Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS, Awas Salah Beli!

by Aryo Yudo Purwanto
harga motor baru

Buat kamu yang belum tahu, perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS ternyata cukup banyak. Soal fitur, tidak cuma idling stop system (ISS). Ada pula beda di sektor kompartemen depan dan power charger.

Lalu bicara pilihan warna, keduanya juga sangat berlainan. Di varian CBS menggunakan kelir dengan tampilan mengilap. Sementara Beat varian CBS ISS memakai warna pekat atau tidak mengilap.

Kemudian tidak ketinggalan perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS ada di harga jual. Ingin tahu lebih detail soal kedua varian motor matik milik pabrikan berlogo sayap tersebut? Simak bahasan berikut:

1. Idling Stop System

perbedaan honda beat cbs dan cbs iss

Fitur ISS berfungsi menghemat konsumsi BBM Honda Beat

Perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS yang pertama, sesuai dengan namanya yaitu fitur ISS. Di varian CBS ISS, ada tambahan fitur penghemat konsumsi bahan bakar yang disebut ISS.

Cara kerja ISS di Honda Beat 2021 dengan menonaktfikan mesin secara otomatis ketika motor berhenti lebih dari tiga detik. Lalu untuk mengaktifkan mesin kembali, pengendara cukup putar selongsong gas.

Dengan ISS, konsumsi BBM Honda Beat diklaim lebih irit. Menurut uji internal Honda, motor matik berkubikasi mesin 110 cc ini mampu menghemat bensin hingga 60,6 Km/liter dalam kondisi fitur ISS aktif.

Baca juga  5 Kekurangan Yamaha Aerox 155 Connected, Fiturnya Disunat

2. Kompartemen Depan Sebelah Kanan

perbedaan honda beat cbs dan cbs iss - komaprtemen depan

Varian Honda Beat CBS ISS memiliki kompartemen kanan yang memiliki penutup seperti laci

Ternyata bukan cuma ISS yang jadi perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS. Kedua motor ini juga memiliki kompartemen depan yang berlainan.

Varian CBS mendapat desain kompartemen terbuka di sisi kiri dan kanan. Sementara untuk varian CBS ISS, kompartemen sebelah kanan memiliki penutup persis laci.

Dengan demikian di Honda Beat CBS ISS, kamu bisa meletakkan barang di kompartemen kanan tanpa takut kebasahan saat berkendara di kondisi hujan. Simpan smartphone pun terasa tenang.

Sementara itu tempat penyimpanan lain seperti bagasi tidak ada beda. Baik Honda Beat CBS dan CBS ISS memiliki bagasi bawah jok dengan ukuran 12 liter. Lalu di dashboard depan ada pula cantolan untuk membawa kantong belanjaan.

3. Power Charger

perbedaan honda beat cbs dan cbs iss - power charger

Guna power charger di Honda Beat untuk isi ulang daya baterai smartphone

Lalu yang jadi perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS selanjutnya adalah power charger. Varian CBS ISS dengan kompartemen depan sebelah kanan berpenutup, di dalamnya juga diberikan power charger.

Baca juga  Spesifikasi Italjet Dragster, Skuter Beringas 200 cc

Soket tersebut memiliki daya maksimal 12W (12V 1A), bisa dipakai untuk mengisi ulang baterai smartphone saat di perjalanan. Hanya saja kamu memerlukan konektor tambahan terlebih dulu supaya charge baterai smartphone bisa dilakukan.

Kemudian untuk fitur lainnya, tidak ada perbedaan antara Honda Beat CBS dan CBS ISS. Dua varian itu sama-sama sudah dilengkapi lampu depan LED serta panel instrumen kombinasi analog digital.

4. Pilihan Warna

honda beat deluxe 2021

Pilihan warna Honda Beat Deluxe yang ditandai dengan kelir polos tanpa grafis

Kemudian kamu bisa melihat perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS secara kasat mata atau dari warna bodi. Di varian CBS, memiliki opsi kelir mengilap: white black, techbo blue black, hard rock black, dan funk red black.

Sementara Beat terbaru varian CBS ISS memiliki warna bodi pekat atau tidak mengilap. Pilihannya electro matte blue dan garage matte black. Tersedia pula varian CBS ISS Deluxe, dikenal pula sebagai Honda Beat Deluxe. Motor ini mendapat seluruh keunggulan di varian CBS ISS.

Baca juga  Upside Down CB150R Streetfire 2021 Untuk Model Lama, Bisa?

Hanya saja di Honda Beat Deluxe ada ciri khas di tampilan. Bodinya dibuat polos tanpa grafis. Kemudian terdapat emblem 3D bertuliskan Beat di bodi samping. Pilihan warnanya antara lain deluxe brown, deluxe blue, deluxe silver, dan deluxe black.

5. Harga Honda Beat CBS dan CBS ISS

warna honda beat 2021 varian CBS

Pilihan warna terbaru di Honda Beat varian CBS 2021 dengan ciri khas warna mengilap

Terakhir yang menjadi perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS adalah harga jual. Varian CBS dipasarkan lebih murah Rp 16,665 juta (OTR Jakarta).

Sementara Beat varian CBS ISS yang punya tambahan fitur ISS, kompartemen tertutup, dan power charger, harganya tembus Rp 17,365 juta (OTR Jakarta). Varian Beat Deluxe lebih mahal lagi yaitu Rp 17,465 juta (OTR Jakarta).

Bicara mesin, masing-masing varian Honda Beat tidak beda. Pakai kubikasi 110 cc yang sudah dilengkapi teknologi eSP. Kemudian Beat terbaru pun telah mengadopsi rangka eSAF yang lebih ringan serta asik diajak bermanuver di jalanan padat, dibanding model sebelumnya.

Usai mengetahui perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS secara lengkap, kira-kira kamu lebih tertarik yang mana? (Editor: M. Baghendra Lodra)

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika