Perbedaan Jenis Mobil Listrik Secara Umum

by Galih Nugraha
Beragam Perbedaan Jenis Mobil Listrik Dengan Jenis Baterai

Tidak semua mengetahui apa saja perbedaan jenis mobil listrik yang beredar di masyarakat. Padahal mobil listrik memiliki cara kerja dan sistem baterai yang berbeda.

Saat ini masyarakat Indonesia dengan perlahan meningkat keingintahuannya terhadap teknologi mobil listrik. Selain karena mobil listrik itu sendiri ramah lingkungan dan juga memiliki teknologi yang modern.

Perbedaan Jenis Mobil Listrik

Perbedaan Jenis Mobil Listrik antara HEV, PHEV, & BEV

Yuk, simak beberapa perbedaan jenis mobil listrik yang banyak ditemui di Indonesia:

1. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Mobil HEV memadukan mesin pembakaran internal dan sistem penggerak motor listrik. Namun, motor listrik hanya digunakan untuk situasi tertentu saja yang mendapatkan suplai energi dari baterai.

Beberapa model HEV yang beredar di Indonesia antara lain: Wuling Almaz Hybrid, Nissan Kicks e-Power.

2. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Pada dasarnya, PHEV memiliki dua mesin penggerak yakni mesin pembakaran internal dan motor listrik. Jenis mobil ini juga tersedia dua opsi bahan bakar, yaitu bensin biodiesel dan baterai. Dengan kombinasi ini membuat mobil PHEV memiliki efisiensi bahan bakar lebih baik.

Baca juga  NIO ES6 Terbaru, SUV Listrik Cina yang Hampir Rp 1 Miliar!

Beberapa model PHEV yang populer di Indonesia diantaranya: Mitsubishi Outlander PHEV, Toyota Prius PHEV.

3. Battery Electric Vehicle (BEV)

BEV adalah jenis kendaraan yang hanya mengandalkan baterai untuk menggerakan motor listrik agar mobil dapat melaju, sehingga BEV adalah mobil dengan tipe mesin listrik yang lebih sederhana. Jenis mobil EV ini banyak tersedia di Indonesia. Jika dibandingkan jenis lainnya, cara kerja mobil teknologi BEV juga lebih simple.

Beberapa model BEV yang terkenal di Indonesia antara lain: Wuling Air EV, Hyundai Ioniq.

Bagaimana, setelah mengenal perbedaan dari tiap mobil listrik, jenis manakah yang Anda ingin coba dan paling cocok untuk kebutuhan Anda? Perlu diingat juga, untuk daerah Jabodetabek hanya jenis BEV yang mendapat insentif bebas ganjil genap.

Demikian ulasan terkait perbedaan jenis mobil listrik. Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika