter tidaklah sederhana. Ada banyak komponen mekanik dan elektronik yang wajib kamu periksa jika motormu tak bisa dinyalakan dengan tombol sakti di sisi setang kemudi itu.

Baca Juga :

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika