by

Renault Kiger, SUV Murah yang Bakal Mengaspal di Indonesia

Renault Kiger Indonesia – PT Maxindo Renault Indonesia (MRI), selaku agen pemegang merek (APM) Renault di Indonesia, berencana untuk menambah line-up produk mereka untuk pasar otomotif Tanah Air. Produk terbaru Renault bakal mengisi segmen sport utility vehicle (SUV).

Produk terbaru Renault yang bakal diboyong ke Indonesia, diketahui bernama Kiger. Kehadiran Renault Kiger bakal semakin melengkapi jajaran produk pabrikan asal Perancis itu.

Renault Kiger sendiri merupakan hasil pengembangan dari model Triber yang, Kwid Climber, dan Duster yang lebih dulu masuk pasar Nasional.

“Renault Kiger itu merupakan mobil yang bagus dan menarik dari hasil pengembangan Triber yang saat ini sudah dipasarkan di Indonesia. Jadi kalau ada produk yang serupa, kita mungkin bisa bawa,” ujar Davy J Tuilan, selaku Chief Operating Officer (COO) PT Maxindo Renault Indonesia ketika dihubungi Moladin via selular, Rabu (20/5/2020).

Lebih lanjut Davy pun turut menekankan bahwa produk terbarunya itu akan dibawa ke Indonesia. Namun sayang, hingga saat belum bisa memastikan waktu peluncurannya.

“Kiger pasti masuk ke Indonesia, tapi untuk waktu peluncurannya saat ini kita masih rundingkan dahulu. Mengingat tahun ini pameran otomotif harus mundur, bahkan ada yang dibatalkan,” jelas Davy.

Baca juga  Komparasi Renault Kwid Climber Vs Toyota Agya, Mobil Murah Rp150 Juta

Kemungkinan prosesi peluncuran bakal dilangsungkan di salah satu ajang pameran otomotif nasional. Meski pihak produsen hingga saat ini masih belum bisa memastikan waktu yang tepat.

Mengenal Detail Renault Kiger yang Akan Masuk Indonesia

Konsep Renault Kiger untuk Indonesia
Renault Kiger dibangun dari basis yang sama dengan Triber

Sedikit mengulas lebih dalam terkait produk SUV Renault itu. Kiger jika benar masuk Indonesia, bakal bertarung di segmen SUV kompak. Produk ini diklaim cocok untuk pasar otomotif Asia.

Masalahnya adalah sampai sekarang, mobil ini belum pula meluncur di negara asalnya, India. Kemungkinan peluncurannya di Negeri Bollywood bakal terlaksana pada Juli 2020 mendatang.

Dari bocoran yang kami terima, Renault Kiger dibangun dari basis Compact Modular Family (CMF-A). Platform tersebut juga digunakan oleh mobil keluarga andalan Renault di Indonesia, yakni Triber. Menariknya Renault Kiger sudah dilengkapi dengan serangkaian fitur-fitur modern.

Lampu depannya sudah menggunakan jenis LED dan DRL berbentuk C yang menyudut, dan terlihat begitu gagah dan menarik. Layaknya produk-produk SUV pada umumnya.

Guna menunjang tampilannya agar terlihat sportif, Renault Kiger dilengkapi dengan pelek berukuran 16 inci, serta dilengkapi dengan antena sirip hiu di bagian belakang.

Masuk ke dalam kabin, Renault Kiger sudah disematkan head unit layar sentuh yang sudah terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Tersedia juga kluster instrument full digital, AC di bagian belakang, serta piranti lainnya.

Baca juga  Renault Triber Mesin Turbo, Torsinya Gila!

Untuk jantung mekanisnya, Renault Kiger dipersenjatai dengan mesin 1.000 cc 3-silinder dengan turbo dengan pilihan transmisi manual dan AMT, serupa dengan Triber. Bedanya, ada penyesuaian output dari mesin ini menjadi 99 hp dan torsi maksimum 160 Nm.

Berdasarkan hasil penelusuran Moladin, dari sejumlah situs di India. Diperkirakan mobil ini akan ditawarkan dengan banderol 600 ribu ruppe hingga 850 ribu rupee.

Apabila dikonversi ke Rupiah, harga Renault Kiger sekira Rp 117 juta hingga Rp 166 jutaan. Harga tersebut tentunya sangatlah terjangkau. Namun yang perlu diingat, harga tersebut belum termasuk dengan biaya bea masuk dan lainnya.

Kehadiran Renault Kiger sendiri diproyeksi bakal menjadi rival kuat dari dua mini SUV yang juga bakal masuk Indonesia, yakni Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Line-up Produk MRI di 2020

Renault Kiger yang diproyeksi meluncur di Tanah Air

Sekadar informasi, Maxindo Renault Indonesia saat ini menjajakan sejumlah produk di Indonesia, mulai dari city car, SUV, hingga MPV.

Setidaknya ada empat produk yang ditawarkan, mulai dari Renault Kwid yang bermain di segmen city car. Lalu ada juga Renault Triber yang sejatinya bisa mengusik empat segmen sekaligus yaitu LCGC 5-Seater, LCGC 7-Seater, low MPV, dan Hatcback.

Baca juga  5 Kekurangan Renault Kwid Climber, Jangan Salah Beli!

Tidak sampai di situ saja, Maxindo Renault Indonesia pun memiliki dua produk yang patut diperhitungkan, yaitu Renault Koleos dan Renault Duster. Kedua produk itu bertarung di segmen SUV Tanah Air.

MRI pun meyakini, dengan hadirnya jajaran produk-produk terbaru di Indonesia, mampu memperkuat pasar Renault di pasar otomotif Tanah Air.

Sejauh ini, tulang punggung penjualan Renault adalah Triber. Mobil anyar tersebut dipasarkan dengan banderol mulai Rp 166,9 juta hingga Rp 179,9 juta.

Bukan tidak mungkin, saat Kiger hadir, SUV ini yang bakal jadi penjualan terbaik untuk Renault. Tentu saja dengan catatan, harganya jangan lebih jauh dari Triber.

Well, Kita tunggu bersama kedatangan Renault Kiger di Indonesia. SUV murah bermesin turbo. Rush dan Terios, waspadalah!

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru