4 Perkakas & Part Yang Sebaiknya Ada Dalam Jok

Haloo sobat Jinny. Berbagai jenis sepeda motor, mulai dari sport hingga skutik entry-level sekalipun, pasti memiliki ruang kecil di bawah jok atau biasa disebut bagasi. Bahkan beberapa di antaranya bisa memuat dua buah helm full-face. Selain menaruh barang bawaan, kompartemen dalam jok motor juga harus diisi macam perkakas dan part untuk mengantisipasi apabila terjadi keadaan darurat.

Terutama buat kaliann yang hendak melakukan perjalanan jauh. Misalnya, motor bisa saja mogok secara tiba-tiba saat ada dalam perjalanan.

Lantas, apa saja macam perkakas dan part yang sebaiknya ada dalam jok motor?

 

1. Busi Cadangan, Kunci Busi, Obeng, Tang Item yang Wajib Ada

Macam Perkakas Dan Part Yang Sebaiknya Kalian Bawa
Macam Perkakas Dan Part Yang Sebaiknya Kalian Bawa
  • Kunci Busi

Perkakas dan sparepart motor yang wajib ada di bagasi motor kalian yang pertama adalah busi. Baik motor sport maupun skutik entry-level pasti dilengkapi busi. Komponen ini bisa saja tidak berfungsi sewaktu-waktu. Karena itu,  kunci busi di jok motor. Lebih baik lagi jika disertai dengan busi cadangan. Busi ini tiba-tiba juga bisa rusak jika umur pemakaian lebih dari setahun. Penyebabnya bermacam-macam, mulai masa pakainya memang sudah habis, sampai basah karena terkena bensin berlebihan.

 

  • Obeng

Biasanya, tiap pabrikan sudah menyertakan obeng berikut perlengkapan lainnya pada saat pembelian motor baru. Jenis obeng yang disertakan pabrikan biasanya memiliki dua ujung kepala yaitu (+) dan (-) yang bisa dibolak-balik Fungsinya tentu untuk mengencangkan dan membuka baut.

 

  • Tang

Tang bisa dibilang sebagai perlengkapan multi fungsi. Alat yang satu ini memiliki beberapa jenis yang berbeda berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Tiap kalian membeli motor baru, biasanya akan mendapatkan jenis tang kombinasi dalam paket perkakas dalam jok.  Alat ini bakal sangat berguna ketika tali gas atau pun kopling putus tiba-tiba. Tang juga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti kunci pas, namun fungsinya tentu gak se-efektif memakai kunci pas.

 

2. Jas Hujan, Pelindung Terhadap Hujan

Perlengkapan Ini Jangan Sampe Kelupaan
Perlengkapan Ini Jangan Sampe Kelupaan

Nggak cuma perkakas dan sparepart motor saja, item yang satu ini juga nggak kalah penting karena Indonesia merupakan wilayah yang beriklim tropis, cuaca menjadi sulit sekali ditebak. Terkadang cerah pada pagi hari, namun bisa saja tiba-tiba turun hujan saat sore hari. Oleh karena itu, sobat Jinny jangan sampe lupa ataupun ketinggalan membawa jas hujan di dalam jok motor kalian. Pastikan juga untuk sesekali merawat jas hujan tersebut biar makin awet.

 

BACA JUGA: CARA MERAWAT JAS HUJAN

 

3. Sekring, Pengaman Sistem Kelistrikan Motor Kalian

Sekring, Komponen Pelindung Sistem Kelistrikan
Sekring, Komponen Pelindung Sistem Kelistrikan

Menjadi hal yang sangat penting untuk membawa sekring cadangan, terlebih pada motor berbasis teknologi injeksi. Sebab apabila komponen satu ini terjadi masalah, maka seketika sistem kelistrikan pada ECU akan mengalami penurunan bahkan mati. Memang, beberapa motor injeksi masih bisa digunakan meskipun dengan kondisi sekring mati. Hanya saja harus menggunakan kick starter jika ingin menghidupkan mesinnya. Berdasarkan fungsinya, komponen ini bertugas untuk memutus arus secara tiba-tiba karena ada kesalahan pada sistem kelistrikan agar tidak terjadi konsleting listrik.

 

4. Bohlam Set Depan dan Belakang

Bohlam Cadangan, Antisipasi Komponen Penerangan Ini Jika Putus
Bohlam Cadangan, Antisipasi Komponen Penerangan Ini Jika Putus

 

Komponen penerangan ini bisa saja mengalami kerusakan sewaktu-waktu. Kasus yang paling banyak terjadi adalah putus dengan tiba-tiba saat gak sengaja melewati jalanan rusak. Padahal aturan yang berlaku mewajibkan lampu utama kendaraan roda untuk terus menyala. Nah, ini penting banget biar gak sampe ketilang, bohlam putus bisa langsung ganti tanpa harus ke bengkel kalau ada perkakas dan sparepart motor ini. Meskipun begitu hal ini gak berlaku buat motor yang sudah menggunakan Headlamp LED sejak lahir. Misalnya, Yamaha Nmax 155, Suzuki GSX-R150, Honda CBR 150 dan yang lainnya.

 

Semoga artikel tips soal perkakas dan sparepart motor ini membantu kamu lagi ya agar lebih prepare dalam berkendara sehari-hari. Sehingga nanti kalau kamu menghadapi kejadian tiba-tiba di jalan, kamu punya peralatan untuk membantu kamu.

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *