Jumat, Juni 14, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Polri Gelar Operasi Lilin 2022, Arus Mudik Macet?

by Tigor Sihombing
Diskon tol mudik lebaran 2024

Hari pertama pelaksanaan Operasi Lilin 2022, dengan tujuan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) berjalan aman dan lancar. Hal ini disampaikan langsung oleh Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan di ruangan Command Center NTMC Polri, Jakarta Sabtu 24/12/2022.

“Untuk arus lalu lintas ke arah timur dari Jabodetabek ini ada peningkatan, namun sampai tadi pagi kita tidak melakukan rekayasa lalu lintas, baik di arteri Pantura, jalan nasional, jalur tengah kemudian di jalan tol ke arah Jawa, semua berjalan lancar,” ucap Brigjen Pol Aan.

Begitu pula di jalan tol baru, yakni tol Cisumdawu yang sudah dibuka 24 jam, Aan menyampaikan masih normal tidak ada pengalihan. Kemudian di tol Sayung Demak juga lancar, kemudian tol Bocimi sampai Cibadak juga masih lancar.

“Artinya kegiatan hari pertama Operasi Lilin masih berjalan normal dan lancar walaupun ada peningkatan,” tambah Aan.

Aan menjelaskan bahwa sampai tadi malam volume kendaraan dari Jabodetabek mengarah ke Jawa justru ada penurunan, karena puncaknya sudah terjadi pada sekitar pukul 17.00 wib, itu ada sekitar empat ribu lebih perjamnya dari pukul 16.00 s.d 17.00 wib. Kemudian dari arah Merak masih berjalan normal, tidak ada hambatan, di dermaga juga masih digunakan dermaga satu sampai tujuh di pelabuhan Merak, masih belum menggunakan dermaga alternatif di Ciwandan dan Indah Kiat.

Baca juga  Tarif Tol Bogor Ring Road 2023 Naik, Paling Murah Rp15 Ribu!

“Artinya arus lalu lintas yang menuju Sumatera, Merak ini masih normal. Kita masih tidak melakukan rekayasa lalu lintas walaupun ada peningkatan sekitar seribu kendaraan perjamnya untuk ke arah Merak, termasuk Bogor juga masih normal,” jelas Aan.

Fokus di Tempat Ibadah dan Jalan Sekitarnya

Operasi Lilin 2022

Aan juga mengatakan pengamanan akan fokus pada tempat-tempat ibadah dan jalur disekitar tempat ibadah.

Untuk hari kedua pelaksanaan Operasi Lilin 2022 yang akan berlangsung 25 Desember 2022. Korlantas Polri bersama stakeholder juga sudah melakukan persiapan rekayasa lalu lintas di Tol Cikampek mulai KM 47 sampai KM 61 akan dilakukan contraflow.

“Ini upaya yang kita siapkan pada hari ini,” jelas Aan.

Dia menambahkan bahwa Satgas Kamseltibcar Lantas Ops Lilin 2022 tetap fokus pada pengamanan arus lalu lintas, terutama di jalur wisata, seperti puncak maupun daerah wisata lainnya.

“Puncak juga pagi ini sudah diberlakukan contraflow mulai dari Ciawi mengarah ke Gadog karena ada peningkatan kendaraan, mudah-mudahan juga tidak kita lakukan rekayasa lalu lintas ke atasnya,” terang Aan.

Baca juga  Sistem Bayar Tol MLFF Siap Uji Coba, Rute Bali-Mandara

Kemudian untuk nanti malam, Aan juga mengatakan pengamanan akan fokus pada tempat-tempat ibadah dan jalur disekitar tempat ibadah.

“Mungkin nanti di beberapa wilayah akan melakukan rekayasa lalin untuk memperlancar arus lalu lintas di sekitar tempat-tempat peribadatan, itu nanti dinilai dari masing-masing kewilayahan untuk memberikan kenyamanan di tempat ibadah,” pungkas Aan.

Demikian ulasan persiapan Operasi Lilin 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita ototmotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika