oleh

7 Rekomendasi Ban Mobil MT Terbaik, Banyak yang Murah!

Berikut Moladin sampaikan rekomendasi ban mobil MT yang tersedia di pasaran. Sebelum mengetahui lebih banyak mengenai merek ban MT, tidak ada salahnya kita ketahui dahulu fungsi dan karakternya.

Hal ini supaya kamu tidak salah dalam memilih ban. Karena jika salah memilih tipe ban akan merugikan kamu. Sudah beli ban terlanjur mahal, eh mobil masih belum nyaman dikendarai.

Ban MT atau Mud Terrain sendiri merupakan ban yang diperuntukan medan off road. Tipe ban mobil jenis ini telapak atau alurnya didesain untuk memecah genangan air dan lumpur, selain itu celah yang longgar ini juga berfungsi untuk membantu cengkeraman ban saat melewati jalan bebatuan dengan karakter ‘menggaruk’.

Salah satu karakter ban MT adalah memiliki tingkat kebisingan yang relatif tinggi saat melaju di jalan aspal. Selain itu, ban tersebut tidak cocok untuk digunakan pada kecepatan tinggi, karena daya cengkramnya pasti berkurang untuk jalan aspal.

Berikut ini rekomendasi ban MT yang tersedia di pasaran.

1. Accelera Badak X-Treme

Rekomendasi Ban Mobil MT
Ban Accelera Badak

Rekomendasi ban mobil MT yang pertama adalah Accelera Badak X-Treme. Ban besutan PT Elangperdana Tyre Industry (EP Tyre) ini hadir pertama kali pada tahun 2019 dan langsung mendapatkan sambutan positif.

Terbukti ban ini digunakan langusung dalam ajang kegiatan scrutineering jelang IOX Andalas 2019. Accelera Badak X-Treme dijual dalam berbagai ukuran untuk kebutuhan off road, yakni ring 15 inci, ring 16 inci dan ring 17.

Soal harga, ring 15 dilepas seharga Rp 2,4 jutaan. Kemudian ring 16 Rp 2,9 jutaan dan ring 17 Rp 4 jutaan.

Baca juga  Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mengatasinya

2. Accelera MT-01

Rekomendasi Ban Mobil MT
Accelera MT-01

Rekomendasi ban mobil MT berikutnya ada Accelera MT-01. Ban type ini memiliki karakter kembang yang lebih halus dibanding versi Badak X-Treme.

Accelera MT-01 memiliki kelebihan blok tapak lebar yang diklaim mampu meningkatkan traksi off-road, tapak punuh terbuka menawarkan traksi unggul pada permukaan off-road dan slot blok untuk mengalirkan air dengan cepat, serta membuang batu yang terperangkap, lumpur dan benda asing lainnya.

Desain tapak yang dalam memungkinkan pegangan yang kuat pada permukaan tanah dan mempertahankan cengkeraman pada permukaan yang longgar berbatu.

Accelera MT-01 tersedia dalam ukuran ring 15 sampai ring 22. Range harga mulai Rp 1,1 sampai Rp 2,2 jutaan.

3. Forceum MT-08+

Rekomendasi Ban Mobil MT
Ban Forceum MT

Rekomendasi ban mobil MT lainnya adalah Forceum MT-08+. Ban ini sekilas mirip dengan MT-08 generasi sebelumnya, tetapi dibuat dengan sentuhan modern.

Forceum MT-08+ memiliki blok besar dengan lekuk yang dalam, tapak terbuka dengan pijakan alur bahu dan ‘tulang rusuk’ tengah yang bersambung, semuanya untuk memaksimalkan efisiensi di medan off-road.

Ukuran yang tersedia yaitu ring 14, 16, 17 dan 20. Range harga mulai Rp 1,3 sampai Rp 2,3 juta.

4. GT Radial Savero Komodo M/T Plus

rekomendasi ban mobil mt
Ban Komodo dari GT Radial

Berikutnya dari pabrikan PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban merek GT Radial yakni GT Radial Savero Komodo M/T Plus.

Ban ini merupakan penyempurnaan dari Savero M/T dimana keunggulannya terletak pada desain telapak ban yang berbeda dari Savero Komodo M/T.

Baca juga  5 Tips Ganti Ban Mobil, Boleh Cuma Satu?

Savero Komodo M/T Plus memiliki traksi yang lebih mumpuni serta kekuatan cornering yang lebih stabil. Di samping itu, ban ini juga lebih nyaman digunakan pada jalan beraspal karena susunan blok pada ban sudah disempurnakan, dan noise lebih rendah dari tipe sebelumnya. 

Ban ini tersedia dalam 11 ukuran untuk pelek ring 14, 15, 16, 17 dan 20. Harganya berkisar Rp 850 ribu sampai Rp 2,8 juta.

5. Achilles Desert Hawk XMT

rekomendasi ban MT terbaik
Achiles Desert Hawk

Rekomendasi ban mobil MT selanjutnya datang dari pabrikan PT Multistrada Arah Sarana Tbk  selaku pemegang brand Achiles.

Merek ban ini menyediakan varian mud tarrain Desert Hawk XMT. Desain alurnnya agresif dengan 3 Steps Blockdan desain dinding ban X-protection Sidewall.

XMT sendiri berarti Extreme Mud Terrain, yang berarti ban jenis ini direkomendasikan untuk mobil dengan kegiatan off road ekstrim.

“Tidak ada bedanya dengan versi MT lainnya, cuma XMT didesain agar mobil bisa melewati medan lumpur yang lebih berat seperti area tambang atau perkebunan,” kata Ahmdad Sobirin pedaganga ban dan velg di bilangan Matraman Jakarta Timur.

Soal harga, ban mobil MT Desert Hawk XMT lumayan terjangkau. Untuk ukuran terkecilnya dibanderol mulai kisaran Rp 1,2 jutaan.

6. Delium Xtreme Xpedition

Delium Xtreme Xpedition
Ilustrasi ban Delium MT

Berikutnya ada Delium Xtreme Xpedition, keluaran dari PT Industri Karet Deli. XTreme Xpedition merupakan ban offroad andalan yang tampil gagah dan hadir dengan desain modern, serta bersertifikasi SNI dan DOT.

Baca juga  GT Radial Champiro Ecotec, Ban Ramah Lingkungan

Menurut laman resmi mereka, ban ini dibuat dengan melibatkan  komunitas Xtrim Indonesia. Juga telah diuji oleh offroader berpengalaman di medan off-road ekstrim.

Beberapa keunggulan ban lokal ini diantaranya desain alur (channel) di tengah tapak untuk pembuangan lumpur serta kombinasi channel dan groove yang memungkinkan tapak mengikuti (enveloping) bentuk medan yang dilalui sehingga memaksimalkan traksi.

Selain itu, pola uni wrap around designnya membantu daya cengkeram ban ketika di medan offroad dan pola tapak didesain zigzag untuk melawan daya lateral samping (lateral side) ketika melewati medan miring.

Delium XTreme Xpedition saat ini baru tersedia dalam ukuran 35×10.5-15LT 6PR/TL dengan harga retail Rp 2,9 – Rp 4.5 jutaan.

7. Hankook Dynapro

Rekomendasi Ban Mobil MT
Ban MT Terbaik, salah satunya Hankook Dynapro

Rekomendasi ban mobil MT terakhir dari kami adalah Dynapro MT, keluaran hankook. Ban ini menjanjikan traksi multi-arah yang luar biasa dan kemampuan cengkraman, akselerasi dan anti-tusukan yang sangat baik.

Struktur ban Dynapro MT diperkuat oleh sabuk dari bahan nilon, yang 
meningkatkan stabilitas dan daya tahan sistem kemudi.

Selain itu sebuah blok pelindung dari pola tapak hingga bagian tengah dinding ban memiliki penampilan kasar yang mencolok dan melindungi ban dari goncagan oleh benda yang menonjol.

Juga meningkatkan traksi pada lumpur dan melindung dari kerusakan akibat jalan berlubang. Hankook Dynapro MT dibanderol mulai Rp 1,3 jutaan untuk ring terkecil ukran 15 inci.

Demikian ulasan terkait rekomendasi ban mobil MT. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru