oleh

3 Perbedaan Honda Civic FD1 dan FD2, Jangan Keliru

Mengetahui perbedaan antara Honda Civic FD1 dan FD2 penting untuk diselami. Terutama, jika kamu berencana berburu unit mobil bekas ini.

Namun sebelumnya tidak ada salahnya kita mengetahui dahulu asal muasal sedan yang lumayan digemari anak-anak muda ini, di Indonesia.

Masuk dalam keluarga Civic, sejarah Civic FD hadir pertama kali di Indonesia pada tahun 2006. Model ini meneruskan Civic generasi ke-7 atau yang dikenal Civic ES yang sebelumnya juga meneruskan perjalanan Honda Ferio.

Sedan Civic FD sendiri dalam kondisi baru, hadir hingga tahun 2011. Selama perjalananya di Indonesia, unit ini memiliki dua konfigurasi mesin yakni Civic FD1 dengan kode mesin R18A1 memiliki kapasitas 1.8L dan Civic FD2 pakai kode K20Z berkapasitas 2.0 L.

Civic FD untuk model tertinggi juga sempat hadir di Indonesia, yakni Type R FD2R. Model ini tidak masuk secara resmi, melainkan hanya melalui jalur importir umum. Di Thailand sendiri versi ini eksis mulai 2007-2010.

Civic Type R FD2R dibekali mesin empat silinder berkapasitas 2.000 cc naturally aspirated, bertenaga 200 hingga 220 dk dan torsi maksimal mencapai 201 Nm.

Mesin berkode K20A tersebut dipasangkaan dengan transmisi manual 6 percepatan semi close ratio yang membuat performa disegani.

Terkait desain, dengan mengusung desain yang revolusioner, baik Honda Civic FD1 dan FD2 sukses mengabungkan kemewahan sedan dan tampilan sporty yang berkarakter.

Baca juga  Review Honda Accord Gen 9 Facelift, Rasa Sedan Eropa

Coba saja dibuktikan saat di jalan, hanya melihat buritan belakangnya saja, yang awam pun akan paham jika sedan ini adalah model Civic.

Hal ini lantaran Civic FD memiliki desain lampu belakang yang mencolok. Jika diperhatikan secara keseluruhan dari bumper, bagasi belakang dan lampu, akan menyerupai lambang Batman.

Maka tidak heran jika mobil ini juga sering disebut Civic Batman. Nah terkait perbedaan antar Honda Civic FD1 dan FD2 berikut kami sampiakan ulasannya.

1. Interior Civic FD2 Sudah Berlapis Kulit

Honda Civic FD1 dan FD2
Nuansa kabin Honda Civic FD1, masih menggunakan bahan fabric pada pelapis joknya.

Baik Honda Civic FD1 dan FD2 memiliki nuansa interior yang didominasi hitam coklat. Namun pada FD1 joknya masih menggunakan nuansa coklat dengan bahan menggunakan fabric. Warna jok coklat dengan bahan fabric tentu saja memiliki kekurangan mudah kotor dan sulit dibersihkan.

Sementara pada Civic FD2, joknya sudah menggunakan bahan kulit dengan nuansa gelap yang memberikan sentuhan kemewahan. Alhasil lebih mudah dibersihkan ketika ketumpahan makanan dan minuman.

Di segi fitur, Honda Civic FD1 dan FD2 juga memiliki perbedaam. Misal pada Civic FD2 sudah mengaplikasi fitur Vehicle Stability Assist (VSA), sedangkan pada Civic FD1 fitur tersebut tidak ditamankan.

2. Mesin Civic FD1 dan FD2 Berbeda

Honda Civic FD1 dan FD2
Mesin Honda Civic FD1 dan FD2 berbeda horse power.

Sedangkan pada mesin, tentu saja Honda Civic FD2 memiliki power lebih besar. Pasalnya mengaplikasikan mesin K20Z berkapasitas 2.000 cc dengan teknologi DOHC i-VTEC. Mesin ini mampu melesatkan tenaga hingga 155 hp di 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar 192 Nm di 4.200 rpm.

Baca juga  3 Kekurangan Honda City Hatchback RS Dibanding Rival

Beda dengan Honda Civic FD1 yang dijejali mesin 1.800 cc i-VTEC SOHC. Menurut data pabrikan, mesin ini diklaim mampu menyemburkan tenaga sekitar 140 dk di 6.300 rpm dan torsi 177 Nm di 4.200 rpm.

“Keduanya memiiki type mesin berbeda, FD1 1.800 cc, FD2 2.000 cc, sebutannya begitu. Selain itu FD2 hanya ada matic dan FD1 ada manual ada matic. Kalau secara body keduanya memiliki dimensi yang sama,” kata Darius, member komunitas pengguna Honda Civic FD, FD Squad Jakarta pada Moladin.com (23/11/2021).

Perbedaan lainnya antara Honda Civic FD1 dan FD2 adalah masa produksi.  Untuk Honda Civic berkode bodi FD1 dijual mulai tahun 2006 – 2009. Sedangkan  Honda Civic FD2 merupakan model facelift yang dipasarkan dalam rentang tahun 2010 – 2011.

3. Harga Pasaran Bekas Civic FD

Honda Civic FD1 dan FD2
Dipasaran, harga Civic FD2 mulai Rp 130 – 150 jutaan.

Terkait harga pasaran bekasnya, baik Honda Civic FD1 dan FD2 memiliki rentang harga yang tidak begitu jauh.

Misal, seperti yang apa kami dapatkan dilaman-laman jual beli mobil online, harga Honda Civic FD1 dipasarkan mulai rentang Rp 110 jutaan hingga Rp 140 jutaan.

Baca juga  6 Rekomendasi Bengkel Spesialis Mobil Honda

Sedangkan Civic FD2 mulai Rp 130 – 150 jutaan. Keduanya dipasarkan berdasarkan kondisi unit dan tahun pembuatan masing-masing.

Terkait kendala khas yang biasa dialami oleh Honda Civic FD1 atau FD2 adalah bagian shockbreaker dan engine mounting. Jika kamu ingin meminang mobil ini, coba cek lebih dalam terkait komponen tersebut.

Putra mekanik mobil di bilangan Otista jakarta Timur mengatakan engine mounting pada Civic FD1 dan FD2 gampang haus dan kemakan. Terlebih juika usianya sudah di atas 5 tahun.

“Engine mmounting Civic FD biasanya jika sudah bermasalah akan mengakibatkan getar yang terasa hingga ke kabin. Solusinya bisa mengganti dengan yang baru dengan harga dikisaran Rp 700 – 1,5 jutaan,” tambah Putra.

Selain itu, menurut beberapa forum otomotif, masalah yang biasa hinggap pda Honda Civic keluaran FD ada di kaki-kaki yang lemah. Hal ini penting, terutama jika kamu sedang berburu mobil ini di kota-kota penyangga ibu kota seperti Bekasi – Tangerang yang notabene beberapa deaerahnya memiliki kondisi jalan yang kurang baik.

Umumnya pada kaki-kaki biasa yang terkena adalah bushing dan sokbreker. “Jika komponen ini sudah kena umumnbya mobil akan mengalami gejala bantingan yang terasa keras dan terdengar bunyi pada kaki-kaki.

Demikian ulasan terkait perbedaan Honda Civic FD1 dan FD2. Kiranya ulasan terkait penjelasan sedan kelas menengah Honda ini bisa menjadi panduan kamu dalam menemukan mobil bekas. Simak terus Moladin.com untuk update berita otomotif.

Terbaru