Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Rekomendasi Velg Avanza-Xenia Ring 15, Harganya Terjangkau

by Firdaus Ali
velg avanza-xenia ring 15

Velg Avanza-Xenia ring 15 digunakan pada varian tertinggi dari masing-masing brand tersebut. Untuk Toyota Avanza, Veloz adalah yang menggunakan ukuran velg ring 15 dengan PCD 114,3. Sedangkan untuk Avanza varian E 1.3 dan G 1.3 menggunakan velg ukuran 14 inci PCD 114,3.

Berbeda dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia untuk semua varian mengusung ukuran velg ring 14 dengan PCD 114,3. Karena itulah, beberapa pemilik Xenia mengganti ukuran velgnya dengan ukuran 15 inci agar terlihat lebih gagah. Sama halnya dengan pemilik Toyota Avanza varian 1.3 E dan 1.3 G.

Kualitas performa kaki-kaki mobil memang sangat penting, tapi dari sisi estetika juga perlu diperhatikan. Inilah alasan mengapa pemilik mobil yang mengganti velg mobil dengan desain dan ukuran yang berbeda dari versi OEM.

“Jika ingin mengganti velg ukuran standar pabrikan itu baiknya dengan ukuran satu sampai dua inch di atasnya. Misalnya Avanza yang menggunakan ukuran velg 14, kalo mau ganti ukuran 15 atau 16 agar dipakainya masih nyaman baik untuk perjalanan dalam kota dan luar kota,” ujar Sony, salah satu pemilik toko velg dibilangan H. Nawi Jakarta Selatan. (3/9/2021).

Sebelum mengulas mengenai pilihan velg Avanza-Xenia ring 15, ada baiknya memahami dulu arti dari Pitch Circle Diameter alias PCD. Istilah lain dari PCD adalah stud pattern atau bolt pattern. Secara sederhana, penjelasan PCD adalah jarak antar lubang baut roda yang ada di velg.

Baca juga  Recall Toyota Terkait Airbag Kembali Dilakukan

Untuk mengukurnya, bisa dengan cara mengambil titik terlurus dari setiap lubang baut roda. Kalau ada empat baut di sana, maka yang diukur adalah setiap lubang baut roda yang berseberangan. Bagaimana jika ada lima baut, cara mengukurnya tinggal menarik garis antar lubang baut roda yang ada di seberangnya juga.

“Banyak juga pemilik mobil yang mengubah PCD aslinya, sebenarnya hal tersebut tidak disarankan karena bisa merusak komponen kaki-kaki serta berpengaruh pada faktor keselamatan berkendara. Misalnya saja mobil Avanza velgnya diganti dengan Velg kepunyaan Mercy yang mengusung baut 5. Otomatis harus dibubut untuk mengubah PCD-nya. Harus bengkel yang terpercaya untuk merubah PCD agar aman,” imbuh Sony.

Beberapa pilhan velg Avanza-Xenia ring 15

1. HSR Noshiro

velg avanza-xenia ring 15

HSR Noshiro

Salah satu pilihan menarik velg Avanza-Xenia ring 15 HSR Noshiro. Velg ini mempunyai desain yang apik jika dipasangkan dengan Avanza atau Xenia. Mempunyai ukuran PCD 114,3 dengan warna hitam dengan sentuhan garis tipis warna merah.

Kelebihan velg ini adalah mempunyai ukuran yang sama dengan ukuran PCD bawaan pabriknya, selain itu untuk pemilik Avanza Veloz tidak perlu lagi membeli ban baru karena sudah sesuai dengan ukuran velg ini.

Mengenai harganya, velg HSR Noshiro ring 15 dibanderol kisaran Rp 4,6 jutaan satu set alias empat unit.

Baca juga  Harga Mitsubishi Xpander Exceed 2023, Varian Murah Fitur Berlimpah!

2. Enkei RPF1

velg avanza-xenia ring 15

Enkei RPF 1

Siapa yang tak kenal brand Enkei. Produknya terkenal dengan desain yang simpel namun timeless. Velg Avanza-Xenia ring 15 pada Enkei RPF1 ini mengusung desain palang 4 dengan beberapa pilihan warna seperti putih dan silver.

Ukuran PCD 114,3 alias sama dengan bawaan Avanza atau Xenia. Dengan mengusung desain yang simpel dan timeless velg enkei ini cocok untuk dipasangkan dengan berbagai mobil selain Avanza dan Xenia. Velg ini dibanderol harga kisaran Rp 3 jutaan satu set.

3. Enkei RCG 5

velg avanza-xenia ring 15

Enkei RCG 5

Bagi pemilik Avanza atau Xenia yang mempunyai selera blink-blink, velg Enkei RCG 5 cocok untuk dipinang. Yup, mengusung warna gold serta desain jari-jari dengan kombinasi lubang-lubang membuat mobil yang dipasang dengan velg ini terlihat megah.

Selain itu, untuk ukuran PCD juga masih mendukung untuk diaplikasikan di Avanza atau Xenia, yaitu 114,3. Untuk harganya, ada dikisaran Rp 3,8 juta satu set alias empat unit.

4. HSR Brembo

velg avanza-xenia ring 15

HSR Brembo

Mengusung desain palang enam dengan dominasi warna hitam glossy dengan sentuhan garis silver pada tiap palangnya membuat velg HSR Brembo ini terlihat elegan.

Selain itu, ada juga pilihan warna dominasi hitam glossy dengan sentuhan warna merah di tiap garis palangnya.

Perihal PCD juga masih sama dengan bawaan pabrik Avanza ataupun Xenia, yaitu 114,3. Sedangkan harganya dikisaran Rp 4,5 jutaan satu set atau empat unit.

Baca juga  Cara Menghitung Pajak Mobil Fortuner, Semahal Apa?

5. HSR Bear

velg Avanza-xenia ring 15

HSR Bear

Ada pilihan menarik bagi kaum hawa untuk velg Avanza-Xenia ring 15, adalah velg HSR Bear cocok untuk dipasangkan ke Avanza atau Xenia kesayangannya. Desainnya unik, adalah berbentuk panda sesuai namanya.

Tersedia hanya dalam pilihan satu warna yaitu silver glossy. Selain itu ukuran PCD adalah 114,3 yang notabennya sudah sesuai dengan ukuran pabrikan Avanza atau Xenia.

Perihal harga, velg dengan motif panda ini dibanderol harga kisaran Rp 6 jutaan satu set atau empat enuit.

“Ada beberapa pemilik mobil dengan budget besar lebih memilih velg orisinil, misalnya Enkei buatan asli Jepang yang harganya dikisaran Rp 8 juta sampai Rp 12 jutaan untuk ring 15,” tambah Sony.

“(Walau begitu) Kami lebih banyak menyediakan stok velg replika buatan Thailand atau Taiwan yang harganya lebih terjangkau. Jika berbicara keamanan, velg replika aman-aman saja dipakai untuk harian asal tidak sering menghajar lubang. Namun jika dipakai dijalanan yang rusak secara terus menerus ya bisa rusak velgnya,” tutup Sony.

Moladiners, itulah ulasan mengenai velg Avanza-Xenai ring 15. Untuk informasi otomotif menarik lainnya pantau terus Moladin.com.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika