Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

9 Rekomendasi Motor Bekas Rp 5 Jutaan, Buat Harian

by Deni Ferlindungan
motor bekas 5 jutaan

Motor Bekas Rp 5 Jutaan, mungkin banyak tersedia di pasaran. Dari jenis skuter matik (skutik), hingga motor bebek bisa kamu dapatkan dengan bujet terbatas tersebut.

Hanya saja, jangan asal beli motor bekas. Terlebih harganya murah. Kamu harus lakukan banyak pertimbangan sebelum benar-benar meminangnya.

Tips dalam membeli motor bekas Rp 5 jutaan yaitu ketahui kebutuhannya. Bila kamu tidak mau ribet soal banyak perbaikan dan mau digunakan buat kebutuhan sehari-hari, maka carilah yang tahun muda. Usia muda sebuah motor di sini di bawah enam tahun pemakaian.

Kemudian pilihlah motor matik agar lebih mudah untuk dikendarai, alias tinggal gas rem. Walau demikian, bila kamu suka motor bebek juga tidak ada masalah. Terlebih diajak berkendara di jalan berbukit-bukit, motor bebek jelas lebih tangguh. 

Selanjutnya yang harus dipikirkan dalam membeli motor bekas Rp 5 jutaan adalah ongkos perbaikan. Bagaimana pun juga, motor tangan kedua perlu mendapat perbaikan. Jadi setidaknya siapkan bujet tambahan 10-25 persen dari harga beli, buat mengembalikan kondisinya prima lagi.

Ambil contoh motor matik, kemungkinan besar di atas usia 5 tahun harus dilakukan pengecekan CVT. Bila sudah tidak nyaman lagi dipakai, tentu perlu penggantian baik itu komponen roller mau pun belt.

Terakhir yang tidak kalah penting, beli sepeda motor dengan surat-surat lengkap. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak terkena masalah soal legalitas kendaraan di kemudian hari.

Lalu, apa saja sebenarnya sepeda motor bekas yang bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 5 jutaan? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Suzuki Nex FI – Tahun 2013

motor bekas Rp 5 jutaan

Kelebihan Suzuki Nex FI bisa didapat dengan harga murah untuk tahun yang lumayan muda

Rekomendasi motor bekas Rp 5 jutaan yang cocok buat harian, salah satunya Suzuki Nex FI. Dengan banderol tersebut, kamu bisa dapat produk ini dalam kondisi mulus dan tahun tidak terlalu tua.

Memang Nex tidak sepopuler Honda Beat dan Yamaha Mio. Walau demikian, Nex sangat menarik untuk dipunya karena punya bodi yang ramping dan mesin 110 cc irit.

Ditambah lagi, Nex dikenal sebagai motor yang cukup bandel. Cari suku cadangnya juga tidak sulit, serta terjangkau.

Baca juga  Harga Vario 125 Rp20 Jutaan, Layak Dibeli?

Hanya saja dari sisi desan, motor matik besutan Suzuki ini agak unik. Tidak semua orang menyukainya.

2. Suzuki Skywave – Tahun 2009

Suzuki Skywave 2009, Motor Bekas Rp 5 jutaan

Skywave produksi 2009 kini dijual dengan harga Rp 5 jutaan

Bermodalkan dana Rp 5 juta, kamu bisa membeli salah satu skutik milik Suzuki yakni Skywave lansiran 2009 dalam kondisi cukup baik. Harganya memang bervariasi tergantung kesehatan motor.

Kalau Skywave masih mulus tampilan dan jeroannya, maka bisa tembus Rp 8 jutaan. Sebaliknya bila spare part banyak yang rusak, banderolnya cuma Rp 3 jutaan. 

Motor ini menarik karena punya bodi agak bongsor. Kemudian pakai suspensi belakang ganda. Dengan demikian, Skywave sebagai motor bekas Rp 5 jutaan sangat pas buat kamu yang memiliki postur badan agak besar. Kemudian dipakai berkendara berboncengan jarak jauh pun rasanya masih nyaman.

Suzuki Skywave pun bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan keseharian kamu. Bicara performa, motor ini dipersenjatai dengan mesin mesin 4 Langkah, SOHC, 2 Klep, Silinder Tunggal, berkapasitas 125 cc, dan masih karburator.

Menurut hemat kami, mesin itu sudah cukup mengakomodir kebutuhan sehari-hari masyarakat perkotaan. Mesin tersebut menghasilkan daya sebesar 9,6 hp dengan torsi sebesar 9,6 Nm.

Keunggulan lain dari Suzuki Skywave memiliki bagasi yang luas. Jadi tak perlu khawatir untuk membawa barang bawaan lebih ketika berkendara.

3. Yamaha Mio Soul – Tahun 2010

motor bekas Rp 5 jutaan

Ciri khas Mio Soul merupakan pendahulu dari Soul GT

Pilihan motor bekas Rp 5 jutaan selanjutnya adalah Mio Soul produksi 2010. Buat yang belum tahu, ini merupakan pendahulu dari Soul GT.

Masih pakai mesin 113 cc dan masih mengandalkan sistem penyemprotan bahan bakar karburator. Kelebihan dari Mio Soul, bodinya lebih gemuk, sehingga terkesan gagah dan cocok buat laki-laki. Beda dengan Mio biasa yang bodinya terlalu ramping.

Di atas kertas, mesin Yamaha Mio Soul 2010 cukup untuk berkendara di perkotaan. Bagaimana, tertarik dengan skutik bekas satu ini?

4. Yamaha Mio J – Tahun 2012

motor bekas Rp 5 jutaan - Mio J

Kelebihan motor Mio J ini sudah dilengkapi sistem injeksi

Apabila kamu kurang berminat dengan Mio Soul, pilihan berikutnya adalah Yamaha Mio J tahun 2010. Kelebihan dari motor matik ini, sudah dilengkapi dengan sistem penyemprotan bahan bakar injeksi.

Baca juga  Yamaha FZ-X 150 Connected, XSR 155 Versi Murah

Dengan injeksi, Mio J diklaim lebih irit bahan bakar oleh Yamaha. Angka konsumsi BBM skuter tersebut lebih baik sekitar 30 persen dibanding Mio Sporty atau versi karburator.

Kemudian motor Mio injeksi ini juga punya bodi lebih ramping dari Mio Soul. Alhasil lebih enak diajak selap-selip di kemacetan.

Bicara mesin, Mio J mengusung konfigurasi 4-tak SOHC 2 klep dengan kapasitas 113 cc. Yamaha mengklaim tenaganya mencapai 7,75 PS pada 8.500 rpm.

5. Yamaha Jupiter Z – Tahun 2010

Yamaha Jupiter Z 2010

Jupiter Z 2010

Tidak hanya skutik yang bisa kamu pilih dengan dana sekitar Rp 5 jutaan. Kalau ingin motor bebek, pilihannya ada Yamaha Jupiter Z 2010.

Untuk urusan durabilitas, sepeda motor ini rasanya pantas untuk diandalkan untuk menunjang kesaharian kamu. Performa mesin yang ditawarkan pun sudah cukup mumpuni.

Motor satu ini dilengkapi mesin 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin udara, silinder tunggal. Tenaga yang dihasilkan sebesar 6,6 kW pada putaran 7.500 rpm dengan torsi sebesar 9,0 Nm pada 4.000 rpm.

Bahkan Jupiter Z kerap dijadikan motor balap pada masanya. Soal sistem penyemprotan bahan bakar, motor bebek ini masih mengandalkan karburator.

6. Honda Revo Fit – Tahun 2012

motor bekas Rp 5 jutaan - honda revo fit

Lansiran 2012 Revo Fit masih pakai karburator

Pilihan motor bebek bekas Rp 5 jutaan berikutnya adalah Honda Revo Fit. Banderolnya cukup terjangkau, karena memang harga barunya juga murah. Bisa dikatakan, Revo Fit adalah motor Jepang termurah di Indonesia.

Walau murah, namun daya tahan Revo sungguh mantap. Motor bebek ini sudah teruji melewati berbagai kondisi jalan. 

Kemudian yang paling istimewa, konsumsi BBM sangat irit. Hanya saja memang Revo Fit tahun 2012 masih menggunakan karburator dengan kubikasi jantung mekansi 110 cc.

Sebagai informasi tambahan buat kamu. Waktu peluncurannya pertama kali dalam versi baru, Revo Fit lansiran 2012 merupakan versi murah dari motor Honda Absolute Revo.

7. Yamaha Xeon – Tahun 2010

Yamaha Xeon 2010, motor bekas Rp 5 jutaan

Jantung mekanis Yamaha Xeon mengandalkan mesin 125 cc

Xeon jadi salah satu pilihan motor bekas Rp 5 jutaan. Walau kurang populer, skutik Yamaha satu ini cukup bisa diandalkan. Dalam artian tidak banyak masalah.

Baca juga  Spesifikasi Suzuki Saluto 125, Skutik Retro Rival Honda Scoopy

Buat kamu yang memiliki postur tubuh agak besar, rasanya cocok untuk menunggangi motor yang satu ini. Pasalnya Yamaha Xeon punya bodi yang lumayan besar.

Urusan mesin, Yamaha Xeon juga masih bisa diandalkan. Untuk itu, kami merekomendasikan motor bekas satu ini untuk menunjang aktivitasmu sehari-hari.

Di atas kertas, Yamaha Xeon dilengkapi mesin 4 langkah, 2 katup, SOHC, silinder tunggal, liquid cooled berkapasitas 124,86 cc. Mesin itu menghasilkan tenaga 11,4 ps dengan torsi 10,10 Nm.

Nah, apakah skutik ini bisa menjadi salah satu solusi dalam menunjang mobilitas kamu? Pilihannya kami kembalikan ke kamu.

8. Honda Vario 110 cc – Tahun 2007

Honda Vario 2007

Vario 110 lansiran 2007 masih menggunakan karburator

Honda Vario 110 produksi 2007 kini sudah dijajakan dengan rentang harga sekitar Rp 5 jutaan. Skutik ini tentunya bisa jadi salah satu rekomendasi motor bekas yang mungkin sesuai dengan kebutuhan kamu.

Skutik Honda satu ini dipersenjatai mesin SOHC, 4 langkah, 2 katup, berpendingin cairan. Mesin itu masih menggunakan sistem pengabutan karburator. Maklum motor sudah cenderung lawas.

Spesifikasinya mesin ini berkubikasi 110 cc, dengan tenaga 8,99 ps dengan torsi 8,4 Nm. Urusan mesin Honda Vario dikenal cukup bandel, selain itu suku cadangnya pun mudah didapat. Meski sudah berumur, namun kamu tak perlu khawatir untuk urusan perawatannya.

9. Honda BeAT – Tahun 2008

motor bekar Rp 5 jutaan - Honda BeAT 2008

Honda beat generasi pertama masih pakai karburator

Pilihan motor bekas Rp 5 jutaan selanjutnya adalah Honda BeAT produksi 2008. Walau tahun tua, skutik ini masih sangat diminati oleh masyarakat.

Alasan banyak orang membeli Honda BeAT, karena memiliki bodi yang ramping. Serta memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik.

Perawatannya pun mudah, dengan ketersediaan suku cadang yang beragam. Skutik satu ini dilengkapi mesin 4 langkah, SOHC berpendingin, silinder tunggal mendatar 108cc dan masih pakai karburator. Beda dengan Honda Beat generasi terbaru yang sudah injeksi dan pakai rangka eSAF.

Daya yang dihasilkan sebesar 8,22 ps dengan torsi sebesar 8,3 Nm. Mesin ini sejatinya sudah cukup mumpuni menunjang aktivitas kamu. Hanya saja, banyak yang mengeluhkan, ketika pertama kali dinyalakan. Suara yang keluar cenderung kasar.

Sekarang sudah tahukan motor bekas apa saja yang bisa kamu pilih, dengan rentang harga Rp 5 jutaan? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, ya!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika