by

Mau Press Velg Motor? Ini Rincian Biayanya

Press Velg MotorMotor keluaran terbaru umumnya kini sudah dilengkapi dengan velg palang, alias racing. Meski sebagian masih ada yang menggunakan model velg jeruji atau jari-jari.

Penggunaan velg motor model racing tentunya lebih enak dipandang, dan juga memiliki beragam keuntungan. Seperti lebih mudah dibersihkan, ketika kamu cuci dan juga bisa langsung menggunakan ban tubeless.

Berbeda dengan velg motor versi jeruji, velg racing tak perlu setel velg. Biasanya usia pakai velg racing pun lebih panjang. Khusus untuk velg racing, perawatannya wajib di press. Agar motor dapat berfungsi secara prima kembali.

Sebagai catatan penting untuk kamu, bahwa ketika memutuskan untuk press velg motor. Ternyata tidak boleh dilakukan asal-asalan, dan ternyata ada caranya. Seperti apa prosesnya? Simak ulasan berikut ini.

Proses Press Velg Motor

Press velg Motor
Proses press velg

Ketika kamu memutuskan ingin press velg, pastikan kamu perlu mengetahui cara dan prosedur yang tepat dalam pengerjaan press velg. Karena jika salah sedikit bukan mulus, velg motor malah pecah dan berakibat kamu jadi harus ganti velg baru.

Pengerjaan press velg motor, sebaiknya tidak menggunakan metode yang dipanaskan terlebih dahulu, sebelum velg motor di press. Pasalnya seiring penggunaan, lama kelamaan pasti akan peyang kembali dan ketika di press velg motor bisa pecah.

Selain itu, tekanan untuk press velg motor sebaiknya tidak dilakukan secara sembarang. Soalnya bahan velg motor dengan sokbreker atau segitiga berbeda, terlalu besar tekanannya bisa berakibat pecah.

Berbeda dengan segitiga atau sokbreker, jika terlalu besar tekanannya kondisi sok atau segitiga bisa dikembalikan seperti semula.

Terlebih untuk velg motor aftermarket, yang biasa digunakan untuk modifikasi. Nyatanya lebih rawan pecah, ketika di press. Untuk itu sebaiknya ketika pengerjaan harus dilakukan secara hati-hati.

Baca juga  Kunci Motor Hilang? Simak 6 Hal yang Harus Dilakukan

Kalau sampai pecah, mau tidak mau harus beli velg baru yang harganya cukup menguras kantong. Jadi, melakukan press velg juga bisa memperburuk keadaan jika tidak dilakukan dengan cara yang benar.

Untuk itu, kamu wajib teliti ketika memilih bengkel press yang benar-benar sesuai kebutuhan.

Ketahui Bahaya Press Velg Motor Model Racing

Contoh velg racing
Velg racing aftermarket

Dibalik keunggulan yang dimiliki velg motor racing, ternyata ada sejumlah kelemahan juga yang dimiliki velg model ini, yakni tidak bisa lagi digunakan ketika sudah peyang.

Khusus untuk velg model palang, sebaiknya tidak di press ulang. Demi keselamatan, velg model ini jika sudah peyang segeralah lakukan pergantian.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena velg peyang tidak boleh di press ulang. Pasalnya, ini menyangkut ketahanan mikrostruktur material dari bahan velg tersebut.

Velg yang peyang biasanya timbul karena benturan dengan lubang jalan, saat kecepatan tinggi. Saat benturan, velg terkena tekanan yang melebihi kekuatannya, sehingga peyang.

Apabila kamu press, artinya pelek dua kali mendapat tekanan yang melebihi kekuatannya. Sehingga, molekul bahan tak lagi sekuat semula.

Dampak lainnya, kepresisian velg yang sudah di press ulang, juga belum tentu sama dengan standarnya. Efeknya, selain handling, velg juga bisa pecah jika sewaktu-waktu terhantam lubang.

Biaya yang Dikeluarkan Untuk Press Velg Motor dan Rangka

Press Velg Motor Matik
Velg racing

Bila kamu memutuskan untuk press velg motor, sejatinya saat ini banyak pilihan yang kamu bisa dapatkan. Karena saat ini bengkel jasa press velg cukup menjamur di sejumlah wilayah, khususnya Jakarta dan sekitarnya.

Biaya jasa press velg motor, ternyata juga tak terlalu mahal. Untuk velg motor matik ukuran ring 14 biasanya dibanderol mulai dari Rp 80 ribu. Sementara untuk pengerjaan press diluar velg yang pengerjaannya berat seperti press rangka motor dihargai mulai Rp 350 ribu.

Baca juga  Cara Membuat SIM Internasional Terbaru, Cepat dan Murah!

Biaya press terbilang terjangkau karena sudah termasuk dengan jasa bongkar pasang. Sebagai contoh untuk biaya press segitiga depan, pengerjaan meliputi segitiga atas bawah, sokbreker depan dan ongkos jasa bongkar pasang.

Daftar Harga Jasa Press Pada Umumnya:

Press Velg (Satuan)

  • Motor Matik dan Bebek: Rp 80 hingga Rp 85 ribu.
  • Yamaha NMAX dan Honda PCX: Rp 100 ribu.
  • Motor Sport Ring 17 tapak sedang: Rp 85 ribu.
  • Motor Sport R17 tapak lebar (250 cc): Rp 100 ribu.
  • Velg jari-jari (semua ukuran): Rp 50 ribu (sudah dengan setel velg)

Press Rangka

Motor Matic Kecil dan Bebek: Rp 350 ribu

– Motor Matik Besar dan Motor Sport: Rp 500 ribu.

Press Segitiga (termasuk sokbreker depan dan bongkar pasang)

  1. Motor Matic: Rp 80 hingga Rp 85 ribu.
  2. Sport: Rp 150 ribu.
  3. Swing Arm (semua jenis motor): Rp 70 ribuan.
  4. Cakram: Rp 30 ribuan (kecil), Rp 40 ribuan (besar)

Cara Merawat Velg 

Velg Racing Motor
Pilihan velg aftermarket yang mungkin bisa kamu gunakan

Setelah kamu pastikan velg sudah kembali dalam kondisi sempurna. Langkah lainnya yang perlu lakukan tentunya harus merawat dengan baik, agar kedepannya kamu tak perlu mengeluarkan dana lebih untuk press ataupun pergantian.

Setidaknya ada sejumlah tips yang mungkin saja kamu bisa lakukan, untuk menghasilkan velg tetap awet dan bagus, seperti dengan menjaga kebersihan velg motor tetap dalam kondisi baik.

Perawatan Ban Mempengaruhi

tanda ban motor harus diganti 005
Ban yang terawat juga mempengaruhi usia velg

Kamu perlu untuk rajin mengontrol jumlah tekanan udara pada ban, jangan sampai terlalu keras dan juga kempes. Karena jika terlalu keras, ketika kamu menghadapi lubang, daya redamnya sangat bertumpu kepada velg.

Sementara jika dalam kondisi kempes, dan kamu terkena lubang, dapat berakibat motor ban bisa pecah ataupun bocor. Bila kamu menghantam lubang dalam kondisi kencang, dampaknya bisa mengakibatkan velg jadi peyang.

Baca juga  Cara Mengecat Helm Motor Mudah, di Rumah Saja Bisa!

Cara merawat ban lainnya, kamu juga wajib perhatikan tepat kamu menambal atau mengganti ban. Sebaiknya untuk urusan satu ini, kamu bisa lakukan di tempat yang menggunakan alat yang tepat, agar tidak menggores cat velg.

Berkendaralah yang Santun

press velg motor
Cara berkendara kamu mempengaruhi usia velg

Nah, yang tak kalah penting dalam menjaga kondisi velg tetap dalam kondisi prima adalah saat kamu berkendara, selalu fokus dan konsentrasi. Sebisa mungkin menghindari jalan yang berlubang, terlebih ketika kamu menggunakan motor dan melaju dengan cepat.

Selain berisiko untuk keselamatan, benturan yang terjadi karena menginjak jalan berlubang. Dapat mengakibatkan velg bisa bengkok dan akhirnya rusak. Untuk itu setidaknya kamu harus lebih berhati-hati, terlebih ketika menghadapi hujan.

Lihat kondisi velg kamu, jika kondisinya sudah mulai kusam. Mungkin saja kamu bisa melakukan pengecatan ulang, atau bisa poles sendiri di rumah dengan alat dan bahan seadanya.

Selain itu, cara merawat velg lainnya mungkin kamu bisa gunakan velg dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran ban yang digunakan.

Ban dengan ukuran lebih besar dari velg bisa mengurangi putaran roda. Selain itu, kamu juga menjaga tekanan udara pada ban motor tetap dalam kondisi baik.

Pesan kami, tetap berkendara aman dan juga lakukan perawatan seperti rajin membersihkan motor. Agar kendaraan tetap dalam kondisi sempurna, yang tentunya akan membuat kamu nyaman ketika berkendara.

Jangan lupa selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas, dan gunakan peralatan lengkap ketika kamu berkendara. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat kamu!

Baca juga:

 

Terbaru