by

Renault Kiger 2021 Indonesia, Cuma Rp 75 Juta?

Segmen SUV kompak di Indonesia kembali ramai pasca Renault Kiger 2021 dikabarkan siap melantai. Kehadiran SUV asal Prancis ini memang cukup menarik perhatian sejak sketsa kemunculannya beberapa waktu lalu.

Setelah terbitnya Peraturan Kementerian Dalam Negeri No.1 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan, PT Maxindo Renault Indonesia, sebagai Agen Pemegang Merk (APM) Renault di Indonesia memastikan untuk mendatangkan model baru dalam waktu dekat.

Dalam dokumen yang viral beberapa waktu lalu, Renault, kedapatan tengah memasukkan dua tipe Renault Kiger 2021 untuk konsumen Indonesia. Dijabarkan dari dokumen tersebut tipe yang dimaksud adalah Kiger RXT dan RXZ, dengan spesifikasi mesin yang berbeda namun sama-sama berkapasitas 1.0 Liter.

Sedangkan untuk varian yang diboyong, masih mengacu pada dokumen Permendagri, Renault Kiger ini hadir dalam empat trim sebagai berikut:

  1. Kiger 1.0L RXT 4X2 A/T
  2. Kiger 1.0L RXT 4X2 M/T
  3. Kiger 1.0L Turbo RXZ 4X2 A/T
  4. Kiger 1.0L Turbo RXZ 4X2 M/T
Baca juga  Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross, Beli yang Mana?

Di samping kedapatan membawa produk baru, untuk harga yang akan ditawarkan juga sudah diinformasikan secara gamblang. Meski masih berstatus Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), Renault Kiger memiliki nilai mulai dari Rp 75 jutaan sampai Rp 79 jutaan.

Menarik melihat NJKB Kiger, ternyata lebih murah jauh bila dibanding saudaranya Triber yang mencapai Rp 94 juta – 106 juta. Lalu Kiger pun lebih murah pula dari Renault Kwid yang NJKB-nya Rp 83 juta – 99 juta.

Walau demikian harga tersebut tidak mengikat karena masih akan ditambahkan dengan beberapa variable lain. Nantinya, setelah diformulasikan baru Renault bisa menginformasikan berapa harga on the road untuk model terbaru ini.

Bukan tidak mungkin, banderol OTR Kiger 2021 justru lebih mahal dari Triber dan Kwid.

Spesifikasi Renault Kiger 2021

Renault Kiger 2021
Renault Kiger menggunakan mesin 1.0 liter dengan tambahan turbocharger

Kehadiran Renault Kiger 2021 ini sempat menarik perhatian masyarakat otomotif Indonesia. Pasalnya, mengintip spesifikasi yang ditawarkan, SUV ini hadir dengan dimensi yang kompak karena dibekali dengan panjang 3.991 mm, lebar 1.536 mm dan tinggi 1.605 mm.

Baca juga  Ini Bedanya Honda N7X dan BR-V, Bagus Mana?

Selain itu, bicara mengenai mesin 1.0 liter yang diadopsikan mampu memberikan tenaga yang lumayan besar. Berdasarkan informasi yang beredar untuk pasar India, Renault Kiger mampu memproduksi tenaga sebesar 72 PS dan torsi 96 Nm (mesin 1.0L) dan 100 PS dengan torsi 160 Nm (mesin 1.0L Turbo).

Kehadiran Renault Kiger ini juga mengadopsi platform yang sama dengan Renault Triber. Di mana, Kiger ini menggunakan platform CMF-A+. Platform tersebut juga digunakan oleh Nissan dalam membangun produk terbaru mereka, Magnite.

Fitur Unggulan Renault Kiger

Renault Kiger 2021
Renault Kiger dibekali dengan beberapa fitur unggulan

Meski Renault Kiger 2021 dibanderol dengan harga yang entry level, namun untuk urusan fitur Renault tidak main-main. Sederet fitur yang dibenamkan antara lain adalah adanya wireless charging yang biasanya diadopsikan pada mobil premium, digital instrument cluster, wireless Android Auto dan Apple CarPlay, Wireless Air Filter dan engine start stop button.

Sementara untuk fitur keamanan, Renault juga sudah dibekali dengan tingkat keselamatan yang mumpuni karena mengadopsi Anti-lock Braking System, Driver and Passenger Airbag.

Baca juga  Biaya Perawatan Suzuki XL7 Hanya Rp3.800 Per Hari

Pantau terus Moladin untuk mengetahui informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif.

Terbaru