Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Perjalanan Mitsubishi Xpander di Indonesia, Dari Konsep Hingga Kini

by Baghendra Lodra
Perjalanan Mitsubishi Xpander di Indonesia

Walau usianya masih seumur jagung, tapi tidak ada salahnya membahas sejarah perjalanan Mitsubishi Xpander di Indonesia. Maklum, mobil ini cukup fenomenal dengan angka penjualan fantastis. Bahkan bisa mengungguli Toyota Avanza yang eksis lebih dulu.

Perjalanan Mitsubishi Xpander sesungguhnya dimulai sejak Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Hanya saja ketika itu masih sebagai mobil konsep. Nama yang dikenakan juga bukan Xpandee, melainkan XM Concept.

Kemudian pada GIIAS 2017, LMPV tiga berlian benar-benar hadir di pasar otomotif Indonesia. Kelebihannya adalah punya desain futuristik memadukan MPV dan SUV.

Hadirnya Xpander langsung diburu konsumen. Terbukti dari angka penjualan Mitsubishi naik sepanjang 2017, gara-gara Xpander.

Mitsubishi juga tidak tinggal diam, beberapa revisi dilakukan untuk Xpander agar terus diminati konsumen Tanah Air. Seperti pada 2018, ditambah dua varian baru yaitu GLS AT dan Sport MT. Kemudian pada 2020, ada penyegaran tampilan dan fitur.

Tidak ketinggalan, ada pula beberapa unit Xpander Special Edition diluncurkan. Berbagai inovasi itu sukses membuat mobil LMPV ini bertahan hingga sekarang, sekaligus menjelma jadi salah satu mobil keluarga terlaris di Tanah Air.

Bahkan kabarnya pada akhir 2021, Mitsubishi akan menghadirkan Xpander terbaru dengan transmisi CVT. Menarik bukan?

Ingin tahu secara lengkap sejarah perjalanan Mitsubishi Xpander dari tahun ke tahun, hingga sekarang? Simak bahasan di bawah ini

XM Concept Hadir di GIIAS 2016

Mitsubishi XM Concept

Mitsubishi XM Concept menjadi cikal bakal Xpander di Indonesia

Sebelum nama Xpander digunakan, Mitsubishi memakai XM Concept. Mobil konsep ini hadir duluan dengan world premiere yang berlangsung di GIIAS, tepatnya pada 11 Agustus 2016.

Mobil tersebut langsung menyita perhatian, karena desainnya futuristik. Sebagai sebuah LMPV, XM Concept sudah menggunakan desain lampu utama yang letaknya agak ke bawah. Kemudian yang tidak kalah menarik, ada kombinasi aura SUV yang hadir ke MPV ini.

Produk tersebut juga pernah dibawa ke IIMS 2017. Ketika itu sudah banyak konsumen yang menanti kehadiran XM Concept produksi massal, karena memang dijanjikan akhir 2017 hadir. Efeknya puluhan ribu orang terdata siap meminang XM Concept.

Mitsubishi Xpander World Premier di GIIAS 2017

World Premiere Mitsubishi Xpander di 2017

Debut perdana dunia Mitsubishi Xpander berlangsung di GIIAS 2017

Momentum peluncuran Mitsubishi Xpander terbilang cukup panjang di Indonesia. Sejak diperkenalkan dalam wujud XM Concept di ajang GIIAS 2016, pabrikan tiga berlian baru meluncurkannya dalam versi massal satu tahun kemudian.

Baca juga  Avanza-Xenia Generasi Terbaru Bermesin Turbo atau Hybrid?

Berawal dari munculnya Mitsubishi Xpander melalui situs resmi Mitsubishi Motors pada 17 Juli 2017. Selanjutnya mobil ini resmi diperkenalkan pada 24 Juli 2017 cuma pada awak media.

Hingga akhirnya resmi melakukan debut perdana dunia dihadapat banyak orang pada tanggal 10 Agustus 2017. Acara ini berlangsung di ajang GIIAS 2017. Sejak itulah perjalanan Mitsubishi Xpander di Tanah Air dimulai.

Mitsubishi Xpander yang baru dirilis di Indonesia itu ditawarkan dalam enam varian, yaitu GLX, GLS, Exceed matic dan manual, Sport, dan Ultimate, dengan pilihan transmisi 4-percepatan matic dan 5-percepatan manual.

Secara dimensi mobil ini terbilang cukup unik, dengan panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Bisa dikatakan ini LMPV paling lebar, sehingga stabil untuk dikendarai dan kabinnya lega. Lalu untuk jarak sumbu rodanya sebesar 2.275 mm. Dengan dimensi itu, Mitsubishi Xpander menyuguhkan nuansa kabin yang cukup lega.

Keunggulan Mitsubishi Xpander dari sejumlah kompetitor adalah desainnya yang jauh lebih modern ketimbang dengan pesaingnya. Desain Xpander diklaim menggabungkan nuansa MPV dengan aura SUV. Desain gril depan yang mengaplikasikan konsep Dynamic Shield menjadi khasnya. Pada varian tertinggi pun telah dilengkapi dengan aksen krom untuk mempertegas tampilannya.

Mitsubishi Xpander dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.5 liter MIVEC DOHC 16 valve, 4 silinder. Mesin itu menghasilkan tenaga sebesar 104 ps pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 141 Nm pada 4.000 rpm. 

Tambah Varian Sport MT & GLS AT di IIMS 2018

Setelah mendengar kebutuhan konsumen, Mitsubishi menambah lagi varian dari Xpander yaitu Sport MT dan GLS AT. Keduanya diklaim hadir berdasarkan permintaan masyarakat Indonesia.

Alhasil kini varian GLS sudah bisa menikmati adanya transmisi otomatis. Begitu pula dengan varian Sport yang punya opsi transmisi manual. Sementara untuk fitur dan tampilan, tidak ada perbedaan signifikan.

Xpander Limited Edition 2019

Sejarah perjalanan Mitsubishi Xpander berlanjut pada 2019. Pabrikan tiga berlian menghadirkan Xpander Limited di IIMS 2019 yang cuma dijual terbatas 1.000 unit.

Baca juga  5 Perbedaan Mitsubishi Xpander Facelift 2021 Vs Lama

Ciri khasnya dari sisi eksterior pakai bodi warna putih. Lalu ada tambahan aero kit, mirror cover decal, door handle protector, fuel lid gardnish, Engine Hood Emblem dan Limited Edition emblem.

Sementara itu untuk interior, ada Seat Cover, Ornament Decal, Exclusive Limited ID dan Scuff Plate. Menarik bukan?

Baca juga:

Mitsubishi Xpander Cross Meluncur di Indonesia pada 2019

Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross meluncur di bulan November 2019

Dua tahun berselang, dan tercatat meraih kesuksesan melalui produk LMPV. Mitsubishi Indonesia memperkenalkan varian tertinggi dari Xpander, yakni Mitsubishi Xpander Cross. Secara tampilan, Mitsubishi Xpander Cross menyuguhkan ‘rasa’ SUV yang semakin kental.

Xpander Cross ditawarkan dalam tiga yakni Sport M/T, Sport A/T, dan Leather Seat Premium Package A/T. Pihak pabrikan mengklaim Mitsubishi Xpander Cross memadukan kenyamanan sebuah MPV dan ketangguhan SUV.

Meski secara garis besar, desain Xpander Cross tidak berbeda jauh dengan versi terdahulu. Bila dibandingkan dengan varian Xpander lainnya, Cross mendapatkan aksen panel body ala mobil SUV, seperti skid plate berikut bumper baru, panel over fender, dan pelek 17 inci.

Dimensinya pun ternyata lebih lebar 50 mm ketimbang dengan Xpander biasa, untuk memberikan kesan lebih luas dan stabil. Setelan suspensi pun disesuaikan dan turut meningkatkan ground clearance menjadi 225 mm, atau naik 20 mm dibandingkan varian Xpander biasa. Pada bagian atap juga dilengkapi dengan roof rail untuk penyimpanan barang dan menunjang tampilan semakin gagah.

Perjalanan Mitsubishi Xpander Facelift di Awal 2020

Mitsubishi Xpander facelift 2020

Mitsubishi Xpander facelift meluncur dengan sejumlah ubahan

Dua bulan berselang pasca meluncurkan Mitsubishi Xpander Cross pada November 2019, Mitsubishi Indonesia pada bulan Februari 2020 meluncurkan Mitsubishi Xpander Facelift. LMPV yang diproduksi di pabrik Mitsubishi di Cikarang, Jawa Barat itu mendapatkan sejumlah ubahan bila dibandingkan model sebelumnya.

Ubahan yang terjadi pada Mitsubishi Xpander model 2020 tidak hanya sebatas pada penyempurnaan tampilan saja. Seperti bagian grille yang mengusung desain baru, tak lagi lurus dan rapat, kini berupa dua bilah tebal yang melengkung mengarah ke arah lampu kecil. Konsep itu diklaim mampu meningkatkan tampilan jadi semakin tangguh.

Baca juga  Beli Mobil Mitsubishi di GJAW 2023, Banyak Promo dan Tanpa Inden!

Fitur-fitur di Xpander Facelift 2020

Selain itu, ubahan pada sisi eksterior terlihat pada sisi pelek alloy berukuran 16 inci two tone dengan desain palang lima. Untuk menyempurnakan tampilan, Mitsubishi Xpander facelift dilengkapi dengan antena model sirip hiu untuk varian Ultimate, Sport dan Exceed.

Pada sisi interiornya, Xpander 2020 mendapatkan perubahan pada jok yang kini menggunakan motif baru. Tersedia dalam warna Beige (krem) untuk Ultimate dan Black (hitam) untuk Sport. Panel instrumen juga turut mendapatkan sentuhan aksen baru. Ornamen kayu tetap dipasang pada Ultimate dan Exceed, sedangkan Sport berupa silver panel.

Salah satu fitur yang membedakan dari model sebelumnya adalah hadirnya lampu utama berbasis LED yang punya penerangan lebih luas. Pada kaca belakang pun kini dilengkapi deffoger untuk varian Ultimate, Exceed dan Sport.

Mitsubishi Xpander 2020 dilengkapi dengan fitur hiburan baru, melalui hadirnya head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang terintegrasi dengan smartphone, yang sebelumnya hanya tersedia di varian Ultimate, kini juga tersedia di tipe Sport. Fitur itu dipadukan dengan fitur audio steering switch yang tersedia di lingkar kemudi.

Mitsubishi Xpander facelift juga telah dilengkapi dengan sensor parkir mundur. Serta klakson baru dengan tipe ganda, yang kini tersedia untuk semua varian.

Mitsubishi Xpander Model 2021

mitsubishi xpander baru 2021 003

sumber reka gambar @andrafebriandesign

Selanjutnya yang juga menarik, tahun 2021 kabarnya akan ada Xpander terbaru. Ubahannya bukan cuma tampilan, tapi juga teknologinya. Informasi ini bocor setelah ada gambar spyshoot dari LMPV pabrikan tiga berlian tersebut di dunia maya.

Revisi yang terlihat, kini parasnya lebih mengotak. Ditambah ada pelek baru yang lebih ramping. Bukan cuma itu, yang menarik lain adalah sistem transmisi Xpander diubah jadi CVT dari tadinya otomatis konvensional.

Semoga saja peluncuran Xpander model 2021 tidak lama lagi terwujud.

Itulah tadi sejarah perjalanan Mitsubishi Xpander di Indonesia. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin! (Denfer/Lodra)

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika