oleh

5 Rekomendasi Ban Mobil Musim Hujan

Ulasan tentang rekomendasi ban mobil musim hujan di bawah ini penting untuk ketahui. Terutama jika kamu saat ini sedang berniat mengganti ban mobil.

Di masa hujan seperti sekarang, pemilihan ban yang andal digunakan pada medan jalan yang basah penting untuk dipilih. Karena hal itu sangat mempengaruhi kenyamanan dan kemanan berkendara.

Ari Suteja, penjual ban mobil di bilangan Otista Jakarta Timur mengatakan setidaknya ada dua faktor yang memengaruhi performa ban di jalan basah, yakni compound dan pattern ban.

“Kalau untuk pattern sebaiknya pilih ban yang memiliki desain asimetris, karena umumnya ban jenis ini adalah menggabungkan dari fungsi ban jalan kering dan ban basah,” kata Ari.

Selain itu adapun ciri ban yang biasanya bisa digunakan pada musim hujan adalah memiliki alur tapak ban yang lebih banyak. Karena fungsinya supaya bisa memecah genangan air, sehingga area contact patch tapak ban di permukaan jalan tetap terjaga.

Sedangkan di sisi luar, umunya dibuat dengan alur yang lebih sedikit. Karena biasanya semakin sedikit alur tapak ban semakin luas juga area cengkeraman tapak ban di permukaan jalan. Dengan begitu akan seimbang.

Lalu ban apa yang sebaiknya dipilih? Berikut kami beberkan 5 rekomendasi ban mobil di musim hujan, yuk simak langsung ulasan lengkap di bawah ini:

1. Bridgestone Turanza

Bridgestone Turanza
Bridgestone Turanza memiliki desain celah alur yang lebar sehingga efisien memecah genangan air serta mencegah aquaplaning ketika musim hujan.

Sebagai salah satu pabrikan ban tertua di dunia, Bridgestone juga memiliki ban basah yang teknologinya terus dikembangkan. Seperti produk Bridgestone Turanza, dimana type ban dua musim ini sudah tersedia dalam banyak ukuran.

Baca juga  7 Rekomendasi Ban Mobil SUV Ring 17, Pilihan Terbaik!

Adapun jenisnya tentu saja peruntukan kendaraan-kendaraan yang eksis di Indonesia sepertri Low MPV, city car, hatchback, atau pun sedan.

Melansir laman resmi Bridgestone Indonesia, Bridgestone Turanza memiliki desain celah alur yang lebar sehingga sangat efisien untuk memecah genangan air serta mencegah terjadinya aquaplaning ketika musim hujan.

Sementara pada musim panas, kandungan silika dan bentuk blok segitiga pada alurnya mampu menjaga kestabilan dan traksi ban tidak mudah selip. Selain itu ban ini juga memiliki teknologi flat contact patch (FCP), dimana deformasi atau keausan ban bisa dengan mudah direduksi sehingga meningkatkan usia pemakaian ban.

Harga ban Bridgestone Turanza dibandrol mulai Rp 900 ribuan per satu ban untuk ukuran ring 15. Sementara untuk ukuran ring 17 Rp 1,1 jutaan.

2. GT Radial Champiro Luxe

ban mobil musim hujan - gt radial champiro luxe
GT Radial Champiro Luxe memiliki berbagai teknologi yang membuat nyaman berkendara di musim hujan

Rekomendasi ban mobil musim hujan selanjutnya adalah GT Radial Champiro Luxe. Spesifikasinya lengkap untuk dipakai melaju di jalan basah.

Sebut saja pola tapak asimetris agar traksi mantap di jalan basah dan kering. Ada pula 3D edge serta step down block patttern yng bisa mengurangi hydroplaning. Tidak ketinggalan 4 alur dengan water evacuation technology (W.E.T). Istimewa bukan?

Hanya saja kekurangan Ban GT Radial Champiro Luxe cuma memiliki satu ukuran. Spesifikasinya 205/65 R16. Bicara harga, dijual Rp 680 ribuan per satu ban. Ini juga menjadi ban OEM untuk Toyota Kijang Innova.

3. Bridgestone Potenza 

rekomendasi ban mobil musim hujan
Produk ban premium dari Bridgestone ini dibandrol mulai harga Rp 1,25 –  4,5 juta.

Rekomendasi ban mobil musim hujan berikutnya adalalah Bridgestone Potenza. Kali ini yang dijagokan adalah dari pabrikan ban asal Jepang tersebut dari type S007A.

Baca juga  Ban Mobil AT vs MT, Mana yang Lebih Baik?

Bridgestone Potenza S007A memiliki pattern tapak yang didesain agar mobil lebih mudah dikontrol saat menikung baik pada kondisi jalan basah dan kering.

Selain itu menrutu laman resmi Bridgestone Indonesia, ban ini mengandung Kevlar Flipper dan Hyibrid Spiral untuk memperkuat interior ban dan mencegah gerakan berlebihan. Ini meningkatkan sensitivitas dan cengkeraman ban, terutama saat mengemudi kecepatan tinggi.

Selain itu adanya teknologi Optimised Structure dengan kombinasi Multi Round Block dan Optimized Crown Shape memastikan tekanan kontak yang lebih tinggi untuk cengkeraman yang lebih baik selama pengereman di jalan basah.

Teknologi ini juga berfungsi untuk memperpanjang umur ban. Bridgestone Potenza S007A sendiri didesain untuk mobil sport, coupe, dan sedan sport.

Produk ban premium ini dibanderol mulai harga Rp 1,25 –  4,5 juta. Terkait ukurannya, Bridgestone Potenza S007A hadir dalam ukuran besar yakni ring 17, 18, hingga 19 ke atas.

4. Dunlop Veuro VE302

rekomendasi ban mobil musim hujan
Dipasaran ban ini tersedia dari ukuran ring 16,17 dan 18. Dengan harga berkisar Rp 900 – 1,5 jutaan.

Rekomendasi ban mobil musim hujan berikutnya datang dari pabrikan Dunlop melalui produknya Veuro VE302.

Mengutip laman resmi Dunlop Indonesia, ban ini diciptakan untuk memberikan tingkat kenyamanan yang prima pada kendaraan mewah.

Dengan teknologi digital Rolling Simulation III yang merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya dimana simulasi dengan ban dilakukan lebih teliti.

Selain itu perubahan tekanan angin pada pergerakan bagian ban dapat di amati lebih akurat.

Veuro VE302 diklaim memiliki kelebihan tingkat kebisingan rendah, stabilitas optimal di jalan basah maupun pada kecepatan tinggi, dan desain pola telapak dan dinding samping yang elegan.

Baca juga  5 Tips Ganti Ban Mobil, Boleh Cuma Satu?

Dipasaran ban ini tersedia dari ukuran ring 16, 17 dan 18. Dengan harga berkisar Rp 900 ribu – 1,5 jutaan untuk satu ban.

5. Michelin Pilot Sport 4

rekomendasi ban mobil musim hujan
Ban ini juga didesain seperti ban yang digunakan pada kendaraan Formula E.

Rekomendasi ban mobil musim hujan berikutnya adalah Michelin Pilot Sport 4. Ini merupakan type ban premium Michelin yang didesain khusus dengan kondisi jalan di Indonesia.

Ban Michelin Pilot Sport 4 dibandrol pada kisaran harga Rp 1,2 – 1,6 jutaan. ban mobil ini tersedia dari berbagai ukuran yakni ring 16,17, hingga 18.

Dengan ban ini berbagai keunggulan ditawarkan, mulai dari mampu mencengkram aspal dengan baik saat aspal kering dan basah, hingga tahan lama penggunaannya.

Secara desain Michelin Pilot Sport 4 memiliki desain elegan, dengan daya cengkeram terhadap permukaan jalan  diklaim kuat membuat jarak pengereman di jalan basah lebih pendek 6,6 meter dibandingkan dengan merk lain.

Menariknya, ban ini juga didesain seperti ban yang digunakan pada Formula E, namun ini tidak bisa dipakai di sirkuit karena memang untuk kendaraan sehari-hari. Tapi menggunakan teknologi Formula E.

Adapun teknologinya mengandung serat aramid dan nilon, sehingga mampu menjaga kontrol kemudi lebih optimal ke permukaan jalan.

Selain itu desain pola tapak ultra reaktif yang diadaptasi dari desain pola tapak ban yang digunakan di kejuaraan balap.

Demikian ulasan terkait rekomendasi ban mobil musim hujan. Simak terus Moladin.com untuk update berita otomotif terbaru.

Terbaru