Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Prediksi 11 Mobil Terbaru Tahun 2021 di Indonesia

by Baghendra Lodra
mobil terbaru tahun 2021

Setelah 2020 banyak merek mobil yang menahan untuk meluncurkan produk anyar. Maka prediksi kami, bakal banyak peluncuran mobil terbaru tahun 2021. Berbagai pabrikan juga telah memberi bocoran.

Ambil contoh, Toyota dan Daihatsu sudah membeberkan bahwa mobil SUV kembar berdimensi ringkas pada 2021. Buat Toyota bakal bernama Raize. Sementara untuk Daihatsu bernama Rocky.

Pabrik Hyundai di Indonesia juga selesai pada tahun yang sama, serta diklaim langsung bisa meluncurkan mobil anyar. Informasi yang kami dapat, kemungkinan Hyundai Creta dan Staria bakal jadi salah satu produk pertama buatan Tanah Air.

Mobil terbaru tahun 2021 dari Nissan, bisa jadi adalah Leaf selaku kendaraan listrik dengan sumber tenaga baterai. Kemungkinan lain, Nissan juga siap melahirkan Terra facelift.

Mitsubishi juga diprediksi melahirkan Pajero Sport facelift pada 2021. Lalu Suzuki siap meluncurkan Karimun Wagon R generasi terbaru.

Info lain yang kami dapat, Honda pun bakal menghadirkan City Hatchback sebagai pengganti Jazz. Kemudian All New HR-V pun siap meluncur pada 2021.

Renault juga tidak mau ketinggalan dengan SUV bernama Kiger. Jika kamu ingin tahu secara detail prediksi 11 mobil terbaru tahun 2021, simak bahasan berikut:

1. Toyota Raize

mobil terbaru tahun 2021, Toyota Raize

SUV mungil ini merupakan kembaran Daihatsu Rocky

Bocoran kehadiran Toyota Raize di Indonesia sudah ramai diperbincangkan sejak awal tahun 2020. Hanya saja prosesi kelahirannya bakal terwujud pada 2021.

Hal menarik dari Raize adalah bentuknya mungil namun beraura SUV. Kemudian pakai mesin 1.000 cc turbo. Platform yang digunakan pun terbilang modern, bernama Toyota New Global Architecture (TNGA). Efekny dari TNGA, bobot total jadi lebih ringan dan mobil ini semakin menyenangkan diajak bermanuver.

Fitur-fitur Toyota Raize antara lain, sistem pencahayaan full LED, head unit layar sentuh, cruise control, dan lain-lain. Soal keselamtan, tidak perlu diragukan, lantaran berhasil mengantongi bintang 5 dalam uji keselamataan versi Jepang (JNCAP).

Bila Toyota Raize jadi mobil terbaru tahun 2021 di Indonesia, kemungkinan harganya berkisar di angka Rp 200 jutaan.

2. Daihatsu Rocky

spesifikasi daihatsu rocky

Dilihat dari spesifikasi Daihatsu Rocky di Jepang, untuk mesin bakal ada opsi turbo

Kepastian Daihatsu Rocky sebagai mobil terbaru tahun 2021 dibeberkan oleh Customer Service Directorate Daihatsu Motor Company, H. Ashitani. Menurutnya, mobil berplatform DNGA tersebut bakal meramaikan pasar otomotif Tanah Air dengan modal fitur-fitur modern.

Baca juga  Recall Fuel Pump Honda Kembali Bergulir, Ini Resikonya

“(Rocky) akan diperkenalkan di Indonesia pada 2021,” bebernya saat kata sambutan di acara Daihatsu National Technical Skill Contest 2020.

Kurang lebih fitur Daihatsu Rocky tidak berbeda jauh dari Toyota Raize. Maklum, keduanya merupakan mobil kembar. Posisinya ada di bawah Daihatsu Terios, lantaran punya dimensi lebih mungil dan cuma mampu menampung 5-orang di kabin.

Harga Rocky pun kemungkinan berkisar Rp 200 jutaan. Menarik?

3. Nissan Leaf

mobil terbaru tahun 2021 nissan leaf

Nissan Leaf menggunakan sumber tenaga baterai

Setelah sukses meluncurkan Kicks e-Power, agaknya Nissan tertarik untuk memboyong produk elektrifikasi lain ke Indonesia. Dari informasi yang kami terima, kemungkinan mobil terbaru 2021 dari Nissan adalah Leaf.

Mobil listrik ini bukanlah barang baru, karena pernah menyapa Indonesia pada 2019. Hanya saja pada saat itu, Leaf hadir bukan untuk dijual, melainkan dijajal oleh wartawan.

Akhirnya setelah dua tahun berselang, kemungkinan peluncuran Nissan Leaf di Tanah Air bakal terwujud. Hal tersebut terungkap setelah Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) mobil listrik itu bocor ke dunia maya.

Kemudian peluncuran Nissan Leaf juga sebenarnya dijadwalkan pada 2020. Hanya saja lantaran terkendala pandemi Virus Korona, maka harus bergeser ke 2021. Soal harga, bocoran untuk Nissan Leaf sekitar Rp 600 jutaan.

4. Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2021

Mitsubishi Pajero Sport facelift 2019

Tampang Pajero terbaru bakal menyerupai Mitsubishi Xpander

Mobil terbaru tahun 2021 dari Mitsubishi, tidak lain adalah Mitsubishi Pajero Sport. kenapa? Kendaraan SUV ini sebenarnya dijadwalkan meluncur 2020, namun tertunda gara-gara Virus Korona.

Oleh karena itulah, 2021 jadi waktu yang tepat untuk peluncuran Pajero Sport facelift. Ditambah lagi Toyota Fortuner facelift selaku kompetitor sudah meluncur lebih dulu di Indonesia.

Bila mengacu laman resmi Mitsubishi Thailand, Pajero Sport 2021 bakal memiliki wajah baru layaknya Mitsubishi Xpander. Kemudian fitur-fitur semakin canggih seperti penggunaan panel instrumen TFT, serta berbagai fitur keselamatan istimewa.

Soal harga Mitsubishi Pajero Sport facelift 2021, kemungkinan ada dikisaran Rp 500 – 600 jutaan untuk versi 4×2.

Baca juga  HR-V Rajai Penjualan SUV Honda di Bulan Mei 2023

5. Nissan Terra Facelift 2021

Nissan Terra model 2021

Nissan Terra model 2021 terlihat lebih gagah

Bicara SUV bongsor, Nisan Terra juga kemungkinan bakal menjadi mobil terbaru tahun 2021 di Indonesia. Hal ini lantaran NJKB sudah terdaftar di laman Samsat DKI.

Jika melihat di luar negeri, Nissan Terra Facelift 2021 bakal bertampang lebih modern. Mesin turbo diesel 2.5 liter tidak berubah, lantaran memang sudah superior.

Fitur-fitur barunya antara lain panel instrumen TFT, serta berbagai teknologi keselamatan terbaru.

6. Honda City Hatchback

honda city hatchback rs

City Hatchback pakai mesin 1.0 liter turbo

Ini merupakan mobil terbaru tahun 2021 yang paling ditunggu-tunggu oleh anak muda. Bagaimana tidak? Honda City Hatchback siap hadir sebagai pengganti Jazz di Tanah Air.

Apalagi perubahannya sungguh menyeluruh, bukan cuma nama tapi juga teknologi mesin. Bila merujuk Thailand, maka City hatchback 2021 bakal menggunakan mesin 1.0 liter turbo. Kemudian desainnya lebih sportif dengan atap rendah dan bodi lebih memanjang.

Bicara fitur, Honda City Hatchback 2021 lebih istimewa dari Jazz. Rival Toyota Yaris ini sudah pakai sistem pencahayaan full LED, head unit layar sentuh ukuran 8 inci yang terintegrasi Apple CarPlay, serta 8 unit speaker, cruise control, dan lain-lain untuk varian tertinggi.

Prediksi harga City Hatchback kemungkinan ada di angka Rp 300 jutaan.

7. Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R 7-seater

Karimun Wagon R 7-Seater saat hadir di IIMS 2013

Mobil LCGC yang tidak kunjung mendapat penyegaran adalah Suzuki Karimun Wagon R. Padahal kompetitor seperti Toyota Agya, Daihtasu Ayla, dan Honda Brio sudah keluar model barunya.

Oleh karena itulah, tidak salah bila Karimun Wagon R generasi anyar kami masukkan sebagai mobil terbaru tahun 2021 di Indonesia. Dilihat dari umur, mobil LCGC tersebut juga sudah cocok ada model baru. Pasalnya sejak 2013 belum ada revisi lagi.

Tentunya dari sisi teknologi harus ada penyegaran agar menyesuaikan zaman. Seperti apa revisinya? Ada berbagai prediksi, mulai dari penggunaan mesin 1.200 cc hingga dimensinya diperpanjang hingga muat 7-seater. Mari kita tunggu saja kehadirannya sama-sama.

8. Honda HR-V

honda hr-v 2021

Desain Honda HR-V 2021 lebih gagah dan siap pakai mesin 1.0 turbo

Di Jepang sudah ramai pemberitaan soal mobil terbaru tahun 2021 adalah All New Honda HR-V. Kehadirannya disebut-sebut membawa banyak penyegaran. Bukan cuma tampilan baru, tapi juga jantung mekanis ikut berubah.

Baca juga  Nandi Julyanto Pemimpin Baru Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Kalau melihat tampilan hasil olah digital yang disebarkan oleh laman Creative Trend, maka HR-V jadi semakin gagah. Grille depan dibuat besar, kemudian dimensi juga membongsor.

Lalu soal mesin, kemungkinannya yaitu 1.000 cc turbo layaknya City Hatchback. Menarik bukan? Mari kita tunggu saja sama-sama peluncuran SUV 5-penumpang tersebut.

9. Hyundai Staria

mobil terbaru tahun 2021

Kehadiran Hyundai Staria bakal menjadi penantang Avanza dan Xenia di Indonesia

Nama Hyundai Staria memang belum nyaring terdengar. Wajar, karena ini merupakan mobil yang benar-benar baru dan digadang siap diproduksi di Indonesia.

Bocoran ini dikabarkan oleh media Filipina, Autoindustriya. Mereka membeberkan kalau Hyundai telah mengajukan paten nama merek Staria pada di sana. Anehnya, Staria diklaim bakal diimpor dari pabrik Indonesia.

Kabar lain menyebutkan bahwa Staria berjenis MPV dan berada di kelas yang sama dengan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

10. Hyundai Creta Buatan Lokal

Hyundai Creta

SUV ringkas Hyundai Creta siap diproduksi di Indonesia

Kehadiran Hyundai Creta sebagai mobil terbaru tahun 2021 di Indonesia terendus setelah gambar uji jalannya tersebar pada 2020. Artinya, kendaraan tersebut tidak lama lagi bakal dijual.

Bila masuk Tanah Air, maka kemungkinan besar produksi dalam negeri. Pasalnya pabrik Hyundai di Indonesia memang berfokus memproduksi MPV dan SUV untuk awal.

Creta sendiri adalah SUV ringkas dengan pilihan mesin diesel 1.4 liter dan bensin 1.5 liter. Hadir pertama kali di India. Kalau dipasarkan di Indonesia, maka bakal jadi saingan dari Kia Seltos, Honda HR-V, dan lain-lain.

11. Renault Kiger

mobil terbaru tahun 2021 renault kiger

Kehadiran Renault Kiger bakal semakin memanaskan pasar SUV murah Indonesia

Mobil ini memang masih belum ada wujud resminya. Renault Kiger sesungguhnya adalah kendaraan yang berbagi basis dengan Nissan Magnite. Di negara asalnya yaitu India, Kiger kemungkinan meluncur awal 2021.

Setelah itu, biasanya Indonesia bakal kebagian unit. Renault Kiger menarik lantaran digadang-gadang bakal menggunakan mesin 1.0 liter turbo. kemudian harganya pun terjangkau, dikisaran Rp 200 jutaan.

Usai sudah bahasan soal 11 prediksi mobil terbaru tahun 2021 versi Moladin. Mari kita tunggu saja sama-sama kedatangan berbagai kendaraan tersebut. Satu yang perlu ditekankan, tulisan ini hanya prediksi. Bisa jadi akan ada perubahan spesifikasi, harga, dan lain-lain saat peluncuran resminya nanti!

Tunggu kehadiran aneka Mobil Baru & Kredit Mobil Dengan DP Ringan hanya Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika