Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

7 Perbedaan Daihatsu Ayla facelift 2020 Vs Lama

by Deni Ferlindungan
Perbedaan Ayla Baru VS Lama

Perbedaan Daihatsu Ayla facelift – Daihatsu Ayla facelift 2020 baru saja meluncur di Indonesia, meski prosesi peluncurannya hanya via virtual melalui akun Youtube Daihatsu Sahabatku.

Daihatsu Ayla terbaru mengusung sejumlah perubahan, mulai dari sisi eksterior, interior, serta penambahan sejumlah fitur baru.

Perubahan yang paling terlihat tentunya pada sisi eksteriornya, kini Daihatsu Ayla model 2020 terlihat tampilannya lebih segar dan juga sporty.

Mark Widjaja, Head Styling Design Dept PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, desain Daihatsu Ayla terbaru terinspirasi dari konsep Ayla Turbo. Mobil ini sebelumnya sudah diperkenalkan di GIIAS 2 tahun lalu.

“New Ayla terinspirasi dari Ayla turbo konsep. Dari situ banyak feedback positif yang kami dapatkan, untuk versi produksinya kami lakukan improvement,” papar Mark.

Berdasarkan pantauan Moladin, ada setidaknya lima perubahan penting yang terjadi pada Daihatsu Ayla terbaru ketimbang versi lawasnya. Penasaran ingin tahu apa saja yang berubah? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Perbedaan tampilan Daihatsu Ayla facelift VS lama

Harga Daihatsu Ayla facelift 2020

Secara tampilan Daihatsu Ayla facelift tampil lebih segar

Jika dibandingkan dengan versi yang lama, tentunya Daihatsu Ayla terbaru terlihat lebih menarik. Meski secara dimensi tidak mengalami perubahan, dengan panjang 3.640 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.520 mm. Jarak sumbu roda yang ditawarkan antar varian ternyata berbeda, meski dimensinya sama. Untuk varian 1.0 liter memiliki wheelbase sebesar 2.455 mm dan 1.2 liter 2.450 mm.

Baca juga  5 Keunggulan Daihatsu Sigra, Ada Fitur Rahasia

Pada sisi eksterior perubahan paling mencolok terlihat pada bagian gril yang kini berukuran besar berkelir hitam yang dipadukan dengan bumper dengan desain baru. Ubahan itu setidaknya mampu mendongkrak tampilan Daihatsu Ayla terbaru jadi semakin modern dan sporty.

Selain itu, aerokit bagian depan dan belakang mobil ini juga mendapatkan sentuhan baru, bila dibandingkan dengan model sebelumnya.

Bagian pelek turut mendapat perhatian dari pabrikan. Di mana Daihatsu Ayla facelift dilengkapi dengan pelek baru untuk tipe 1.2 R sudah dual tone. Sementara untuk tipe 1.0 X, 1.0 X DLX, dan 1.2 X menggunakan pelek single tone dengan nuansa abu-abu gelap masih berukuran 14 inci.

2. Perbedaan interior Daihatsu Ayla facelift dan yang lama

Interior Ayla facelift

Dasbor Ayla model 2020 berubah, jika dibandingkan dengan model lawasnya

Bila dibandingkan dengan Daihatsu Ayla versi lawasnya, model facelift 2020 ini terlihat lebih modern. Sejumlah fitur pun sudah tersedia. Perubahan cukup menarik terlihat pada bagian dasbor yang terlihat lebih menarik dengan dominasi kelir hitam.

Selain itu, pada bagian jok juga telah dilengkapi dengan pola dan warna baru. Namun masih menggunakan bahan fabric, yang lumayan halus.

Perubahan lain yang juga tersedia di interior antara lain new door trim pocket, console tray, new glove box, rear seat cup holder, dan new door arm rest.

3. Perbedaan head unit di Daihatsu Ayla facelift

Head unit 7 inci Daihatsu Ayla 2020

Daihatsu Ayla dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 7 inci

Daihatsu Ayla facelift disematkan head unit 2-Din teranyar berukuran 7 inci. Head unit tersebut punya tampilan yang berbeda dibanding versi lama. Soal konektivitas, dapat terintegrasi MP3, DVD, USB, radio, bluetooth, dan Aux.

Baca juga  Daihatsu Xenia Sport JDM Mejeng di GIIAS 2022, Ganteng!

Ayla juga memiliki audio switch di kiri setir. Fungsinya untuk membantu pengemudi mengatur fitur hiburan di dalam kabin, mulai dari mengatur volume suara, mode dan saluran.

4. Daihatsu Ayla baru dilengkapi kamera belakang

Agya Ayla Facelift 2020

Daihatsu Ayla sudah dilengkapi kamera parkir

Daihatsu Ayla facelift kini telah didukung dengan kamera belakang yang terkoneksi dengan head unit. Selain itu, untuk menunjang keamanan serta kenyamanan, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan dua titik sensor parkir untuk varian 1.2 R Deluxe.

Dengan adanya kamera belakang, setidaknya dapat lebih membantu pengemudi ketika memarkirkan kendaraannya.

5. Dilengkapi AC Digital

AC Digital Daihatsu Ayla

AC Digital menunjang nuansa kabin Ayla jadi semakin mewah

Salah satu fitur yang cukup menarik pada Ayla terbaru, kini dilengkapi dengan AC digital. Kenop putar untuk mengatur suhu kabin telah ditanggalkan.

Sekarang dipakai tombol kecil untuk menaikkan atau mengurangi suhu udara, semburan angin dan konfigurasi arah angin.

6. Fitur keamanan ditingkatkan

Daihatsu Ayla 004

Daihatsu Ayla model 2020 sudah dilengkapi dengan ABS EBD, dual airbags

Daihatsu Ayla terbaru sudah dilengkapi dengan serangkaian fitur keselamatan modern, seperti Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD). Mobil ini juga didukung dengan dual SRS airbag. Fitur keamanan ini tersedia untuk varian tengah hingga ke atas.

Baca juga  Paket Cicilan Daihatsu Terios 2023 untuk Wilayah Bogor!

7. Harga ada yang turun dan naik

Ayla 2020

Harga Daihatsu model 2020 cukup unik bagi sejumlah tipe dan varian

Menariknya, meski mengusung sejumlah perubahan yang membuatnya jadi semakin modern dan sporty. Namun Daihatsu Ayla terbaru ternyata harganya ada yang turun, ketimbang dengan model lawasnya.

Untuk tipe Ayla 1.0 D MT dan 1.0 D+ MT harga tidak mengalami perubahan. Pada Ayla 1.0 X MT, X MT DLX, X AT, dan X AT DLX justru harganya lebih murah hingga Rp850 ribu.

Sementara untuk harga yang naik lebih kepada varian Ayla 1.2 liter dengan kisaran mulai Rp1,6 juta hingga Rp4,05 juta.

Daftar harga lengkap New Daihatsu Ayla

New Daihatsu Ayla 1.0 D MT Rp 101.650.000
New Daihatsu Ayla 1.0 D+ MT Rp 113.850.000
New Daihatsu Ayla 1.0 X MT Rp 124.650.000
New Daihatsu Ayla 1.0 X AT  Rp 133.700.000
New Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe MT Rp 132.000.000
New Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe AT Rp 141.000.000
New Daihatsu Ayla 1.2 X MT  Rp 135.950.000
New Daihatsu Ayla 1.2 X AT Rp 145.950.000
New Daihatsu Ayla 1.2 R MT Rp 142.900.000
New Daihatsu Ayla 1.2 R AT  Rp 155.400.000
New Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe MT Rp 146.900.000
New Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT Rp 159.400.000

Buat kalian yang ingin membeli Mobil Daihatsu Ayla, setidaknya tujuh poin penting di atas dapat menjadi pertimbangan bagi Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika