Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Persiapan Riding Jarak Jauh Ala Yamaha, Perhatikan Ini!

by Tigor Sihombing
Persiapan riding jarak jauh

Persiapan riding jarak jauh wajib dilakukan sebelum kamu memulai perjalanan. Hal ini penting karena berhubungan dengan keselamatan dan kenyamanan di jalan.

Riding jarak jauh juga bermanfaat untuk merilis stres, maka dari itu persiapannya harus dilakukan dengan matang. Karena bisa meminimalisisr kemungkinan-kemungkinan kendadala yang beresiko terjadi disebabkan oleh diri kita dan sepeda motor.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan bikers sebelum melakukan perjalanan riding jarak jauh. Mulai dari segi kondisi motor, kesiapan pengendara sampai dengan pemahaman rute jalan yang akan dilalui dan lain sebagainya.

“Kegiatan touring bersama rekan-rekan komunitas memang menjadi salah satu agenda menyenangkan yang sering dilakukan. Karena kita bisa menikmati momen berkendara sembari merasakan sensasi berkendara motor. Akan tetapi perlu diketahui, bahwa persiapan touring cukup banyak dan tidak bisa dianggap sepele demi menunjang keselamatan dan kenyamanan di sepanjang perjalanan,” kata Manager of Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg., Antonius Widiantoro dalam rilis resmi yang kami terima.

Baca juga  Wanita Wajib Tau, Begini Cara Mudah Berkendara Aman Dengan Motor

Bagi para pecinta touring, Antonious menyampaikan sedikitnya ada hal-hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

Mengecek Cek Kondisi Kendaraan

Persiapn Riding Jarak Jauh

Dikatakan Antonius, persiapan ridingjarak jauh memerlukan kondisi motor yang prima, oleh karena itu sebelum melakukan touring pastikan bikers sudah melakukan pengecekan terhadap seluruh komponen motor.

Adapun komponen motor yang harus dicek seperti ban, oli, aki dan lainnya dimana semuanya dapat berfungsi dengan normal dan dalam kondisi baik.

Agar mempermudah, tidak ada salahnya membawa motor ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perawatan berkala sebelum berangkat.

Kondisi Tubuh Harus Sehat

Persiapn Riding Jarak Jauh

Persiapan riding jarak jauh yang paling mendasar adalah menjaga kesehatan tubuh. Menjelang hari keberangkatan touring siapkan fisik kamu sebaik mungkin. Olah raga, tidur cukup dan jaga asupan makanan serta minuman untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara.

Jangan coba memaksakan diri ketika merasa lelah diperjalanan, berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi.

Kenali Rute Perjalanan

Persiapn Riding Jarak Jauh

Yang tidak kalah penting adalah memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati merupakan salah satu cara untuk meminimalisir resiko kecelakaan dijalan.

Baca juga  Safety Riding HARUS Supaya Aman Berkendara

Karena dengan mengetahui rute yang akan dilewati kita dapat menghindari atau berkendara dengan penuh kehati-hatian saat melintas di daerah yang rawan kecelakaan.

Seperti jalan berlubang, tikungan tajam, tanjakan dan turunan curam hingga wilayah yang minim penerangan dan rambu lalu lintas.

Persiapan riding jarak jauh lainnya yang tidak kalah penting adalah GPS atau digital maps untuk mendapat pencitraan rute dan petunjuk jalan yang akan dilalalui.

Paham Rambu Lalu Lintas dan Marka Jalan

Persiapn Riding Jarak Jauh

Ilustrasi rambu peringatan


Pastikan juga kamu paham rambu-rambu lalu lintas. Karena pengetahuan ini penting sebagai modal kamu dalam menerapkan riding yang aman dan nyaman.

Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan dijalan adalah karena minimnya kesadaran pengendara untuk mau mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan. Padahal, dengan mau mengikuti rambu dan marka yang ada kita dapat berkendara secara lebih teratur dan terkontrol serta menghormati sesama pengguna jalan.

Gunakan Riding Gear Terbaik

Persiapan riding jarak jauh

Persiapan riding jarak jauh berikutnya adalah memerikasa kelengkapan berkendara seperti riding gear.

Baca juga  BMW Motorrad GS Funride 2020, Touring Kemerdekaan

Karena dengan mengenakan riding gear yang lengkap dan benar dapat mencegah atau setidaknya meminimalisir dampak luka yang diderita tubuh ketika mengalami kecelakaan di jalan.

Demikian ulasan terkait persiapan riding jarak jauh. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar otomotif simak terus Moladin.com.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika