Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

4 Rekomendasi Modifikasi BeAT Street

by Reza Agis Surya Putra
modifikasi honda beat street

Bagi kamu yang ingin modifikasi BeAT Street kesayangan, berikut ada beberapa ide modifikasi yang bisa jadi rekomendasi kamu.

Honda BeAT merupakan motor skuter matik paling laris di Indonesia. Siapapun pasti mengenal motor matik berkapasitas 110 cc ini.

Salah satu varian dari Honda BeAT adalah BeAT Street. Skuter matik ini tampil lebih agresif dengan ciri khas stang telanjangnya yang berbeda dari versi standarnya.

Di internet sendiri, kita bisa mencari rekomendasi. Mulai dari modifikasi BeAT Street simpel sampai modifikasi BeAT Street Supermoto.

Beragam aksesori modifikasi juga bisa temukan dengan mudah di berbagai toko baik di online maupun di toko aksesoris dekat rumah kamu.

Ragam Modifikasi BeAT Street

1. BeAT Street Supermoto

Modifikasi beat street

BeAT Street Supermoto

Siapa bilang motor bertubuh mungil ini tidak bisa dimodifikasi layaknya motor supermoto. Disampaikan oleh Iwan Kurniawan dari Matic Speed Shop bahwa tidak sulit untuk melakukan modifikasi ini.

Untuk mendapatkan gaya supermoto, ada beberapa ubahan yang harus dilakukan utamanya pada bagian kaki-kaki.

“Untuk dapat model supermoto kaki-kaki pasti diganti utamanya bagian suspensi. Bagian itu diganti dengan ukuran yang lebih panjang,” ujar Iwan.

Dengan penggantian bagian suspensi dengan yang lebih panjang, maka motor akan terlihat lebih jenjang sehingga gaya supermoto bisa didapatkan.

Baca juga  Yamaha Fascino 125 Hybrid, Skuter Retro Canggih

Selain itu, disampaikan oleh Iwan, bagian sepatbor juga diganti dengan produk after market yang modelnya bisa menunjang gaya supermoto.

Setelah itu bagian roda juga diganti dengan yang sedikit lebih lebar, agar motor BeAT yang mungil bisa lebih terlihat berisi.

“Bagian lainnya, paling hanya pada bagian stang. Tinggal tambahkan handguard sudah kelihatan kerennya,” ujar Iwan.

2. BeAT Street Touring

Modifikasi beat street

BeAT Street Touring

Buat yang hobi touring, BeAT Street juga bisa jadi kanvas bagus buat yang ingin modifikasi motor kecil untuk touring.

Ubahan untuk modifikasi biasanya dilakukan dengan menambahkan tubular untuk melindungi bagian bodi motor agar terlihat lebih sangar. Tak cuma itu, tubular juga berfungsi guna melindungi bagian bodi motor kala terjatuh.

“Bodi BeAT kebanyakan terbuat dari bahan plastik. Tubular bisa berfungsi buat melindungi bagian bodi-bodi itu,” ujar Iwan.

Selain tubular, skuter matik mungil ini juga bisa dipasangkan dengan box motor. Disarankan oleh Iwan, untuk penggunaan box motor sebaiknya jangan yang terlalu besar karena bisa mengganggu aerodinamis dari motor itu sendiri.

“Paling enggak pakai yang ukuran 21 liter sampai dengan 33 liter masih aman. Kalau terlalu besar bisa ganggu kenyamanan saat digunakan buat perjalanan jauh,” jelas Iwan.

Baca juga  Sosok Vario 160 Beredar di Dunia Maya

Untuk menunjang perjalanan jarak jauh pada waktu malam hari, pemilik motor bisa menambahkan lampu tambahan.

Hanya saja, untuk penambahan lampu ini disarankan juga oleh Iwan jangan terlalu banyak karena selain bisa mengkonsumsi daya listrik lebih banyak juga bisa mengganggu pandangan pengendara lain.

“Banyak yang salah kaprah soalnya, nambahin lampu malah berlebihan. Akhirnya aki tekor apalagi bisa bikin silau pengendara lainnya,” tegas Iwan.

3. BeAT Street Trail

Modifikasi beat street

Modifikasi BeAT Street Trail

Buat yang suka trabasan, BeAT Street juga bisa diubah sebagai motor trail. Memang untuk motor ini tidak bisa digunakan untuk medan jalan yang terlalu ekstrim.

Mengingat kapasitas mesinnya yang kurang mumpuni, jadi jangan diharapkan skuter matik ini bisa sama seperti motor yang memang dilahirkan sebagai motor khusus melibas medan jalan ekstrim.

Untuk melakukan modifkasi model trail ada beberapa penambahan dan ubahan yang bisa dilakukan untuk BeAT Street kamu.

Ubahan sama dengan model supermoto, bagian kaki-kaki bisa dibuat lebih tinggi dengan mengganti suspensi yang lebih panjang.

Sementara untuk bagian roda, bisa menggunakan ban dengan tapak yang kasar khusus untuk motor jenis trail. Hal ini guna menunjang ketika BeAT Street diajak untuk melibas medan jalan tanah atau berlumpur.

Selain itu, untuk melindungi bagian bodi motor bisa ditambahkan dengan rangka tubular disekujur bodi BeAT Street. Jangan lupa tambahkan handguard pada stang untuk melindungi bagian tangan saat terjadi benturan.

Baca juga  Prosedur Kredit Yamaha Xmax, Super Mudah!

“Yang perlu diperhatikan adalah saat mengganti suspensi. Pastikan menggunakan suspensi yang berkualitas, mengingat motor bakal diajak buat trabasan,”pesan Iwan.

4. BeAT Street Modifikasi Simpel

Modifikasi beat street

Modifikasi simpel buat Honda BeAT Street

Selain berbagai macam model modifikasi yang diulas diatas, ada modifikasi simpel yang bisa kamu terapkan pada motor BeAT Street milik kamu.

Modifikasi simpel yang dimaksud adalah modifikasi yang hanya menggunakannsedikit ubahan. Biasanya hanya memainkan sisi pewarnaan motor saja, dan penambahan beberapa aksesoris di motor

“Buat yang simpel biasanya Cuma tambahin stiker di bagian bodi motor, box filter dan velg. Biar motor kelihatan lebih keren saja sih dari model standarnya,” tukas Iwan.

Untuk modifikasi model simpel ini juga bisa jadi alternatif bagi kamu yang punya budget minim tapi ingin motor BeAT Street milik kamu terlihat berbeda.

Nah itu tadi beberapa model modifikasi BeAT Street yang bisa jadi rekomendasi buat kamu.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika