Menakar Potensi Suzuki eVX Konsep Bertransformasi Jadi Crossover Listrik di Indonesia

by Ivan
Potensi Suzuki eVX konsep bertransformasi cepat jadi crossover listrik

Kami meleset perihal rencana PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Suzuki Fronx di Indonesia. Padahal saat konfirmasi, kisi-kisinya jelas, bintang utama Suzuki ialah mobil konsep.

Suzuki membuktikan hal tersebut dengan menghadirkan Suzuki eVX konsep di panggung megah GIIAS 2024, tepatnya di Hall 8C ICE BSD, Tangerang, Banten.

Kehadiran Suzuki eVX di GIIAS 2024 tentu spesial lantaran tercatat menjadi debut perdana mobil ini di Asia Tenggara, menyusul Jepang dan India.

“Multi-pathway merupakan strategi Suzuki global dalam mengatasi permasalahan netralitas karbon saat ini, salah satunya melalui pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) yang sedang menjadi topik terhangat,” buka Minoru Amano, President Director PT SIS dalam sambutannya diperkenalan eVX.

Suzuki eVX disupport paket baterai 60kWh dengan jangkauan berkendara hingga 550 km
Suzuki eVX disupport paket baterai 60kWh dengan jangkauan berkendara hingga 550 km

Emotional Versatile Cruiser menjadi gambaran tegas bagi pengembangan eVX konsep. Dimensi yang kompak, oleh Suzuki Motor Corporation Jepang dirancang menjadi SUV futuristik dengan postur tegak dan tempat duduk tinggi yang menawan.

Menjadikan mobil ini sebuah moda untuk berpetualang nan ramah lingkungan. Suzuki eVX disupport paket baterai 60kWh yang menawarkan jangkauan berkendara hingga 550 km.

Baca juga  Kira-Kira, Apa Penyebab Tarikan Satria FU Berat? Ketahui Di sini!

Bahkan dengan proporsi panjang 4.300 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.600 mm, Suzuki eVX siap menjadi mobil listrik yang memadai dikendarai baik di medan on-road maupun off-road. Didukung pula sistem penggerak roda EV 4WD ALLGRIP terbaru.

Yang menariknya, interpretasi model produksi eVX juga paralel tengah dikembangkan. Hal ini terlihat dari spyshot prototipe eVX yang sepenuhnya disamarkan selama uji coba musim panas di Eropa Selatan pada awal Januari 2024 lalu.

Meski penyamarannya agak aneh karena dilapis selotip hitam tebal untuk menutupi seluruh bagian luarnya. SUV bergaya crossover dengan garis desain eVX yang tegas tetap terlihat jelas.

Suzuki eVX konsep di GIIAS 2024 jadi debut perdana di Asia Tenggara
Suzuki eVX konsep di GIIAS 2024 jadi debut perdana di Asia Tenggara

Bahkan uniknya, keseluruhan bagian dari model produksi tersebut meniru berbagai bagian model eVX konsep. Termasuk absennya tuas pintu belakang tradisional dan ada tambahan spoiler kecil di buritan.

Terkait kelahiran Concept Electric SUV eVX, Mr. Toshihiro Suzuki selaku Representative Director dan President, Suzuki Motor Corporation pada debut eVX di Januari 2023 lalu menyatakan optimismenya. “Saya senang memperkenalkan Concept eVX sebagai EV strategis global pertama kami. Kami berencana untuk memasarkannya pada tahun 2025,” katanya dikutip dari website resmi www.marutisuzuki.com

Baca juga  Spesifikasi Mazda CX-60 Limited Dengan Part AutoExe Dijual Rp 998 juta

Model ini adalah jawaban Suzuki Group untuk berperan aktif mengatasi pemanasan global. Suzuki eVX konsepn siap menghadirkan SUV gaya perkotaan yang dinamis melalui Bahasa desain yang tajam. Juga tentu bertenaga baterai untuk menjadi bagian dari komitmen elektrifikasi Suzuki secara global.

Jika benar Suzuki eVX versi produksi meluncur tahun 2025 atau paling cepat akhir tahun 2024. Proyeksi kami, mobil ini akan segera menyusul masuk ke Indonesia pada kuartal 3 tahun 2024, dan GIIAS 2025 bisa jadi panggung debut perdananya.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika