oleh

Pilih Avanza atau Xenia Baru 2021? Ini 7 Perbedannya

Pilih Avanza atau Xenia Baru 2021? Yang pasti keduanya saat ini memilki ubahan ciamik. Sama-sama mengedepankan sisi modern baik pada desain dan fiturnya.

Kini kedua mobil ini, baik All New Avanza dan All New Xenia sedang mengambil momentum GIIAS 2021 di ICE – BSD, Tangerang. Hadirnya mereka di pameran tersebut, tidak lain untuk merebut hati konsumen otomotif Tanah Air..

Nah kamu jika sedang berencana membeli, baiknya ketahui dahulu perbedan antara Toyota All New Avanza dan All New Xenia. Yuk simak langsung ulasannya.

1. Desain Grille Berbeda

Avanza atau Xenia Baru 2021
Secara keseluruhan tidak ada aksen chrome sama sekali pada tampilan facia Daihatsu All New Xenia.

Sekarang baik Avanza dan Xenia sudah tidak bisa dibilang mobil kembar. Lantara desain facia yang telah berbeda.

Namun mereka tetap saudara dimana mengusung platforom yang sama. Seperti kita ketuahui, baik Avanza dan Xenia diproduksi di pabrik perakitan Daihatsu dan Veloz di pabrik Toyota.

Lanjut pada perbedaan desain facia ini. Perbedaan paling kentara antara Avanza dan Xenia baru 2021 terletak pada desain eksterior.

Avanza mengusung konsep modern mewah dengan grille strip chorme pada bagian atas yang menyambung antar lampu utama.

Sedangkan pada Xenia bagian list atas grillnya mengusung strip merah yang lebih mengesankan sporti. Di bawahnya ada grille kecil mengusung desain rumah tawon jadi mengesankan tampilan sporti.

Baca juga  Terkuak, Alasan Kuat Mengapa Banyak Orang Beli Toyota Avanza

Begitu juga dengan tampilan bawah grille Xenia, yang mengusung desain rumah tawon. Secara keseluruhan tidak ada aksen chrome sama sekali pada tampilan facia Xenia. Namu menariknya mobil ini tetap masih terlihat mewah namun beraura sporti.

Perbedaan lainnya Avanza memiliki list chrome pada jendela, sedangkan Xenia tidak ada.

2. Fitur Keselamatan Lebih Baik Avanza atau Xenia Baru 2021?

Avanza atau Xenia Baru 2021
Xenia punya A.S.A, sementara Avanza memiliki fitur TSS

Dalam hal keselamatan, baik All New Avanza dan Xenia sama-sama memiliki system peringatan keselamatan aktif. Kalau di Xenia, namanya A.S.A (Advances Safety Assist). Sementara di Avanza disebut Toyota Safety Sense (TSS).

Teknologi ini memanfaatkan sensor dari stereo camera untuk mendeteksi dan mengontrol mobil saat dalam keadaan berpotensi bahaya. Istimewa, karena kompetitor seperti Mitsubishi Xpander belum punya.

Hanya saja di sistem keselamatan lain, Xenia masih kalah dibanding Avanza. Sebut saja airbag yang jumlahnya cuma dua. Sementara Avanza memiliki enam titik airbag untuk varian tertinggi alias G CVT TSS. Kemudian mobil Toyota juga memiliki seat belt reminder 

Walau demikian, Xenia baru juga tidak kalah sepenuhnya. Varian tertingginya atau 1.5 R ASA sudah dilengkapi kamera 360. Fungsinya memudahkan melihat area sekeliling mobil sehingga tidak mudah bersenggolan dengan kendaraan lain.

Avanza belum punya fitur ini, Toyota cuma memberinya di Veloz yang banderolnya jauh lebih mahal. 

3. Head Unit Xenia Punya Fitur Apple CarPlay dan Android Auto

All New Xenia dilengkapi 360 Camera Display Agar lebih aman saat bermanuver mundur 1
Head unit sama-sama mengusung ukuran layar 9 inci

Nah menariknya, Xenia memiliki fitur lebih lengkap di dalam head unit. Meski sama-sama mengusung ukuran 9 inci, tapi pada Xenia sudah dilengkapi konektivitas smartphone Apple CarPlay dan Android Auto, sementara Avanza belum.

Baca juga  18 Komunitas Mobil Daihatsu Ngoprek Mesin Turbo Rocky

Walau demikian, bukan berarti Avanza tidak bisa terhubung dengan smartphone. Pemilik MPV Toyota ini tetap bisa melakukannya, lewat koneksi bluetooth.

4. Setir Avanza Sudah Telescopic, Xenia Belum

Avanza atau Xenia Baru 2021
Avanza, lingkar kemudinya bisa diatur naik turun dan maju mundur

Perbedaan lainnya, pada daihatsu Xenia terbaru 2021 dilengkapi pengaturan tilt steering. Sedangkan Toyota Avanza lebih lengkap yakni sudah tilt dan telescopic.

Artinya di Avanza, lingkar kemudinya bisa diatur naik turun dan maju mundur. Hal ini penting untuk menyesuaikan dengan posisi berkendara pengemudi.

5. Tema Warna Interior

Avanza atau Xenia Baru 2021
Nuansa kabin interior Daihatsu.

Di sektor interior, kedua mobil ini memiliki banyak perbedaan dari sisi warna. Namun secara desain dashboard terbilang mirip. Perbedaannya Daihatsu lebih memilki banyak aksen merah,

Selain itu misalnya pada dashboard Avanza baru 2021, di sana terdapat fitur seatbelt reminder. Sedangkan pada Xenia, fitur ini diisi oleh card holder.

Juga ada perbedaan warna pada tombol Start Stop. Meski posisinya sama, pada Xenia beberapa model teratas diisi oleh aksen dominan merah. Sementara pada Toyota baru pakai warna hitam.

Demikian ulasan terkait pilihan antara Avanza atau Xenia baru 2021. Kiranya ulasan ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memutuskan untuk membeli mobil baru.

Baca juga  Menerka Ubahan Toyota Kijang Innova Facelift Untuk Indonesia

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbarun seputar otomotif.

6. Xenia Punya varian ADS

Avanza atau Xenia Baru 2021
All New Xenia ADS 1.5 R CVT di bandrol Rp 242,7 juta on the road Jakarta.

Untuk All New Avanza varian tertinggi tidak memiliki bodi kit, namun pada All New Xenia ada versi ADS. Ini merupakan singkatan dari Astra Daihatsu Styling.

Perbedaannya unit Xenia ini sudah mengusung body kit. Lalu ada aksen warna merah untuk menunjang penampilan. Itulah yang membuat Xenia type ini terlihat lebih keren dibanding model lainnya.

Terkait harga All New Xenia 1.5 R CVT ADS dibanderol Rp 244,2 juta. Type ADS ini juga ada pada varian All New Xenia 1.3 R CVT ADS dengan harga Rp 229,8 juta.

7. Harga Xenia Lebih Murah Dibanding Avanza

All New Xenia Exterior Tampak Perspektif Belakang Varian 1.5R ADS 1

Dengan segenap kelebihannya fitur dan keragaman modelnya. Harga Daihatsu Xenia lebih murah di banding Toyota Avanza.

Sebagai perbandingan, model termurah All New Xenia ada pada type 1.3 M MT dibandrol dengan harga Rp 190,9 juta. Sedangkan varian termahalnya All New Xenia ADS 1.5 R CVT, harganya Rp 242,7 juta.

Sedangkan All New Avanza type termurahnya ada pada model E M/T yang dibandrol Rp 206,2 juta. Sementara type tetingginya Avanza 1.5 G CVT TSS harganya Rp 264,4 juta.

Demikian ulasan Avanza dan Xenia baru 2021. Jika mau paket hemat, tapi tampilan tetap keren, bisa pilih Daihatsu Xenia. Namun kalau mau fitur lebih banyak dan kantong lebih tebal, Toyota Avanza pilihan tepat. Bagaimana menurut kamu? Simak terus Moladin.com untuk update terbaru berita otomotif.

Terbaru