Friday, February 3, 2023
Banner

Pertamina Spreeze, Pelumas Anti Karat Lokal Saingan WD-40!

by Firdaus Ali
Pertamina Spreeze

PT Pertamina Lubricant resmi meluncurkan Pretamina Spreeze. Ini adalah pelumas anti karat yang merupakan buatan anak bangsa, hasil Kerjasama pengembangan antara PTPL dan Research & Technology Pertamina sejak 2019 lalu.

Sebagai pelumas anti karat, Pertamina Spreeze menghadirkan solusi pelumasan baik untuk sektor industri maupun retail. Di mana di dalam Pertamina Spreeze tersebut teradapat kandungan zat khusus yang bisa membersihkan, penetrasi, melumasi, menghilangkan kelembaban, melindungi dan meningkatkan ketahanan pada logam.

Umumnya produk serupa yang kita kenal adalah WD-40. Nah, Pertamina Spreeze ini punya fungsi serupa. Bisa digunakan untuk melumasi bagian-bagian metal pada mobil seperti engsel pintu, membuka baut ban, hingga melindungi busi dan rumah busi.

Fungsi clean atau membersihkan adalah untuk membersihkan kotoran minyak dan grease pada logam. Sementara fungsi penetrasi membantu menetrasi pada bagian yang berkarat, seperti contohnya saat membuka mur/baut yang sudah berkarat.

Selain itu, Pertamina Spreeze juga dikatakan dapat melumasi komponen bergerak sehingga menurunkan gesekan secara drastis. Ditambah juga mampu memberikan berbagai fungsi perlindungan, yaitu Displace Moisture, di mana dapat melindungi dari kelembaban atau uap air. Ada juga manfaat protects untuk mencegah korosi dan oksidasi. Sementara fungsi improves akan mengurangi risiko terjadinya keausan pada komponen yang menggunakan pelumas ini.

Dalam uji cobanya, produk ini memiliki catatan positif yang memiliki keunggulan dibanding produk sejenis di pasar dengan keunggulan penetrasi yang lebih baik, Chlorofluorocarbon (CFC) Free, dan chlorinated solvent free, sehingga aman dan tidak merusak ozon.

“Kami ingin terus menghadirkan solusi pelumasan yang lengkap baik untuk segmen industri maupun ritel. Kami yakin Pertamina Spreeze dapat menjangkau pasar yang luas dengan segala kebutuhan. Dengan produk berkualitas ini, kami percaya konsumen akan merasakan manfaatnya di kehidupan dan pekerjaan sehari-hari. Bahan pelumas 40 persennya adalah berasal dalam negeri. Komposisi ini sudah termasuk besar,” kata Direktur Sales & Marketing PTPL Sari Rachmi dalam rilis resminya (7/12/2022).

Sementara itu, SVP Research & Technology Innovation PT Pertamina (Persero) Oki Muraza menjelaskan bahwa Produk ini juga Low BTX (Benzene, Toluene dan Xylene) Aromatic yakni memiliki kadar BTX yang sangat rendah sehingga tidak karsinogenik atau mengandung zat yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

“Sejak 2019, Pertamina Spreeze telah melewati tahapan uji coba, mulai dari uji coba laboratorium, uji coba lapangan sampai uji coba secara komersial. Teknologi yang terkandung pada produk ini juga telah mendapatkan sertifikat hak paten,” jelas dia.

Harga Pertamina Spreeze

Pertamina Spreeze

Pertamina Spreeze

Sebagai pelumas anti karat buatan dalam negeri, Pertamina Spreeze dijual dengan harga yang terjangkau. Spreeze hadir dalam 2 ukuran yaitu 250 ml yang dijual dengan harga Rp 48.900 dan 400 ml dibanderol Rp 400 ml. Saat ini produk Pertamina Spreeze sudah bisa ditemukan di beberapa outlet resmi seperti Olimart, Enduro Express serta SPBU Pertamina di seluruh Indonesia.

Di samping memiliki fungsi untuk berbagai komponen di mobil, pelumas ini juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Misalnya kamu mau melumasi roda pagar, engsel pintu, hingga rantai sepeda, itu bisa dilakukan. Bisa dibilang, Spreeze dari Pertamina memang sangat multifungsi.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Pertamina Spreeze yang merupakan pelumas anti karat yang bisa kamu gunakan untuk menjaga mobil kamu dari karat. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika