Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Rekomendasi Hatchback Bekas di Bawah Rp 100 juta

by Tigor Sihombing
Hatchback Bekas di Bawah Rp 100 juta

Mungkin saat ini kamu sedang berburu shatchback bekas di bawah Rp 100 juta. Jika benar, pilihan kamu sudah tepat dengan membaca ulasan Moladin.

Karena hatchback di range harga tersebut unitnya terbilang melimpah di pasaran mobil bekas. Selain itu, memiliki sedan hatchback memang menyenangkan. Dari sisi tampilan tentu lebih sporty, sehingga penggunanya akan terlihat selalu berjiwa muda.

Maka tidak heran jika mobil hatchback bekas kerap menjadi buruan. Nah langsung saja, kali ini kami akan meyampaikan 5 rekomendasi hatchback bekas di bawah Rp 100 juta. Yuk simak ulasannya:

1. Honda Jazz 2008 – 2010

Hatchback Bekas di Bawah Rp 100 juta

Di pasaran Honda Jazz 2008 – 2010 ini dibandrol pada kisaran harga Rp 90-100 jutaan.

Bisa dikatakan Honda Jazz lansiran tahun 2008-2010 ini merupakan generasi kedua yang masih mengusung mesin GE8. Kelebihan kamu membeli Jazz model ini adalah unitnya yang belum terlalu tua, mobil ini juga dimensinya lebih besar dari generasi pertama yang lahir di tahun 2004.

Menurut data pabrikan Honda, panjang Jazz generasi kedua ini bertambah 70 mm dibanding versi terdahulunya. Adapun dimensinya yakni (PxLxT): 3.900 x 1.695 x 1.595 mm dengan wheel base 2.500 mm.

Degan dimensi yang lebih besar tentu saja akan memberi ruang kabin penumpang yang semakin luas. Selain itu, jika kamu membeli Honda Jazz generasi kedua ini juga sudah bisa mendapatkan varian S dan RS (Road Sailing) yang tampil lebih sporty.

Soal mesin, hatchback ini lumayan bertenaga. Berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi i-VTEC SOHC yang punya output maksimum di 120 dk pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Nah jika kamu ingin membeli unit bekasnya terutama varain matic jangan lupa perhatikan transmisinya. Pasalnya komponen ini terkadang yang lupa dirawat oleh pemilik mobil lama.

“Bila pengguna sebelumnya sering telat dalam melakukan perawatan atau penggantian oli transmisi, maka saat mobil berakslerasi mobil berpotensi gejala tersendat,” buka Putra mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Baca juga  Berburu Nissan Serena C24 Bekas, Perhatikan Hal Ini!

Di pasaran Honda Jazz generasi kedua tahun 2008 – 2010 ini dibanderol pada kisaran harga Rp 90-100 jutaan. Dengan generasi yang sama tapi tahun lebih muda alias 2011-2013, harganya bisa lebih mahal lagi sudah menginjak Rp 100 jutaan.

2. Suzuki Swift 2005 – 2010

Hatchback Bekas di Bawah Rp 100 juta

Suzuki Swift GT 2007 CBU Jepang, tampil sangat sporti. Cirinya ada dua mufler aktif.

Hatchback bekas di bawah Rp 100 juta berikutnya adalah Suzuki Swift. Di pasar mobil bekas, Suzuki Swift yang dipasarkan di range harga ini adalah dari tahun pertama 2005 hingga rakitan tahun 2010.

Untuk Suzuki Swift ini terbilang menarik. Karena pada mulanya Suzuki Swift masuk secara CBU di tahun 2005 sampai 2007. Kemudian barulah hadir produksi lokalnya.

Nah untuk kamu yang ingin mengincar mobil Jepang asli, Swift mula-mula ini bisa kamu buru. Sebaiknya pilih varian GT yang tampil lebih sporty dengan dua mufler aktif. Sedangkan versi biasa namun CBU, ada trim GL. Nah untuk di model CBU harganya masih lumayan tinggi yakni Rp 80-90 jutaan.

Banderol tersebut hampir setara dengan Swift GT2 yang sudah cetakan lokal lansiran 2010. Rakitan lokal lainnya adalah Swift ST dengan ciri khas tampilan lebih sederhana atau standar.

“Kalau bicara penyakitnya unutk Swift yang sudah berusia di atas 10 tahun adalah di kaki-kaki. Seperti rack steer, atau link stabilnya, AC Swift juga kadang sering mengalami masalh jika pengguna sebelumnya tidak telaten,” kata Putra.

Untuk biaya perbaiakan, umumnya berkisar Rp 300 – 500 ribuan untuk rack steer dan link stabil. “Kalau AC bawaan barunya sekitar Rp 4-5 jutaan,” tambah Putra.

3. Ford Fiesta 2011 – 2013

Hatchback Bekas di Bawah Rp 100 juta

Salah satu kekurangan mobil ini ada pada transmisi automatic yang sering bermasalah (kurang bandel), terutama jika penggunaan sebelumnya kurang melakukan perawatan

Hatchback bekas di bawah Rp 100 juta berikutnya adalah Ford Fiesta. Di antara dua mobil yang telah kami rekomendasikan di atas, Ford Fiesta yang paling memiliki harga lumayan jatuh.

Baca juga  Hyundai Jamin Harga Creta Bekas Tetap Tinggi!

Terbukti, di pasaran mobil bekas di tahun 2011 – 2013 harga bekas mobil ini sudah mencapai di bawah Rp 100 jutaan. Nah ini kesempatan untuk kamu yang ingin memilki hatchback terjangkau namun tahun muda serta banjir fitur.

Model Ford Fista di tahun tersebut memilki fitur yang lumayan canggih kala itu, sebut saja Smart Keyless Entry, Rain Sensing Wipers, Hill Launch Assist, Rear Parking Sensors dan dual airbags. 

Ford Fiesta juga memiliki beberapa pilihan mesin. Ada yang mengusung Duratec Ti-VCT 1.600 cc, mesin 1.400 cc, dan 1.500 cc. Ketiganya dibekali dengan konfigurasi mesin 4 silinder segaris.

Terkait harga bekasnya Ford Fiesta terbilang lebih terjangkau. Misal untuk tahun 2011 – 2013 dibanderol Rp 85 – 100 jutaan. Kalau masalah kekuranganya, mobil ini sering terjadi di sistem transmisi (kurang bandel), terutama jika penggunaan dari pemilik sebelumnya kurang merawat dengan baik.

Selain itu adalah harga sparepart yang lumayan mahal dibanding kedua mobil yang disebutkan di atas. Misal kampas rem Ford Fiesta original dibanderol mulai harga Rp 700 – 800 ribuan satu set depan belakang.

Sedangkan untuk kampas rem Honda Jazz original dibanderol mulai Rp 200-300 ribuan. Demikian ulasan terkait hatchback bekas di bawah Rp 100 juta.

4. Daihatsu Sirion 2013 – 2015

Hatchback Bekas di Bawah Rp 100 juta

Salah satu kelebihan Daihatsu Sirion adalah kabin penumpang belakang yang terbilag luas.

Hatchback bekas di bawah Rp 100 juta lainnya adalah Daihatsu Sirion. Yang kami rekomendasikan adalah lansiran tahun 2013 hingga 2015. 

Baca juga  Mobil Bekas Taksi Masih Diburu Masyarakat

Pada model periode ini Sirion belum begitu tua, namum memiliki harga yang terjangkau.

Daihatsu Sirion sendiri mengusng mesin K3VE DOHC VVT-i berkapasitas 1.300 cc. Spek mesin 4 silinder segaris Sirion, mampu hasilkan tenaga 91 hp pada putaran 6.000 rpm. Dan torsi 116 Nm pada 4.440 rpm.

Salah satu kelebihan Daihatsu Sirion adalah kabin penumpang belakang yang terbilang luas dibanding model lama. Lalu nama besar Daihatsu juga menjadikan kamu tidak perlu kerepotan mencari spare part, harganya pun umumnya lebih terjangkau dibanding merek lain.

Sedangkan kekurangannya adalah di periode ini Daihatsu pernah melakukan recall, terkait adanya potensi karat pada bagian connector torque sensor yang terdapat pada Electric Power Steering (EPS) column.

5. Yaris Bakpao

review toyota yaris gen 1

Toyota Yaris Gen 1 atau Yaris Bakpao

Bicara hatchback, tidak lengkap rasanya jika tidak menyebut Yaris di dalamnya. Toyota Yaris Gen 1 atau yang tenar dengan sebutan Yaris Bakpao memang menarik untuk dilirik. Apa lagi jika kamu saat ini sedan beburu mobil bekas di harga Rp di bawah Rp 100 juta.

Yaris Bakpau pertama kali relis sekitar tahun 2006 dan menjadi pesaing ketat untuk Honda Jazz, Daihatsu Sirion, Hyundai Grand Avega, dan Suzuki Swift.

Yaris generasi pertama mengusung mesin yang sama dengan Toyota Vios, Yakni berkapasitjs 1.5 L berkode1NZ-FE DOHC VVT-i 4-silinder.
Sama seperti Vios, mesin terbilang bandel dan murah sparpartnya.

Soal konsumsi bahan bakar tergolong juga terbilang irit irit, sekitar 12-13 Km/liter. Kemudian juga dari sisi ketahanan, mesin Toyota memang terkenal bandel. Jadi walau sudah berusia lanjut, tetap oke. Suku cadangnya juga berlimpah, sehingga tidak perlu khawatir bila ada kerusakan.

Harga Yaris generasi pertama ini mash terbilang tinge dipasaran, Yakni berkisar antara Rp 80-90 jutaan, untuk tahun 2006.

Untuk kamu yang ingin meminang unit ini, ada beberapa kekurangan yang mesih bisa ditolerir. Yakni kabin yang terbilang sempit. Namun sebagai mobil hatchback perkotaan, masalah ini mash bisa ditolerir dengan beberapa kelebihan laina yang dimiliki Yaris bakpau.

Demikian ulasan terkait Hatchback Bekas di Bawah Rp 100 juta. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika