by

4 Rekomendasi Oli Motor Tua, Awas Salah Pilih!

Motor yang telah berumur, cenderung membutuhkan pelumas dengan tingkat kekentalan atau viskositas yang lebih tinggi. Setidaknya ada sejumlah rekomendasi oli motor tua yang bisa diandalkan.

Seperti diketahui, biasanya memilih pelumas berdasarkan pada tingkat viskositas. Kekentalan sendiri terbagi dua, kental dan encer yang mungkin bisa disesuaikan dengan spesifikasi mesin motor.

Penting untuk diingat, definisi motor tua juga tak selalu berdasarkan tahun. Karena sejatinya usia pakai kendaraan dihitung berdasarkan kilometer yang telah ditempuh. Sejalan dengan itu, biasanya motor tua diukur dari mesin yang telah melalui puluhan ribu kilometer.

Keausan mesin sepeda motor sejatinya bisa saja terjadi. Sebagai contoh motor baru direkomendasikan untuk memakai oli dengan spesifikasi 10W40 atau 5W40.

Berbeda jika motor dengan pemakaian berat, yang telah menempuh jarak hingga puluhan ribu kilometer.  Motor tua menggunakan SAE yang lebih kental itu normal.

Tingkat keausan yang tinggi dapat mengakibatkan adanya gap atau celah antara piston dengan liner. Saat terjadi gap, maka dibutuhkan oli yang lebih kental untuk merapatkan piston.

Oleh karena itu, sebaiknya pemilik kendaraan wajib melakukan pengecekan dibagian knalpot. Apakah sudah mulai ngebul. Jika sudah, sebaiknya kalian menggunakan oli dengan SAE yang lebih kental.

Namun jangan pernah melebih batas maksimal kekentalan pelumas. Misalkan dari 5W40 sampai 15W50. Ketika sudah sampai batasan maksimal, tidak disarankan untuk naik SAE lagi.

Bila menggunakan pelumas kental, kondisi mesin tidak mengalami perubahan. Sebaiknya kalian segera melakukan turun mesin ataupun servis kendaraan secara menyeluruh.

Baca juga  5 Manfaat Oli Bekas Untuk Digunakan Sehari-Hari

Berikut sejumlah rekomendasi oli motor tua yang bisa kalian pergunakan:

1. Evalube 4T Runner, Rekomendasi Oli Motor Tua

Evalube, rekomendasi oli motor tua terbaik
Evalube, bisa jadi rekomendasi oli motor tua terbaik

Rekomendasi oli motor tua yang pertama, pemilik kendaraan mungkin bisa menggunakan Evalube 4T Runner. Pasalnya pelumas ini memiliki menawarkan bahan dasar mineral yang berkualitas. Di samping itu mengandung viscosity improver yang tinggi, sehingga menjadikan pelumas mesin lebih stabil.

Pelumas ini diklaim cocok untuk motor yang telah menempuh jarak tinggi di atas 2.000 Km. Oli mesin tersebut telah memenuhi standar JASO MA2 API SF dan cocok digunakan pada mesin 4-tak.

Evalube 4T Runner dengan kekentalan 20W-40 diklaim cocok untuk motor berkubikasi 100cc hingga 250cc. Beberapa konsumen yang sudah mencobanya, mengatakan bahwa semakin lama oli  ini dipakai, motor terasa semakin enak.

2. AHM Oil

AHM Oil, bisa digunakan sebagai oli motor diluar Honda
AHM Oil, bisa digunakan sebagai oli motor diluar Honda termasuk rekomendasi oli motor tua

Membahas mengenai rekomendasi oli motor terbaik selanjutnya, mungkin kalian bisa menggunakan jajaran produk pelumas AHM Oil. Pasalnya tentu pelumas ini cocok untuk digunakan jajaran produk motor Honda.

Jadi jika kalian menggunakan motor tua merek Honda, tak ada salahnya menggunakan produk milik AHM Oil. Pilihan produk terdiri dari dua jenis, yakni SPX dan MPX.

Masing-masing produk ditawarkan dengan kualitas yang berbeda-beda. AHM Oil SPX pakai material fully synthetic. Sementara MPX menggunakan oli mineral.

Baca juga  Kiprah Pertamina Lubricants di Pasar Domestik dan Global

Khusus untuk motor tua, sebaiknya memilih pelumah AHM Oil MPX yang ditawarkan dalam tiga varian. Oli ini khusus diciptakan untuk motor-motor lama keluaran Honda yang membutuhkan kekentalan tinggi.

Terkait harganya, AHM Oil memiliki banderol yang terjangkau. Biasanya, paket oli AHM dibanderol dengan rentang harga Rp 40 ribuan perliter.

3. Yamalube, Pelumas Motor Tua Yamaha

oli motor terbaik
Buat kamu pengguna Yamaha, tidak perlu bingung soal memilih oli motor terbaik. Pakai Yamalube saja!

Pengguna motor Yamaha lawas? Rekomendasi oli motor tua selanjutnya kamu bisa menggunakan Yamalube. Pelumas ini merupakan oli yang dirilis pabrikan Garpu Tala.

Ada beragam pilihan untuk motor Yamaha termasuk model 2-tak lawas. Selain untuk motor lawas, tersedia juga untuk jajaran produk skutik Yamaha yang direkomendasikan menggunakan Yamalube Super Matic.

Oli motor yang dijual Rp 66,5 ribu tersebut terbuat dari material full sintetis. Yamalube Super Matic terdapat partikel molybdenum untuk mencegah gesekan di mesin motor. Perlumas ini dapat memaksimalkan tenaga di setiap rentang putaran mesin.

Kalau kamu pemilik motor sport Yamaha, seperti R15, R25, MT-15 dan lain-lain, maka coba pilih Yamalube RS4GP dengan kekentalan SAE 10W-40. Oli ini dirancang untuk membuat perpindahan gigi lebih halus, meminimalkan getaran, serta memaksimalkan performa motor. Harga Yamalube RS4GP mulai Rp 172 ribu.

Pengguna motor 2 tak Yamaha jangan takut tidak kebagian oli samping. Yamalube juga memiliki produk untuk mesin motor 2-tak seperti RX-King. Pakai spesifikasi semi sintetik, harganya Rp 39 ribuan.

Baca juga  4 Seri Oli Balmerol Meluncur, Apa Istimewanya?

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat kamu, dan bisa membantu kalian dalam memilih pelumas yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

Dalam memilih oli motor terbaik di Indonesia, tentu tidka bisa kesampingkan Federal Oil. Perjalanan Federal di Indonesia pun terbilang cukup lama. Soal kualitas tidak perlu diragukan, karena sebelumnya Federal bermitra dengan pabrikan sepeda motor Honda.

4. Federal Oil

Pelumas Federal, salah satu pilihan oli motor terbaik
Pelumas Federal, salah satu rekomendasi oli motor tua terbaik

Mengacu pada rekomendasi oli motor tua selanjutnya mungkin kalian bisa menggunakan jajaran produk Federal Oil. Pasalnya kiprah Federal Oil tak perlu diragukan lagi di Indonesia.

Line-up produk Federal Oil dikenal memiliki banderol terjangkau dan kualitas yang tentunya terjamin.

Jajaran produk yang cukup laris di pasaran adalah Federal Oil Supreme XX 30 dengan tingkat kekentalan yang tinggi dan didukung dengan teknologi baru. Produk ini diklaim juga cocok digunakan untuk motor tua yang beredar di Indonesia.

Oli ini mampu bekerja dengan baik di ruang mesin sehingga performa motor akan lebih optimal dan mampu menjaga motor tetap dalam kondisi terbaik.

Gimana sekarang sudah tahukan rekomendasi oli motor tua apa saja yang bisa kalian gunakan? Semoga informasi di atas dapat bemanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru