by

5 Rekomendasi Knalpot Mobil Racing Terbaik, Awas Salah Pilih

Tidak lengkap rasanya kalau melakukan modifikasi, tapi tidak mengganti knalpot. Supaya memudahkan kamu, berikut kami beberkan pilihan knalpot mobil racing terbaik yang bisa kamu pakai pada kendaraan kesayangan.

Bukan hanya sebagai keperluan tampilan semata, namun modifikasi yang dilakukan pada sektor output pembuangan juga memengaruhi performa mobil. Jadi, bisa dikatakan perubahan knalpot dari yang standar menjadi aftermarket akan meningkatkan hentakan tenaga yang diproduksi dari ruang mesin.

Memang ada beberapa pilihan knalpot racing mobil terbaik untuk kendaraan kesayangan kamu. Meski kamu sudah familiar dengan beberapa brand knalpot kenamaan, ada baiknya kamu menyimak artikel ini untuk mengetahui knalpot mana yang harus kamu pilih.

Sebelum melakukan penggantian knalpot, hal lain yang harus kamu tahu adalah keuntungan dalam mengganti komponen ini. Salah satu keuntungan dari mengganti knalpot mobil racing terbaik dari yang tadinya standar menjadi racing look, adalah tenaga yang meningkat.

Dengan begitu, maka kamu tidak boleh sembarangan mengganti knalpot dengan komponen yang memiliki kualitas rendah. Menurut Richard, mekanik A2 Speed, selain adanya perubahan suara pengantian knalpot juga bisa menambah performa mobil menjadi lebih maksimal.

Baca juga  Arti Kode dan Ukuran Velg Mobil, Jangan Salah Baca

“Jadi memang mayoritas orang ganti knalpot karena ingin suara mobil yang lebih keren. Kita tahu kalau knalpot standar suaranya juga enggak begitu kedengeran. Tapi dengan ganti knalpot aftermarket, selain suara yang lebih besar, maka ada peningkatan performa juga,” buka Richard.

1. HKS

Knalpot mobil racing terbaik
HKS bisa jadi pilihan untuk mengganti knalpot mobil

Bagi kalangan penggemar modifikasi pasti sudah hafal betul dengan brand yang satu ini. Knalpot racing mobil terbaik ini memang bisa menjadi pilihan kamu agar suara serta performa mobil menjadi meningkat. Namun, jangan tergiur dengan harga murah dengan label HKS.

Sebab, produk ini banyak sekali tiruannya yang beredar di pasara. Sehingga jika kamu membeli knalpot ini, harus memastikan apakah asli atau tidak.

Menurut beberapa sumber, knalpot HKS memiliki dua tipe, yakni Hi-Power dan Silent. Untuk suara yang dihasilkan, memang lebih gahar tipe Hi-Power. Sementara Silent, tetap mengeluarkan suara yang sporty, tapi tidak sebesar suara tipe Hi-Power.

2. Spoon

Knalpot mobil racing terbaik
Knalpot mobil racing terbaik dari Spoon

Tidak hanya HKS yang bisa menjadi pilihan kamu. Tetapi, knalpot mobil racing terbaik yang sudah dikenal akan kemampuannya adalah Spoon. Pabrikan asal Jepang ini juga bisa menjadi alternative bagi kamu yang mau melakukan penggantian knalpot.

Baca juga  3 Cara Modifikasi Mobil Pick Up Slalom, Boleh Dicoba!

Salah satu kelemahan knalpot mobil racing terbaik seperti Spoon ini adalah, suara yang bisa masuk ke dalam kabin. Tentunya, ini akan menjadi sebuah hal yang harus kamu perhatikan.

Tapi jika memang kamu cocok dengan karakter serta performa yang dihasilkan, Spoon bisa diandalkan untuk menghasilkan tenaga yang lebih baik ketimbang masih menggunakan knalpot standar.

Kamu juga perlu hati-hati karena peranti ini banyak tiruannya di pasaran.

3. Mugen

Knalpot mobil racing terbaik
Pilihan Knalpot mobil racing terbaik dari Mugen

Untuk knalpot racing mobil terbaik yang satu ini memang sangat familiar di kalangan pecinta otomotif. Namun memang, untuk performa yang dihasilkan dari knalpot yang sangat identik dengan Honda ini mampu memberikan performa terbaiknya.

Jenis knalpot ini lebih sering digunakan untuk mobil Honda karena memang Mugen adalah tuning house yang mendevelop part untuk mobil-mobil Honda yang ingin menghasilkan performa lebih ketimbang bawaan pabriknya.

4. Remus

Knalpot mobil racing terbaik
Pilihan knalpot mobil racing terbaik dari Remus

Pabrikan knalpot asal Styria ini juga terbilang bisa menjadi knalpot racing mobil terbaik. Pasalnya, beberapa produk Remus juga sudah banyak disematkan di beberapa mobil. Sebab, merk ini memang membuat knalpot secara universal.

Baca juga  Cara Membersihkan Mesin Mobil di Rumah Saja

“Yang harus diperhatikan saat melakukan ganti knalpot, konsumen juga harus tahu mengenai kebutuhannya. Kalau harian, bisa menggunakan yang familiar atau yang biasa-biasa saja. Tapi kalau memang untuk balap atau tujuannya kebut-kebutan, bisa memilih yang mampu meningkatkan performa secara besar,” tambah Richard.

5. Skunk2

Knalpot mobil racing terbaik
Knalpot mobil racing pilihan terbaik untuk kamu

Nah, bagi mereka yang memang ingin tampil lebih berbeda dari mobil pada umumnya, brand yang satu ini bisa menjadi pilihan. Pasalnya, Skunk2 dikenal baik oleh mereka yang mencintai dunia otomotif serta aftermarket secara keseluruhan.

Memgenai performa yang dihasilkan, jangan pandang sebelah mata. Knalpot racing mobil terbaik ini menyuguhkan hasil terbaik setelah mesin mobil kamu mengalami oprekan.

Setelah melakukan penggantian knalpot racing terbaik, biasanya ada sesuatu yang harus disetting ulang pada bagian ECU. Ini dikarenakan kinerja komponen tersebut akan maksimal dengan karakter mesin yang lebih maksimal lagi.

“Biasanya juga setelah ganti knalpot, ada settingan di ECU. Kan ada beberapa pengaturan yang harus dimanfaatkan agar hasil dari penggantian knalpot tersebut menjadi maksimal dan lebih bertenaga,” tandas Richard.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru