by

5 Rekomendasi Ban Scoopy Ring 12 Terbaik 2021

Bila kamu mau mengganti ban Scoopy ring 12, pilihnnya memang tidak sebanyak ring 14. Walau demikian bukan berarti tidak ada.

Sebagai salah satu motor terlaris di Indonesia, Honda Scoopy tentu begitu menarik buat pasar aftermarket. Semenjak motor matik ini berganti dari pelek ring 14 inci ke ring 12 inci pada 2017, semakin banyak jenama karet bundar yang mulai memasarkan ban kecil nan tebal yang mirip donat tersebut.

Di pasaran otomotif Indonesia, pilihannya cukup beragam. Rekomendasi ban Scoopy Ring 12 terbaik seperti Pirelli Angel Scooter dan Michelin City Grip. Kemudian untuk merek lokal tersedia Zeneos Milano, FDR City Go, hinga Aspira Premio Sportivo.

Terkait harga ban Scoopy ring 12 versi aftermarket juga beragam. Banderolnya mulai dari Rp 450 ribu – Rp 1 juta sepasang. Sesuaikanlah pilihan dengan bujet serta kebutuhan kamu.

Hanya saja sebelum melakukan penggantian karet bundar, ada baiknya kamu tahu dulu ukuran ban Honda Scoopy standar dengan ring 12 inci. Jika melihat spesifikasi pabrikan, pakai merek IRC berteknologi tubeless ukuran 100/90-12 inci di depan dan 110/90-12 inci di belakang.

Bila kamu ingin mengganti ban standar tersebut dengan merek aftermarket, tentu boleh saja. Perhatkanlah patokan ukuran ban Scoopy ring 12 standar. Kalau mau pakai ban lebih lebar boleh saja, tapi cukup naikkan 1 atau 2 ukuran. Misal sebelumnya pakai lebar 110 bisa naik jadi 120 atau 130.

Baca juga  Prediksi Vario 150 Terbaru: Mesin 157cc dan Rangka eSAF?

Jangan lebih lebar dari dua level tersebut. Efeknya bisa-bisa ban mentok ke suspensi dan sepatbor. Ban yang terlalu lebar juga membuat motor jadi berat, sehingga tarikan terasa lambat sekaligus boros bahan bakar.

Inilah Rekomendasi Ban Honda Scoopy Ring 12

1. Michelin City Grip – Rp 800 Ribuan Sepasang

rekomendasi ban scoopy ring 12 - michelin city grip
Michelin City Grip Pro punya harga yang cukup terjangkau untuk ban merek luar negeri

Rekomendasi ban Scoopy ring 12 yang pertama adalah Michelin City Grip. Karet bundar ini merupakan merek global yang memang tidak perlu diragukan lagi kehebatannya.

Bicara kelebihan dari Michelin City Grip, tidak lain adalah daya cengkeram yang baik untuk jalan aspal kering dan basah. Hal ini karena sudah dilengkapi progressive sipe technology (PST) yang mencegah tergelincir saat melewati air.

Kemudian ukuran yang ditawarkan pun beragam. Pilihannya mulai dari 90/90-12 inci hingga 130/70-12 inci.

Dengan kualitas terbaik, tentu harga Michelin City Grip untuk ban ring 12 agak mahal Banderolnya sekitar Rp 800 ribuan sepasang. Tertarik?

2. Aspira Premio Sportivo – Rp 500 ribuan Sepasang

rekomendasi ban scoopy ring 12 terbaik - aspira premio sportivo
Meski merek lokal, tapi Aspira Premio Sportivo memakai teknologi Pirelli

Meski ban merek lokal, namun Aspira Premio memiliki teknologi yang serupa dengan Pirelli. hal ini dikarenakan pabrikanya yaitu PT Evoluzione Tyres merupakan patungan dari Astra Otoparts dan Pirelli.

Baca juga  3 Rekomendasi Modifikasi Honda Blade, Bisa Ditiru!

Khusus untuk ban Scoopy ring 12, Aspira Premio memang tidak punya banyak ukuran. Hanya ada 100/90-12 inci dan 110/90-12 inci. Walau demikian, sesungguhnya ukuran ban tersebut sudah cukup karena memang sudah sesuai standar dari ukuran ban Honda Scoopy terbaru.

Bicara harga, sepasang ban Aspira Premio Sportivo dijual Rp 500 ribuan.

3. Pirelli Angel Scooter – Rp 1 jutaan Sepasang

rekomendasi ban scoopy ring 12 - pirelli angel scooter
Harga ban Pirelli mahal, tapi sepadan dengan kualitasnya

Siapa tidak kenal Pirelli? Merek asal Italia ini juga memiliki rekomendasi ban Scoopy ring 12 lewat produknya Pirelli Angel Scooter.

Ban ini membuat skuter lebih lincah karena ada multi radius contour di tapaknya. Kemudian untuk jalan basah juga sangat istimewa, cengkeramannya baik ketika melewati jalan becek.

Menariknya lagi, Pirelli Angel Scooter memiliki banyak pilihan ukuran ban untuk Scoopy ring 12. Opsinya ada 90/90-12 inci sampai 130/70-12 inci.

Hanya saja untuk harga memang cukup mahal. Ban Pirelli Angel Scooter dijual sepasang sekitar Rp 1 jutaan.

4. FDR City Go – Rp 450 Ribuan Sepasang

rekomendasi ban scoopy ring 12 terbaik -fdr city go
Ban merek lokal ini cocok dipakai untuk riding Scoopy wilayah perkotaan

Rekomendasi ban Scoopy Ring 12 selanjutnya adalah FDR City Go. Karet bundar ini cocok sekali buat kamu yang mencari harga terjangkau, karena banderolnya cuma Rp 450 ribuan sepasang.

Baca juga  Harga Vario 125 Rp20 Jutaan, Layak Dibeli?

Walau produk dalam negeri, namun FDR cukup nyaman dipakai berkendara. Khusunya buat kamu yang lebih banyak berkeliaran di perkotaan. Kelebihan ban ini pakai rasio 90, sehingga dimensinya proporsional untuk city riding.

Ada pula penggunaan regular compound yang punya usia tahan lama. Soal ukuran ban FDR City Go untuk Honda Scoopy, cuma ada 100/90-12 inci dan 110/90-12 inci.

5. Zeneos Milano – Rp 600 Ribuan Sepasang

rekomendasi ban scoopy ring 12 terbaik
Tapak unik kotak-kotak jadi ciri khas Zeneos Milano

Kalau mau cari ban berkualitas untuk Honda Scoopy ring 12, selanjutnya ada Zeneos Milano. Sesngguhnya ini merupakan karet bundar produksi dalam negeri dengan produsen PT Gajah Tunggal.

Bicara harga, memang tidak terlalu murah yaitu Rp 600 ribuan sepasang. Walau begitu cukup sepadan dengan kemampuannya dalam mencengkeram aspal baik di jalan basah dan kering. Ciri khasnya bisa dilihat dari pola tapak unik, berbentuk kotak-kotak.

Zeneos Milano juga punya banyak pilihan ukuran untuk ban Honda Scoopy Ring 12, mulai dari 110/70-12 inci hingga 130/70-12 inci. Kekurangannya satu, banyak konsumen yang mengatakan bahwa ban ini agak bising.

Itulah tadi rekomendasi ban Scoopy ring 12 yang beredari di pasar otomotif Tanah Air dari Moladin. Kira-kira ban mana yang bakal kamu pilih?

Terbaru