Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Tuas Rem Cakram Keras? Jangan Anggap Sepele! Akibatnya Bisa Fatal

by Jinny

Haloo sobat, jumpa lagi sama Jinny. Bahas soal sistem pengereman, sepertinya komponen satu ini harus bener-bener diperhatiin, brosist. Sistem pengereman nggak bisa dipandang sebelah mata dari segi fungsi dan perawatannya. Karena segala macam gangguan yang muncul di sana bisa berujung bencana. Hati-hati sob, saat tuas rem cakram keras, masalah sepele bisa jadi fatal, loh. Seperti halnya yang udah Jinny alami sendiri belum lama ini.

Bukan, Jinny bukan habis kecelakaan. Cuma nyaris saja motor Yamaha Nmax 155 ABS ini nyundul mobil pick-up yang ada di depan Jinny yang tiba-tiba ngerem mendadak. Kemaren itu ceritanya, tuas rem depan motor Jinny terasa agak keras pas ditarik. Kalo kemaren itu bener-bener nggak dipaksa, bisa-bisa motor kesayangan nggak berhenti. Hmm… untung aja masih bisa manfaatin rem belakang dan speed juga nggak terlalu kencang.

Asli, ngeri banget, sob. Sejujurnya ini adalah kesalahan Jinny sendiri karena nggak melakukan langkah penanganan secepatnya. Tuas rem cakram depan motor terasa keras sudah terjadi agak lama. Namun Jinny belum servis motor berkala ke bengkel langganan Jinny untuk membetulkannya.

Baca juga  5 Selebriti Indonesia Hobi Motor Klasik, Bisa Jadi Inspirasi Nih!

Oke, skip. Nggak lama setelah kejadian apes itu, Jinny putusin melipir ke bengkel langganan yang ada di cukup deket dari kantor Moladin untuk ngecek kondisi tunggangan kesayangan. Sepertinya gangguan sepele di sektor pengereman menjadi salah satu item yang harus diselesaikan sang mekanik.

(BACA JUGA : Aplikasi Moladin Kini Bisa Mencari Lokasi Bengkel Terdekat Loh, klik disini!)

Hmm… ternyata bener, sob. Master rem depan motor Jinny udah nggak beres. Tapi kerasnya rem cakram depan yang keras ini bukan masalah besar untuk dibenerin. Jadi rupanya penyebab tuas rem cakram keras karena piston pada master rem udah kotor. Dalam kasus motor Jinny ini bahkan sudah terdapat kerak.

Salah Satu Penyebab Tuas Rem Cakram Keras, Silinder Master Rem Terdapat Jamur/Kerak

Salah Satu Penyebab Tuas Rem Cakram Keras, Silinder Master Rem Kotor

 

Ternyata kenapa bisa sampai begini itu karena sering kehujanan, brosis. Jamur atau kerak berwarna putih dalam komponen master rem ini mirip garam yang udah mengkristal. Itu akibat reaksi kimia, bahasa kerennya oksidasi. Wah, kalau dipikir-pikir, karena hal sepele bisa bahaya banget nih. Cuma gara-gara motor sering keujanan, bisa menimbulkan potensi kecelakaan seperti yang udah dialami oleh Jinny.

Komponen Kecil Satu Ini Harus Bebas Dari Kotoran

Komponen Kecil Satu Ini Harus Bebas Dari Kotoran

 

Baca juga  Honda Tiger Siap Reborn, Basis CBF190TR yang Rilis di China

 

Cara Mengatasi Tuas Rem Cakram Keras

Tapi tenang sob, hal itu bisa dihindari kok. Jika tuas rem cakram keras, bisa kalian atasi dengan sangat mudah. Caranya dengan melepas pengait master rem, kemudian copot karet penutup piston atas. Lalu bersihkan batang piston yang berkerak tersebut dengan WD-40 atau cairan pembersih lainnya, seperti dikatalog sparepart website Moladin, klik aja disini. Nah, setelah itu brosis bisa menutupnya lagi dengan karet yang tadi seperti semula.

Langkah tersebut ternyata sangat mujarab. Tuas rem cakram keras kembali jadi empuk seperti baru dan rem kembali pakem, sob. Nah, saran Jinny, sebaiknya sobat Moladiners jangan sampe menunda-nunda untuk membetulkannya. Tinggal membawanya ke bengkel, udah beres. Atau kalian bisa membetulkannya sendiri seperti yang udah Jinny terangkan caranya di atas.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika