by

Platform BMW New Class, Satu untuk Semua Mobil!

Platform menjadi sebuah hal yang penting dalam melakukan pembuatan sebuah mobil. Oleh karena itu BMW menciptakan platform baru yang nantinya bisa diaplikasikan untuk semua modelnya, bernama platform BMW New Class. 

Hal ini tentu mengacu kepada biaya produksi mobil yang membengkak setiap kali penggunaan platform berbeda dari satu model dengan yang lainnya. Dalam pengembangan platform baru BMW ini, merupakan sebuah strategi baru yang akan dimainkan oleh BMW demi kepuasan konsumen.

BMW mulai kembangkan platform baru dengan mengusung fitur yang bisa diaplikasikan pada mesin bensin, mesin diesel, plug in hybrid, serta model listrik. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Hyundai melalui platform baru yang mereka gunakan.

Pabrikan asal Korea Selatan ini menggunakan Electric Global Modular Platform (E-GMP). Melalui platform baru ini, beberapa model yang merupakan afiliasi antara Hyundai dan Kia bisa menggunakan modul tersebut.

Adapun dua model yang kini menggunakan E-GMP adalah Ioniq 5 dan Kia EV6 yang tengah menjadi pembicaraan publik.

Menurut penjelasan Carbuzz, platform BMW New Class akan bisa digunakan untuk beberapa model. Selain itu, penggunaan platform baru akan memangkas biaya produksi serta rancang bangun terhadap mobil dalam menuju proses produksi akan lebih mudah dan lebih efisien.

Baca juga  BMW X7 Rakitan Indonesia Meluncur, Harga Lebih Murah!

Platform Baru BMW Lebih Unggul

Platform BMW New Class
BMW gunakan platform baru untuk model terbarunya

Platform BMW New Class, nantinya akan menggantikan dua platform yang saat ini menjadi andalan pabrikan asal Jerman tersebut. Hal itu termasuk platform kecil UKL yang digunakan untuk mobil-mobil kecil seperti MINI Clubman, BMW 2 Series, dan BMW X1.

Sementara platform satu lagi yang bakal digantikan adalah CLAR. Penggunaan platform ini sudah diadopsikan oleh pabrikan untuk beberapa mobil dengan dimensi besar seperti BWM Seri 5, Seri , X5 dan X7.

Jadi memang yang bisa dijangkau oleh Platform BMW New Class sangat banyak. Bukan cuma SUV, tapi juga MPV, dan sedan. Menarik bukan?

Penggunaan platform baru ini juga akan mengubah settingan sistem penggerak pada umumnya. Dengan mengadopsi New Class, nantinya mobil BMW akan menggunakan sistem penggerak roda belakang sebagai bagian defaultnya.

Sementara itu, dalam penggunaan platform New Class, salah satu keunggulan yang juga diusung oleh BMW adalah desain aerodinamis yang lebih baik lagi, ruang interior yang akan menjadi lebih luas, serta menyuguhkan baterai dengan kapasitas yang lebih besar lagi.

Baca juga  Modifikasi BMW X7 Lapis Baja, Tahan Granat dan Peluru

The Bavarian meyakini, platform BMW New Class bisa memberikan kenikmatan lebih baik lagi serta untuk sistem operasi mobil. Rasa berkendara juga semakin menyenangkan dan unggul.

Namun, hal tersebut tidak akan terjadi dalam waktu cepat, karena mereka harus mulai merelokasi beberapa hal penting untuk platform baru tersebut. Jadi, mari kita tunggu saja sama-sama kehadiran platform BMW New Class!

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru