Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mau Liburan? Ini 16 Titik Pos Pengamanan yang Siaga

by Deni Ferlindungan
16 titik pos pengamanan jelang libur Maulid Nabi Muhammad SAW

Guna mengantisipasi libur nasional yang berlangsung pekan ini, Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya menyediakan Pos Pengamanan (Pospam) di 16 titik untuk mengamankan lalu lintas.

Seperti diketahui pada akhir bulan Oktober 2020, tepatnya mulai tanggal 28 Oktober hingga 1 November. Terdapat libur nasional dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dengan adanya libur panjang tersebut, tentunya mendorong sebagian masyarakat untuk melakukan perjalanan. Baik mudik ke kampung halaman, ataupun hanya sekadar berlibur.

Hal ini tak lepas, karena pemerintah memberikan cuti bersama yang berlangsung pada pekan ini. Tentunya libur panjang ini banyak dimanfaatkan masyarakat yang ingin bepergian.

Pihak Kepolisian bahkan memprediksi bahwa puncak arus mudik ataupun libur Maulid Nabi Muhammad SAW akan berlangsung pada Selasa 27 Oktober 2020 pukul 12.00 WIB hingga Rabu tanggal 28 Oktober pukul 24.00 WIB.

Sementara untuk arus baliknya diperkirakan bakal berlangsung pada Sabtu 31 Oktober pukul 24.00 WIB hingga Senin (2/11) pukul 08.00 WIB. Untuk mengantisipasi tingginya arus lalu lintas yang bisa mengakibatkan kemacetan.

Baca juga  Wuling Siaga Mudik, Siapkan 67 Titik Layanan Servis

Korlantas Polri rencananya akan menerapkan beberapa pengaturan baik di ruas tol, rest area, maupun gerbang tol (GT). Selain itu, Dirlantas Polda Metro Jaya juga sedang menyiapkan pos pengamanan di 16 titik untuk mengamankan lalu lintas.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, “Dari 16 pos pengamanan yang disiagakan, tiga diantaranya kami tempatkan di kawasan wisata”.

“Pos pengamanan akan tersebar di beberapa titik, serta kawasan seperti jalur tol, arus balik jalur tol, jalan arteri, dan juga tempat wisata,” ujar Sambodo.

Daftar 16 Titik Pos Pengamanan Libur Maulid Nabi Muhammad SAW

16 titik pos pengamanan lalu lintas jelang libur Maulid Nabi Muhammad SAW

16 titik pos pengamanan lalu lintas jelang libur Maulid Nabi Muhammad SAW

Adapun 16 titik pos pengamanan libur Maulid Nabi Muhammad SAW meliputi 7 titik di jalur tol, 3 titik di arus balik jalur tol, 3 titik jalan arteri, dan 3 titik yang berada di tempat wisata.

Pos Pengamanan di Jalur Tol
  1. Cikunir KM 9
  2. Rest Area KM 19
  3. Cikarang Utama KM 29
  4. Rest Area KM 33
  5. Rest Area KM 39
  6. Rest Area Kunciran KM 13 (ke arah Merak)
  7. Exit tol Cibubur depan Buperta (arah Bogor)
Baca juga  Tips Berkendara Aman di Bulan Ramadhan
Pospam di Arus Balik Jalur Tol
  1. Cikunir 2 KM 10
  2. Rest Area KM 6
  3. Rest Area Karang Tengah KM 14
Pos Pengamanan Jalan Arteri
  1. Pangkalan Jati
  2. Bekasi Cyber Park
  3. Ganda Suka
Pospam Tempat Wisata
  1. Ragunan
  2. Ancol
  3. Taman Mini

Buat kalian yang ingin melakukan perjalanan di masa libur Maulid Nabi Muhammad SAW. Jangan lupa untuk selalu menerapkan keselamatan berkendara dan tetap selalu berhati-hati ketika mengemudi.

Persiapkan sepeda motor dan pastikan dalam kondisi yang prima ketika kalian gunakan. Sejalan dengan itu, bagi kalian yang menggunakan mobil pribadi juga wajib untuk melakukan kesiapan kendaraan dalam kondisi terbaik.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kalian yang ingin berlibur di pekan ini.

Baca juga:

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika