by

5 Perbedaan Yamaha MT-07 Terbaru Vs Lama

Unik memang membicarakan Yamaha MT-07 terbaru Vs lama. Pasalnya di Indonesia, motor naked sport ini pertama kali meluncur pada Agustus 2020. Ternyata tiga bulan kemudian bertepatan dengan 3 November 2020, MT-07 model 2021 resmi diperkenalkan di Eropa.

Dengan demikian, MT-07 yang kita kenal baru di Indonesia seketika berubah jadi model lama. Versi paling anyarnya ada di Benua Biru. Lalu apakah versi terbaru itu pasti lebih baik dan pantas ditunggu kehadirannya di Tanah Air?

Bila dikatakan lebih baik, belum tentu. Satu yang jelas, MT-07 model 2021 mendapat sejumlah revisi dari mulai desain, fitur, hingga performa mesin. Kemudian apakah perlu menunda pembelian motor Yamaha MT-07 di Indonesia, karena menunggu versi terbarunya hadir ke sini? Agaknya tidak perlu.

Hal tersebut dikarenakan, MT-07 terbaru yang meluncur di Eropa sejatinya tidak berubah terlalu banyak alias facelift. Kemudian proses penjulannya juga tidak dilakukan dalam waktu dekat, melainkan pada Maret 2021 untuk pasar Benua Biru. Setelah itu pun tidak langsung masuk Indonesia. Biasanya butuh waktu beberapa tahun kemudian. Jadi memang masih lama!

Meski demikian, tidak ada salahnya untuk membahas spesifikasi keduanya. Apa saja yang menjadi perbedaan Yamaha MT-07 terbaru vs lama? Simak bahasan lengkapnya di bawah ini:

Baca juga  Mau Tampil keren? Pasang 5 Aksesori Yamaha Freego Ini!

1. Desain Yamaha MT-07 Terbaru Vs Lama

yamaha mt-07 terbaru
Bodinya secara keseluruhan dibuat lebih lebar, sehingga terkesan lebih agresif dan berotot

Bicara desain Yamaha MT-07 Terbaru Vs Lama, kamu bisa lihat perbedaannya dari lampu depan. Meski sama-sama menggunakan model lampu tunggal, namun MT-07 terbaru tampil dengan bentuk yang lebih kecil. Tidak hanya itu shroud di bodi samping juga dibuat semakin agresif.

Di atas kertas, dimensi MT-07 model 2021 dibuat lebih gemuk. Lebarnya kini 780 mm (bertambah 35 mm) dan tingginya jadi 1.105 mm (bertambah 15 mm). Sementara untuk panjang tidak berubah, 2.085 mm.

Sisanya untuk bagian bodi belakang dan roda tidak ada beda. Baik Yamaha MT-07 baru dan lama, masih mengandalkan sepatbor menggantung di belakang. Terkait desain pelek serta ukuran ban juga mempertahankan 120/70-17 inci untuk depan dan 180/55-17 inci khusus belakang. Penggunaan suspensi depan teleskopik serta belakang monoshock pun masih sama.

2. Ukuran Setang Lebih Lebar 15 Milimeter

yamaha mt-07 terbaru
Posisi berkendara jadi lebih percaya diri berkat ukuran lebar setang yang bertambah

Perbedan Yamaha MT-07 terbaru vs lama juga ada di ukuran setang. Kini pabrikan garputala membuatnya lebih lebar 15 mm dibanding sebelumnya. Tujuannya tidak lain untuk membuat rasa berkendara dengan motor ini jadi semakin menyenangkan.

Baca juga  5 Ide Modifikasi Aerox 155, Dijamin Beda!

“Posisi berkendara jadi lebih percaya diri, meningkatkan big bike feeling, sekaligus tetap memiliki karakter yang mudah untuk dikendalikan,” seperti dikutip dari laman resmi Yamaha Eropa.

3. Sistem Pencahayaan Full LED

yamaha mt-07 terbaru vs lama
Lampu sein dan lampu depan kini sudah pakai LED hemat daya

Hal menarik lain yang jadi perbedaan Yamaha MT-07 terbaru vs lama adalah lampu LED. Kini sistem pencahayan hemat daya tersebut hadir di lampu depan, sein, dan rem. Padahal sebelumnya cuma ada di lampu rem saja.

Lampu depannya cukup menarik karena sudah pakai LED proyektor. Dengan demikian visibilitas berkendara dengan MT-07 terbaru bakal lebih baik, karena pendaran cahaya bisa terfokus ke jalan.

4. Performa Mesin Menurun

yamaha mt-07 terbaru
Di atas kertas, performa mesin MT-07 terbaru tidak sebaik versi lama, bobotnya pun bertambah 2 Kg

Bisa dikatakan, Yamaha MT-07 versi lama agak unggul di sini. Pasalnya performa mesin model terbarunya jadi agak turun. Kalau sebelumnya bisa memuntahkan torsi puncak 68 Nm dan tenaga 74,8 PS. Kini cuma sanggup mengeluarkan torsi 67 Nm dan tenaga 73,4 PS.

Hal ini dikarenakan regulasi emisi gas buang yang ketat di Eropa, memaksa motor sport telanjang tersebut memenuhi standar Euro 5. Efeknya performa agak kurang, tapi lebih ramah lingkungan.

Baca juga  All New Yamaha Nmax 2020 Meluncur, Berapa Harganya?

Terkait konfigurasi mesin MT-07 terbaru vs lama tidak ada yang beda. Masih mengandalkan kapasitas 689cc, 2 silinder crossplane, dan pendingin cairan. Sistem transmisinya pakai 6-percepatan manual.

5. Rem Cakram Lebih Besar

yamaha mt-07 terbaru vs lama
Di depan kini cakram gandanya berukuran 298 mm

Perbedaan Yamaha MT-07 terbaru vs lama yang terakhir ada di ukuran rem cakram depan. Kini dimensinya dibuat lebih besar, mencapai 298 mm atau naik 16 mm. Pasti penambahan ukuran tersebut menjadikan pengereman semakin optimal.

Terkait konfigurasi rem masih sama. Di depan pakai cakram ganda. Sementara yang belakang tunggal.

Itulah tadi perbedaan Yamaha MT-07 terbaru vs lama. Bagaimana menurut kamu, manakah motor sport telanjang yang lebih baik? Satu yang pasti di Indonesia saat ini cuma menjual MT-07 versi lama. Kalau kamu mau beli, harganya Rp243 jutaan.

Jika dirasa kemahalan, Yamaha Indonesia menjual banyak produk MT-Series lain. Buat kamu yang pilih harga terjangkau bisa cek Yamaha MT-15 dan Yamaha MT-25. (LOD)

Terbaru