Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

9 Perbedaan Toyota Avanza Vs Xenia, Mana Lebih Baik?

by Baghendra Lodra
perbedaan avanza vs xenia

Toyota Avanza Vs Daihatsu Xenia – Sekarang sudah banyak pemain di kelas LMPV. Kamu bisa sebut Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Wuling Confero, hingga Honda Mobilio. 

Meski banyak rival, Avanza dan Xenia tidak pernah kehilangan pamor. Keduanya seolah sudah mendarah daging dengan masyarakat Tanah Air. Maklum, baik Xenia dan Avanza adalah pelopor. Kali pertama meluncur pada 2003 sebagai mobil yang Indonesia banget.

Bagaimana tidak? Xenia atau Avanza punya formula tepat. Kabin mampu menampung banyak penumpang, mesin irit bahan bakar, dan harga terjangkau. Oleh karena itulah, mereka jadi primadona.

Avanza Vs Xenia, siapa yang lebih baik di antara keduanya? Apa saja perbedaannya? Simak bahasan berikut:

Perbedaan Toyota Avanza Vs Xenia

perbedaan toyota avanza vs daihatsu xenia

Toyota Avanza 1.5 G MT terbaru, tampak belakang

Meski kembar, Avanza dan Xenia ternyata punya banyak perbedaan. Hal ini tidak lepas dari strategi masing-masing merek untuk menggaet pembeli. Bagaimana pun juga, Toyota Avanza tetaplah rival dari Daihatsu Xenia di pasar otomotif Indonesia.

Lalu apa saja perbedaan Avanza Vs Xenia? Untuk menjawab, kami coba membandingkan lebih detail varian tertinggi keduanya.

Dari Daihatsu Xenia akan diambil varian 1.5 R Deluxe. Sementara Toyota Avanza yang ikut komparasi adalah varian 1.5 G. Cek tulisan di bawah ini untuk tahu perbedaan Xenia Vs Avanza:

1. Harga Xenia dan Avanza, Siapa Lebih Murah?

xenia vs avanza

Daihatsu Xenia varian tertinggi 1.5 R Deluxe

Perbedaan Avanza Vs Xenia dapat dilihat dari sisi harga. Daihatsu menawarkan dalam banderol yang lebih beragam. Total ada 10 varian yang mereka pasarkan.

Harga Xenia varian termurah atau X MT 1.3 STD adalah Rp192,75 juta (OTR Jakarta). Sementara harga varian tertinggi, ada dua opsi: 1.5 R Deluxe MT Rp225,75 juta (OTR Jakarta) dan 1.5 R Deluxe AT Rp236,65 juta (OTR Jakarta)

Kalau Toyota, total cuma memasarkan Avanza dalam lima varian. Toyota Avanza varian termurah adalah 1.3 E MT Rp198,15 juta (OTR Jakarta). Lalu untuk varian termahalnya 1.5G MT Rp228,3 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  3 Alasan Beli Wuling New Confero S

Tabel Harga Toyota Avanza Terbaru

Avanza 1.3 E MT Rp198,15 juta (OTR Jakarta)
Avanza 1.3 E AT Rp209,35 juta (OTR Jakarta)
Avanza 1.3G MT Rp216 juta (OTR Jakarta)
Avanza 1.3 G AT Rp226,7 juta (OTR Jakarta)
Avanza 1.5 G MT Rp228,3 juta (OTR Jakarta)

Tabel Harga Daihatsu Xenia Terbaru

Xenia X MT 1.3 STD Rp192,75 juta (OTR Jakarta)
Xenia X AT 1.3 STD Rp203,65 juta (OTR Jakarta)
Xenia R MT 1.3 STD Rp204,15 juta (OTR Jakarta)
Xenia X MT 1.3 DLX Rp204,7 juta (OTR Jakarta)
Xenia R AT 1.3 STD Rp215,05 juta (OTR Jakarta)
Xenia R MT 1.3 DLX Rp215,950 juta (OTR Jakarta)
Xenia X AT 1.3 DLX Rp216,55 juta (OTR Jakarta)
Xenia R MT 1.5 DLX Rp225,75 juta (OTR Jakarta)
Xenia R AT 1.3 DLX Rp226,95 juta (OTR Jakarta)
Xenia R AT 1.5 DLX Rp236,65 juta (OTR Jakarta)

2. Eksterior Daihatsu Xenia Lebih Mewah Dibanding Toyota Avanza

Daihatsu Xenia

Xenia sudah dilengkapi aero kit dan pelek two tone untuk varian tertinggi

Khusus varian tertinggi, ternyata Daihatsu Xenia punya desain lebih mewah. Aura ini muncul lewat penggunaan pelek two tone (hitam adan chrome) di Xenia 1.5 R Deluxe. Kemudian pabrikan berlambang D juga memberikan aero kit di bemper depan, belakang dan samping.

Sementara Toyota Avanza 1.5 G masih mengandalkan pelek warna silver dengan delapan palang sederhana. Kemudian tidak ada aero kit.

Di samping itu, perbedaan eksterior Xenia dan Avanza terbaru tidak terlalu tampak. Salah satu yang terlihat cuma kehadiran aksen chrome di paras keduanya. Kalau di Xenia, tepat di bawah grille. Bila di Avanza adanya di sisi kisi-kisi udara.

3. Fitur EBD Hanya Ada di Xenia

fitur-fitur Daihatsu Xenia

fitur-fitur Daihatsu Xenia, sebagian tidak dipunya Toyota Avanza

Soal fitur keselamatan, Xenia 1.5 R Deluxe ternyata unggul dibanding Avanza. MPV milik Daihatsu ini sudah dilengkapi electronic brake distribution (EBD). Fungsinya untuk mengoptimalkan pengereman belakang, di berbagai kondisi.

Meski demikian, fitur-fitur keselamatan lain seperti anti-lock braking system (ABS) dan Dual SRS Airbags sudah dimiliki keduanya. 

Baca juga  Menakar Konsumsi BBM Avanza, Irit Atau Boros?

4. Front Passanger Seat Belt Warning Cuma Ada di Avanza

front passanger belt warning

Fitur ini cuma ada di Avanza

Kelebihan Avanza, salah satunya memiliki fitur front passanger seat belt warning. Fitur tersebut berfungsi memberi peringatan ke penumpang yang duduk di bangku depan untuk selalu mengenakan sabuk keselamatan.

Untuk peringatan penggunaan sabuk keselamatan pengemudi. Baik Avanza dan Xenia, sudah memilikinya.

Baca juga:

4. Head Rest Xenia Tidak Sebanyak Avanza

Kabin Xenia

Kabin Xenia, perbedaan dengan Avanza tampak di jumlah head rest

Perbedaan Xenia vs Avanza berikutnya ada di jumlah head rest. Avanza terbaru lebih nyaman, karena kabinnya dilengkapi total tujuh head rest. Alhasil benar-benar bisa dikatakan sebagai MPV 7-seater.

Setiap penumpang dapat penyangga kepala ketika duduk di kabin mobil ini. Fungsi head rest selain sebagai relaksasi saat perjalanan jauh, juga sebagai fitur keselamatan. Tanpa head rest, kepala bisa cedera parah meski sudah menggunakan sabuk pengaman.

5. Power Charger di Baris Ketiga, Xenia Tidak Punya

perbedaan avanza dan xenia

Power charger di Daihatsu Xenia tidak selengkap Toyota Avanza

Baik Avanza dan Xenia memang sudah dilengkapi power charger. Fitur ini bermanfaat untuk mengisi daya baterai gadget selama perjalanan. Hanya saja jumlahnya berbeda.

Di Avanza, total power charger ada tiga. Masing-masing tersebar di setiap baris bangku. Jadi, mau itu penumpang paling belakang bisa menikmatinya.

Kalau di Xenia, power charger cuma ada dua unit. Tersebar di bangku baris pertama dan kedua saja. Lalu untuk penumpang baris ketiga harus gigit jari, lantaran tidak punya.

6. Avanza Varian Tertinggi Tidak Punya Pilihan Transmisi Otomatis

Toyota Avanza

Transmisi otomatis tidak tersedia di Avanza 1.5 G

Perbedaan Xenia Vs Avanza varian tertinggi selanjutnya ada di pilihan transmisi. Xenia 1.5 R Deluxe dilengkapi opsi transmisi otomatis 4-percepatan. Alhasil pengemudi bisa lebih bersantai menghadapi kemacetan Ibu Kota.

Baca juga  Daftar Harga Daihatsu Ayla Bekas, Mulai Rp 60 Jutaan

Bandingkan dengan Avanza 1.5 G yang cuma ada transmisi manual 5-percepatan. Tentunya pengemudi bakal lebih lelah saat berkendara dengannya di kemacetan, lantaran masih harus injak kopling dan ganti gigi.

7. Xenia Belum Pakai Start & Stop Engine Button

fitur-fitur toyota Avanza

Fitur ini cuma tersedia di Avanza

Bila diperhatikan secara detail, ternyata kekurangan Xenia dibanding Avanza juga tampak di penggunaan start & stop engine button. Fungsi fitur ini untuk memudahkan pengendara saat menghidupkan dan mematikan mesin. Cukup tekan tombol saja.

Xenia terbaru ternyata belum memilikinya. MPV Daihatsu tersebut masih mengandalkan kunci konvensional. Sementara Avanza sudah pakai fitur ini.

8. Kelebihan Xenia Varian Tertinggi Ada di Sensor Parkir

Daihatsu Xenia

Xenia tampak depan

Daihatsu Xenia juga tidak mau kalah dari Avanza. MPV ini dilengkapi sensor parkir depan dan belakang. Gunanya untuk memberi peringatan ke pengendara bila mobil sudah terlalu dekat dengan objek lain. Dengan demikian, petensi tabrak dinding atau mobil lain saat parkir bisa berkurang.

Kalau di Toyota Avanza cuma ada sensor parkir belakang. Mobil tersebut tidak dilengkapi sensor depan.

9. Pilihan Warna Daihatsu Xenia Lebih Banyak

Avanza vs xenia 008

Pilihan warna Xenia lebih beragam dibanding Avanza

Perbedaan Avanza Vs Xenia selanjutnya ada di pilihan warna. Daihatsu Xenia 1.5R, punya pilihan warna lebih banyak. Totalnya ada delapan warna yang bisa dipilih konsumen: icy white, classic silver metallic, dark blue, dark grey metallic, dark red metallic, new bronze metallic, midnight black metallic, dan pearl white, 

Kemudian untuk Toyota Avanza terbaru cuma memiliki enam pilihan warna untuk konsumen. Opsinya antara lain: white, silver metallic, black metallic, bronze, dark blue, dan dark red mica metallic.

Kesimpulan, Pilih Avanza atau Xenia?

avanza vs xenia

MPV mana yang lebih baik menurut kamu?

Itulah tadi perbedaan mendasar dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, terlebih untuk varian tertingginya. Lalu pilih yang mana?

Keunggulan Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe ada di tampilan yang lebih mewah. Lalu MPV ini juga dibekali fitur EBD, sensor parkir depan, dan transmisi otomatis. Tidak ketinggalan, pilihan warna bodinya pun lebih beragam.

Sementara untuk Toyota Avanza 1.5 G, kelebihannya ada di penggunaan head rest yang lengkap untuk seluruh penumpang. Ada pula fitur power charger di bangku baris ketiga, start & stop engine button, dan ftont passanger seat belt.

Kalau kamu, pilih yang mana?

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika