by

8 Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik di Indonesia

Bagi kalian ingin membeli mobil baru, kali ini Moladin akan memberikan rekomendasi mobil keluarga terbaik. Pilihannya kini memang cukup beragam di Indonesia. Bahkan banyak yang dijual dengan harga sangat terjangkau.

Sejumlah pabrikan otomotif di Indonesia memang berlomba untuk menawarkan produk-produk mobil keluarga dengan harga yang murah. Sebut saja Toyota dan Daihatsu yang merilis Avanza-Xenia serta Calya-Sigra.

Lalu ada juga Suzuki dengan Ertiga dan Honda dengan Mobilio yang mungkin bisa jadi pilihan masyarakat. Seiring dengan semakin berkembangnya industri otomotif di Indonesia.

Produk-produk MPV kini semakin beragam, apalagi kini segmen low MPV yang memang berkontribusi besar dalam penjualan di Indonesia. Kedatangan sejumlah merek-merek baru, yang mewarnai segmen mobil keluarga di Tanah Air.

Keunggulan mobil keluarga, biasanya memiliki kabin yang luas dan dibekali dengan fitur kenyamanan yang canggih. Selain itu, produk MPV juga dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien.

Pertanyaannya, kira-kira apa saja yang bisa jadi rekomendasi mobil keluarga terbaik? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Suzuki Ertiga, Pilihan Mobil Keluarga Paling Nyaman

Suzuki Ertiga jadi rekomendasi mobil keluarga terbaik di Indonesia
Suzuki Ertiga jadi rekomendasi mobil keluarga terbaik di Indonesia

Pilihan pertama yang jadi rekomendasi mobil keluarga terbaik adalah Suzuki Ertiga. Produk andalan Suzuki ini bisa dibilang sebagai mobil keluarga paling nyaman dan bisa diandalkan.

Suzuki Ertiga didukung dengan kabin yang luas dengan dimensi panjang 4.395 lebar 1.735 dan tinggi 1.690 mm. Dibandingkan dengan model lawasnya, Suzuki Ertiga terbaru lebih panjang 13 cm dan lebar 4 cm.

Dimensi Suzuki Ertiga model sebelumnya memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.685 mm. Dengan dimensi yang lebih panjang dan lebar, tentunya mempengaruhi ruang kaki yang lebih luas.

Alhasil, mobil ini bisa ditumpangi tujuh penumpang dengan nyaman dari baris pertama hingga baris ketiga. Headroom dan legroom yang ditawarkan pun masih mampu mengakomodir kebutuhan.

Terkait jantung mekanisnya, Suzuki Ertiga dipersenjatai dengan mesin K15B berkapasitas 1.462 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 103,2 Hp per 6.000 rpm dengan kekuatan torsi menyentuh 138 Nm per 4.400 rpm.

Penerapan teknologi drive by wire diklaim mampu meningkatkan efisiensi mesin, karena mampu mengatur distribusi bakar lebih presisi sesuai dengan bukaan throttle.

Penggunaan sistem penggerak roda depan mampu meminimalisir power loss dari mesin ke putaran roda. Impaknya, akselerasi mobil lebih responsif.

Tak sebatas punya kabin yang lapang, kenyamanan Suzuki Ertiga terbaru juga mendapatkan peningkatan dengan hadirnya arm rest mulai dari tipe GL, lalu tersedia ventilated cup holder untuk menjaga minuman tetap segar selama perjalanan.

Pada tipe GX dan Sport sudah dilengkapi dengan sistem keyless dengan start-stop button. Kedua tipe itu juga dilengkapi head unit touchscreen 8 inci untuk memainkan beragam akses multimedia dan kamera parkir.

Fitur pendukung yang sudah tersedia meliputi hill hold control pada tipe Sport. Pabrikan juga melengkapi sistem keselamatan berupa dual SRS Airbag, lalu anti-lock braking system (ABS) berikut electronic brakeforce distribution (EBD) di semua tipe.

Ertiga tipe GA manual hanya minus beberapa fitur kenyamanan dan hiburan, tapi tetap memiliki tingkat keselamatan yang baik.

2. Toyota Avanza, Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik Hingga Kini

Rekomendasi mobil keluarga terbaik

Siapa yang kenal dengan Toyota Avanza. Mobil sejuta umat itu masuk dalam rekomendasi mobil keluarga terbaik yang bisa jadi pilihan.

Toyota Avanza hadir dengan kabin yang luas, jadi cocok untuk dijadikan mobil keluarga. Mobil keluarga andalan Toyota itu menawarkan kenyamanan yang baik serta konsumsi bahan bakar yang efisien.

Kendaraan multiguna ini punya dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Dimensi tersebut mampu menampung hingga 8 orang penumpang.

Daya tampung yang besar, membuat Avanza tidak hanya sanggup menampung orang. Barang bawaan yang banyak juga bisa dilahapnya dengan mudah.

Baca juga  5 Mobil Baru Meluncur Virtual di Indonesia, Efek Virus Korona!

Sejalan dengan itu, bila kursi bagian belakang dilipat ke depan, maka area bagasi menjadi sangat luas yang mampu menambah kapasitas penampungan barangnya jadi semakin meningkat.

Terbaru Toyota Avanza sudah dilengkapi dengan beragam fitur modern, seperti start/stop engine button, serta rear seat entertainment (RSE) untuk menunjang kenyamanan ketika di dalam kabin.

Avanza ditawarkan dalam dua pilihan mesin, 1.3 liter dan 1.5 liter. Salah satu keunggulan Toyota Avanza, memiliki harga jual kembali yang cenderung stabil dibandingkan dengan kompetitor.

3. Mitsubishi Xpander, Pilihan Mobil Keluarga Terbaik Saat Ini

Mitsubishi Xpander facelift
Mitsubishi Xpander jadi rekomendasi mobil keluarga terbaik bergaya SUV

Mitsubishi Xpander masuk dalam rekomendasi mobil keluarga terbaik saat ini di Indonesia. Berbekal desain modern, mobil ini menjadi salah satu mobil terlaris di Tanah Air.

Menariknya, Mitsubishi Xpander punya desain ala SUV yang mungkin tak ditemui dari mobil sejenis yang dijajakan untuk pasar Nasional. Hal ini yang menjadi pemikat banyak konsumen.

Interior Xpander juga memiliki desain modern, yang mengaplikasikan New Accent Instrument Panel dan Door Trim Wood Panel pada varian Ultimate dan Exceed, serta Door Trim Silver Panel untuk varian Sport.

Dalam menunjang kenyamanan di dalam kabin, pabrikan menyematkan head unit layar sentuh berukuran 7-inci dengan Smartphone Connectivity yang memberikan kemudahan ketika berkendara.

Khusus untuk varian Sport, sudah dilengkapi fitur Hands Free Steering Switch yang memudahkan pengendara untuk tetap terkoneksi dengan telepon. Namun tetap aman selama mengemudi.

Mitsubishi Xpander juga dibekali dengan 16 ruang penyimpanan multifungsi di semua sisinya. Untuk memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi pengemudi maupun penumpang di perjalanan.

Sisi keunggulan Mitsubishi Xpander terletak pada ground clearance yang ternyata tertinggi dikelasnya, yakni sebesar 205 mm.

Tinggi ground clearance yang ditawarkan Mitsubishi Xpander, mungkin saja karena DNA SUV yang melekat padanya.

Bila dibandingkan dengan kompetitor terdekat seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, ground clearance kedua mobil itu sebesar 200 mm. Sementara Honda Mobilio memiliki ground clearance sebesar 189 mm.

4. Toyota Calya, Mobil Keluarga Irit

Toyota Calya Mobil Baru Seharga 100 Jutaan
Calya bisa jadi rekomendasi mobil keluarga terbaik yang efisien bahan bakar

Membahas rekomendasi mobil keluarga terbaik, kurang pas rasanya jika tidak memasukan jajaran mobil LCGC 7-penumpang, yakni Toyota Calya. Selain memiliki banderol yang terjangkau, Toyota Calya juga menawarkan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Berbekal mesin berkapasitas 1.2 liter, tentunya mobil ini punya konsumsi bahan bakar yang irit. Di atas kertas Toyota Calya dipersenjatai mesin berkubikasi 1.197cc empat silinder. Tenaga yang dihasilkan sebesar 86,7 hp di 6.000 rpm dan torsi 105 Nm di 4.200 rpm.

Serta ada juga pilihan mesin berkapasitas 1.000 cc tiga silinder. Mesin ini berkode 1KR-VE, 3-silinder 998 cc VVT-i. Daya yang dihasilkan hanya 67 PS pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm.

Soal transmisi, kedua mesin Sigra tersebut juga tersedia dalam opsi manual 5-percepatan dan 4-percepatan otomatis.

Meski bermain di segmen mobil murah, namun desainnya masih cukup modern. Meski dari sisi fitur tentunya kalah dengan mobil keluarga di segmen low MPV.

Kalau kamu mencari mobil keluarga irit dengan harga terjangkau. Bisa menjatuhkan pilihan pada Toyota Calya.

5. Honda Mobilio, Low MPV yang Memikat

Honda Mobilio, Rekomndasi Mobil Keluarga Terbaik
Mobilio bisa jadi pilihan dan rekomendasi mobil keluarga terbaik

Honda Mobilio bisa jadi rekomendasi mobil keluarga terbaik untuk kamu. Mobil ini menawarkan harga yang juga cenderung terjangkau, bahan bakarnya pun efisien, serta memberikan kenyamanan yang baik.

Bukan hanya fitur canggih dan kabin yang luas serta lega, desain yang keren juga membuat mobil yang ditawarkan dengan harga Rp 200 jutaan ini mampu mengakomodir kebutuhan keluarga.

Mobilio menawarkan dimensi yang kompak, dengan panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm. Wheelbase yang ditawarkan mobil ini sebesar 2.650 mm.

Dengan dimensi tersebut, rasanya mampu mengakomodir 7-penumpang dengan leluasa hingga di baris ketiga.

Baca juga  Mengenal Sosok Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited

Sayangnya, dengan tinggi yang dimiliki tersebut. Memang lebih rendah dibandingkan kompetitor yang beredar saat ini di Indonesia.

Pun begitu, untuk urusan bermanuver mobil satu ini patut diperhitungkan. Ketika diajak bermanuver, handling terasa sangat nyaman. Aerodinamika yang ditawarkan cukup baik.

Di sisi lain, kehadiran suspensi macpherson strut di bagian depan dan torsion beam dibagian belakang. Nyatanya mampu mengakomodir kebutuhan, khususnya di jalan perkotaan. Bantingan pun terasa lembut, dan juga halus.

Honda Mobilio didukung mesin 1.5 liter, 4 silinder, 16 Valve SOHC i-VTEC. Tenaga yang dihasilkan sebesar 116 dk dengan torsi sebesar 145 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi 5-percepatan manual dan juga transmisi otomatis CVT. Mobil ini menggunakan penggerak roda depan.

Beralih ke interior, Honda Mobilio sudah dilengkapi dengan AC digital yang sudah double blower. Head unit layar sentuh 8 inci untuk varian RS dan 6,2 inci untuk varian lainnya. Head unit tersebut sudah terkoneksi dengan bluetooth, telepon bebas genggam, kamera mundur, serta pemutar CD dan DVD.

Ada juga control steering switch yang memudahkan pengemudi mengatur fitur hiburan ketika berkendara. Mobil ini juga didukung dengan fitur keamanan modern seperti kamera parkir mundur, rem dengan ABS+EBD, dual SRS airbag, keyless entry, immobilizer dan alarm system.

6. Daihatsu Xenia, Mobil Sejuta Umat yang Bisa Dipilih

Grand Daihatsu Xenia, rekomendasi mobil keluarga terbaik
Grand Daihatsu Xenia, masuk dalam rekomendasi mobil keluarga terbaik di Tanah Air

Dengan predikat mobil sejuta umat, Daihatsu Xenia juga turut menjadi rekomendasi mobil keluarga terbaik di Indonesia. Untuk durabilitas, mobil ini tentunya tak perlu diragukan lagi.

Selain itu, biaya perawatan yang mudah dan ketersediaan suku cadang berlimpah tentunya jadi nilai lebih bagi MPV andalan Daihatsu Indonesia tersebut.

Grand New Xenia yang merupakan model facelift terakhir dari Daihatsu Xenia yang rilis pada 2019 lalu, mobil ini ditawarkan dalam pilihan mesin berkapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter.

Mesin pertama berkode 1 NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.329 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 97 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 120 Nm. Pilihan mesin kedua tipe 2 NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc, dengan tenaga 104 PS dan torsi 136 Nm.

Pilihan transmisi tersedia dalam dua varian, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Kedua transmisi itu dirasa sudah cukup mengakomodir kebutuhan konsumen.

Kedua mesin Daihatsu Xenia dikenal efisien dan juga bandel. Kelebihan Daihatsu Xenia lainnya, karena menggunakan penggerak roda belakang atau rear-wheel drive (RWD).

Xenia kini punya fitur yang semakin lengkap. Hal ini dilakukan Daihatsu Indonesia untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Sebagai contohnya, pada Grand New Daihatsu Xenia sudah dilengkapi dengan tombol pengaturan AC digital. Kehadiran fitur ini memudahkan pengemudi maupun penumpang dalam mengatur suhu kabin.

Model knob pada model terdahulu pun sudah ditinggalkan. Kini pengaturan AC hanya cukup menekan tombol saja. MPV ini dilengkapi sensor parkir depan dan belakang.

Gunanya untuk memberi peringatan ke pengendara bila mobil sudah terlalu dekat dengan objek lain. Dengan demikian, potensi tabrak dinding atau mobil lain saat parkir bisa berkurang.

Dibanding dengan kembarannya, Avanza cuma ada sensor parkir belakang. Mobil tersebut tidak dilengkapi sensor depan.

Xenia terbaru juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan electronic brake distribution (EBD). Fungsinya untuk mengoptimalkan pengereman belakang, di berbagai kondisi. Justru fitur ini tidak tersedia di kembarannya.

Dalam menunjang kenyamanan Daihatsu Xenia juga sudah dilengkapi dengan anti-lock braking system (ABS), Dual SRS Airbags, immobilizer, serta window jam protection.

7. Wuling Confero S, Mobil Keluarga 100 Jutaan

Perjalanan Wuling Confero S ACT Indonesia
Wuling Confero dibekali fitur-fitur keselamatan dan keamanan modern

Memilih mobil keluarga tak boleh asal-asalan, jadi kamu harus dengan betul memilihnya. Salah satu rekomendasi mobil keluarga terbaik, adalah Wuling Confero S.

Baca juga  3 Kekurangan Suzuki XL7, Perhatikan Sebelum Beli!

Meski masih tergolong baru di dunia otomotif, Wuling tidak boleh dipandang sebelah mata begitu saja. Hal itu karena mobil ini dilengkapi dengan spesifikasi yang berkelas serta mampu bersaing dengan kompetitor.

Harga yang jauh lebih terjangkau dibanding kompetitor jadi daya tariknya. Di mana Wuling Confero ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp150,8 juta hingga Rp197,5 juta.

Wuling Confero tersedia dalam empat varian yakni Wuling Confero 1.5 Double Blower, Wuling Confero S 1.5C Lux MT, Wuling Confero S 1.5L Lux+ MT, Wuling Confero S 1.5L ACT Lux+ MT.

Kelebihan Wuling Confero sudah dilengkapi dengan beragam fitur-fitur modern. Sebut saja Tire Pressure Monitoring System, Anti-lock Braking System (ABS), rem belakang cakram, electronic brake force distribution (EBD), dan kamera parkir belakang.

Dalam menunjang keselamatan pengemudi dan penumpang di dalam kabin, mobil ini sudah dilengkapi dengan dual SRS airbag di depan, 4 sensor parkir belakang dan 2 sensor parkir di depan, ISOFIX, auto unlock collision serta auto door lock by speed.

Untuk sistem keamanannya, Wuling Confero S dilengkapi Immobilizer, smart key dan anti-theft system. Sistem kenyamanan, ada multi information display (MID), leveling headlamp, dan electric fuel tank opener.

Tak hanya itu saja, Wuling Confero juga menawarkan captain seat yang mungkin tidak ditemui pada kompetitor yang dipasarkan di Indonesia.

8. Toyota Kijang Innova, Mobil Keluarga Mewah dan Nyaman

Toyota Kijang Innova Reborn
Toyota Kijang Innova Reborn, rekomendasi mobil keluarga terbaik yang mewah dan nyaman

Mencari mobil keluarga mewah dan nyaman? Rekomendasi mobil keluarga terbaik mungkin kamu bisa memilih Toyota Kijang Innova yang bisa jadi pilihan yang pas.

Kijang Innova sebagai mobil keluarga memiliki desain yang berbeda dari para rivalnya. Pada umumnya, MPV kelas menengah atas hadir dengan style boxy. Namun, Innova masih mempertahankan gaya semi kapsul yang konvensional.

Keunggulan yang diberikan Kijang Innova ialah karena pernak-pernik yang membuat desainnya terkesan mewah. Desain interiornya terkesan dewasa dan elegan.

Interior lega untuk menampung 7 hingga 8 penumpang termasuk pengemudi. Kesan mewah di kabin Toyota Kijang Innova hadir melalui ambient lighting di tipe V lalu panel kayu di tipe V.

Untuk varian paling mahal, tersedia Innova Venturer dengan harga nyaris setengah miliar rupiah. Pengembangan dari Venturer ini menggunakan basis Innova reborn. Namun dengan menambahkan banyak aksesoris.

Sistem hiburan terbaru dengan layar LCD berukuran 8 inci lalu tersedia Seatback Table untuk penumpang di baris kedua. Penumpang juga tidak perlu khawatir sulit mengisi daya ponsel karena terdapat gadget charger.

Untuk urusan tenaga, Toyota Kijang Innova bisa diandalkan. Terlebih mobil ini juga tersedia dalam versi diesel yang menghasilkan tenaga yang besar.

Konsumen cenderung lebih memilih Innova bermesin diesel dengan transmisi otomatis. Ini bukan tanpa alasan, sebab Innova bertransmisi otomatis mampu menghasilkan output yang lebih besar, dibandingkan dengan transmisi manual.

Tarikan bawah makin enteng, dan pengemudi makin enak ngegas untuk akselerasi. Mesin diesel Kijang Innova berkapasitas 2.400 cc FTV 4 silinder segaris DOHC, bersistem injeksi dengan Common Rail VNT Intercooler yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 149PS.

Tenaga antara versi otomatis dan manual memang sama, namun bedanya pada torsi yang dihasilkan. Innova diesel bertransmisi otomatis 6-percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic mampu menghasilkan torsi maksimal 36.7 kg.m / 1.200 – 2.600 rpm.

Sedangkan transmisi manual sendiri menghasilkan torsi maksimal 34.9 kg.m / 1.200 – 2.800 rpm. Perbedaan torsi 1.8 kg.m jelas membuat akselerasi awal lebih melejit dengan sensasi ala transmisi manual.

Itulah beberapa ulasan mengenai rekomendasi mobil keluarga terbaik di Indonesia. Semoga beberapa mobil di atas dapat kamu pilih sesuai dengan selera serta bujet masing-masing.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Terbaru