Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Periksa Komponen Mobil ini Setelah Lakukan Perjalanan Jauh

by Tigor Sihombing
Komponen mobil

Komponen mobil harus tetap dalam perhatian. Seperti pada Minggu akhir pekan ini, mungkin banyak diantara kita yang melakukan perjalan jauh, baik untuk liburan atau berkunjung ke rumah saudara menggunakan mobil.

Nah usai melakukan perjalan tersebut, diharapkan pemilik mobil bisa langsung melakukan pemeriksaan dan perawatan kendaraan kembali. Tujuannya apa ?

Hal ini dilakukan agar kondisi mobil tetap optimal dan nyaman. Intinya guys mobil harus dalam kondisi terbaik saat digunakan kembali.

“Pemeriksaan kondisi kendaraan perlu dilakukan karena mobilitas di saat akhir pekan biasanya cukup tinggi dengan melewati berbagai kondisi jalan, maka dari itu mobil harus dicek lagi. Meski begitu hal ini bisa kamu lakukan di rumahh,” ungkap PR & Media Manager DFSK Indonesia, Achmad Rofiqi.

Achmad Rofiqi kemudian memberikan panduan 5 poin yang harus diperiksa pemilik kendaraan usai libur lebaran. Berikut panduannya;

Sistem Kelistrikan

Komponen mobil

Periksa kondisi aki

Pemilik kendaraan bisa memeriksa sistem kelistrikan dengan memeriksa komponen mobil aki yang berada di dalam mesin. Di aki biasanya terdapat indikator yang menunjukan kondisi kerjanya.

Baca juga  Microsleep Saat Berkendara, Penyebab Kecelakaan Mobil!

Apabila indikator tampak berwarna merah maka aki harus segera diganti karena sudah soak, berwarna putih maka aki harus segera di-charge, dan warna biru menunjukkan aki masih prima.

Setelah itu, pemilik mobil bisa melakukan pemeriksaan dengan mengaktifkan sejumlah komponen lainnya, seperti lampu sein, lampu hazard, lampu utama, wiper, dan head unit.

Apabila semua komponen bekerja dengan baik, maka kemungkinan besar sistem kelistrikan kendaraan dalam kondisi baik dan optimal.

Cek Kualitas Oli Mesin

Komponen mobil

Pastikan mesin mobil jangan dalam kondisi panas saat periksa oli

Oli mesin memegang peranan penting untuk menunjang kinerja mesin, apalagi setelah digunakan untuk perjalanan yang lama. Cara paling mudah pertama yang harus dilakukan untuk memeriksa oli mesin, dengan mengecek odometer.

Apabila sudah memasuki waktu untuk pergantian oli mesin, maka segera menggantinya dengan oli baru. Selanjutnya, dengan cara mengecek kondisi oli mesin melalui dipstick.

Melalui dipstick ini maka pemilik kendaraan bisa mengecek kualitas dan volume oli dari luar mesin. Bila volume oli di bawah batas minimal maka bisa ditambahkan oli yang sejenis, dan apabila sudah hitam pekat maka sebaiknya diganti saja.

Baca juga  Dilema Isi Ban Dengan Angin Biasa atau Nitrogen, Mana Lebih Baik?

Periksa Kondisi Air Radiator

Komponen mobil

Merawat radiator mobil dengan tepat, menjaga mesin tetap dalam kondisi terbaik

Komponen mobil lainnya yang harus mendapatkan perhatian segera adalah radiator.

Radiator bekerja untuk mendinginkan panas di mesin selama bekerja keras menjalankan mobil. Kondisinya perlu diperhatikan karena apabila abai diperiksa kondisinya, bisa-bisa kendaraan mengalami overheat engine.

Cara mudah untuk mengecek radiator adalah melalui cairan radiator masih sesuai dengan standar atau tidak. Apabila sudah berkurang maka bisa ditambahkan, dan pastikan di bagian bawah mobil tidak ada kebocoran cairan radiator.

Periksa Kembali Kondisi Ban

komponen mobil

Cek tekanan angin ban mobil secara berkala.

Ban merupakan komponen mobil yang paling bekerja keras selama perjalanan karena menopang bobot kendaraan dan kontak secara langsung dengan jalanan. Pemilik kendaraan perlu memeriksa kondisi ban, baik dari segi tekanan angin dan ketebalannya.

Bisa dilihat ban kurang angin, maka bisa menambah tekanan angin yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan. Pemilik mobil bisa melihat rekomendasi tekanan dan ukuran ban dari pabrikan di pilar pintu pengemudi.

Baca juga  7 Penyebab Turun Mesin Mobil, Harus Dicegah!

Sedangkan apabila sudah tipis atau permukaannya sudah tidak rata, maka disarankan untuk segera diganti dengan ban baru.

Jaga Selalu Kebersihan Interior & Eksterior

Komponen mobil

Interior yang bersih bikin nyaman perjalanan

Pemilik mobil membersihkan kendaraan di interior dan eksterior untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang. Dimulai dari mengeluarkan sampah, barang yang tidak digunakan, serta membersihkan kotoran yang ada di interior.

Setelah itu dilanjut dengan mencuci eksterior dengan menggunakan sampo khusus yang diperuntukan bagi body mobil. Semua pengecekan ini bisa dilakukan di rumah secara mandiri sembari mengisi waktu luang.

Guys demikian ulasan terkait 5 komponen mobil yang harus diperiksa lagi setalah melakukan perjalan jauh. Jika kamu tidak sempat melakukan hal di atas enggak ada salahnya kok unutk membawa mobil ke bengkel dan ke salon untuk sekedar perawatan. Selamat mencoba.

Untuk ulasan lainnya seputar berita otomotif, pantau terus Moladin.com.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika