Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Pesanan Hyundai Ioniq 6 Membludak, Produksi 2023!

by Firdaus Ali
hyundai ioniq 6 raih car of the year 2023

Walau belum meluncur secara resmi, namun pesanan Hyundai Ioniq 6 sudah membludak di Korea Selatan. Dilansir laman insideevs, pabrikan berlogo H miring sudah menerima pesanan sebanyak 37.446 unit.

Angka pemesan tersebut tentunya patut diacungi jempol. Sebab, di atas kertas melebihi pesanan Hyundai Ioniq 5 saat pertama kali muncul yaitu 23.760 unit, serta KIA EV6 dengan angka 21 ribu unit.

Penyebab banyak orang yang memesan Ioniq 6, salah satunya lantaran Hyundai membuka inden untuk mobil listrik tersebut sejak 22 Agustus 2022. Sementara untuk harganya mulai 56,050,000 Won atau setara Rp 618 jutaan.

Catatan pesanan Hyundai Ioniq 6 bisa semakin tak terbendung, jika mereka juga mulai membuka keran pembelian di Amerika dan benua Eropa. Bukan tanpa alasan, pangsa pasar otomotif di negara-negara tersebut memang sudah mulai beralih ke mobil listrik.

Menariknya meski Hyundai Korea Selatan telah membuka keran pemesanan untuk Ioniq 6. Namun soal produksinya, mobil listrik tersebut baru akan dilakukan pada awal tahun 2023.

Sekilas Hyundai Ioniq 6

pesanan Hyundai Ioniq 6 membludak

Hyundai Ioniq 6

Pesanan Hyundai Ioniq 6 yang membludak juga dikarenakan harga dan spesifikasi mobil listrik ini begitu istimewa. Banderolnya mulai 56.050.000 Won hingga 65.337.750 Won atau setara Rp 618 jutaan hingga Rp 720 jutaan. 

Baca juga  Hyundai Prophecy, Mobil Listrik Bergaya Sports Car

Hanya saja harga tersebut untuk pasar Korea Selatan, begitu masuk Indonesia nanti sepertinya akan ada kenaikan. Sebagai informasi, Ioniq 5 saja di Tanah Air dijual mulai Rp 748 jutaan. Maka sudah pasti versi terbarunya yaitu Ioniq 6 bakal lebih mahal lagi.

Terkait spesifikasi, Ioniq 6 pertama kali terungkap di event Busan Motor Show pada bulan Juli 2022. Mobil tersebut tersedia dua pilihan baterai: 53 kWh dan 77,4 kWh. Ada pula 2 pilihan penggerak: roda belakang (RWD) dan All Wheel Drive (AWD).

Bicara kelebihan Hyundai Ioniq 6, baterainya dalam kondisi penuh bisa membawa mobil melaju hingga 610 kilometer. Kemudian, untuk akselerasi dari nol hingga 100 km/jam, hanya membutuhkan waktu 5,1 detik. Mantap!

Nah, soal pengisian baterai. Mobil listrik dengan tampilan futuristik ini kabarnya hanya membutuhkan waktu 18 menit dari angka 10 persen hingga penuh. Sama dengan Hyundai Iniq 5, pada Ioniq 6 juga disediakan teknologi V2L atau Vehicle to Load yang berguna sebagai sumber tenaga listtrik yang bisa digunakan untuk mengecas perangkat elektronik.

Baca juga  Hyundai City Store Serpong Diresmikan, Genjot Penjualan

Soal dimensi, Hyundai Ioniq 6 memiliki panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm dan tinggi 1.495 mm. Oh ya, untuk jarak sumbu rodanya ada di angka 2.950 mm yang tentunya membuat ruang lutut dan kaki pada penumpang belakang lebih lega. Tak lupa, Hyundai Ioniq 6 juga dikabarkan dibekali dengan fitur Bluelink.

Moladiners, itulah ulasan mengenai pesanan Hyundai Ioniq 6 yang membludak di Korea Selatan. Akankah nantinya mobil listrik ini juga masuk Indonesia dan diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika