oleh

Replika Toyota GR Supra dari 470 Ribu Lego Muncul di Jepang

Hal unik dilakukan oleh Lego Jepang. Mereka menampilkan replika Toyota GR Supra dalam dimensi sebenarnya, yang dibuat dari 477.303 keping Lego serta 291 bentuk.

Kendaraan replika tersebut dipamerkan di Legoland Japan Resort di Nagoya City, mulai 12 Agustus hingga 11 Oktober 2021. Pembuatan mobil GR Supra dari Lego, memakan waktu total 5.400 jam dengan rincian 3.000 jam untuk desain dan 2.400 jam buat memproduksinya.

“Alasan dibuatnya replika Toyota GR Supra Lego karena merayakan 35th anniversary dari Supra dan peluncuran Lego Speed Champions Toyota GR Supra,” seperti dikutip dari laman response.jp.

Tampilan Mirip Aslinya

replika toyota gr supra dari lego
Jok pengemudi menggunakan model asli dari Toyota GR Supra (Foto: Respons.jp)

Hanya saja memang, tidak semua mobil replika ini terbuat dari Lego. Ada beberapa komponen asli yang berasal dari Toyota GR Supra seperti setir, pedal rem dan gas, jok pengemudi, roda, dan ban. Logo GR Supra serta Toyota di eksterior mobil replika, juga menggunakan model aslinya.

Lampu depan, sein, dan lampu rem dapat bisa diaktifkan. Semuanya memberikan kesan realistis seperti mobil asli.

Baca juga  Sejarah Toyota Rush, Sudah Dua Generasi

Replika Toyota GR Supra dari Lego itu pun bisa diajak berkendara. Pasalnya tertanam motor elektrik yang bisa membawanya maju dan mundur dengan kecepatan maksimal 28 km/jam.

Ketika sesi foto bersama para media Jepang, replika Toyota GR Supra itu disandingkan dengan GR Supra yang sebenarnya. Alhasil keduanya tampak sangat mirip, sama-sama punya gaya coupe dan menggunakan warna bodi kuning.

Bedanya untuk versi lego, tampilan eksterior agak bergelombang karena disusun dari balok-balok kecil. Kemudian mobil replika ini juga tidak punya kaca yang membatasi interior dan eksterior.

Sebelumnya, Lego Jepang pernah membuat replika mobil lain dengan ukuran besar atau menyerupai sebenarnya. Replika itu antara lain untuk Bugatti Chiron dan Lamborghini Cyan FKP37.

Spesifikasi Toyota GR Supra

replika toyota gr supra
Setir yang digunakan oleh mobil replika ini berasal dari GR Supra asli (Foto: Response.jp)

Terlepas dari replika Toyota GR Supra, mobil aslinya sungguh punya kemampuan istimewa. Kendaraan sport produksi pabrikan berlogo T ini dibekali mesin 3.000 cc 6-silinder. Jantung mekanis itu bisa melontarkan tenaga hingga 381,7 hp pada 5.800-6.500 rpm dan tenaga maksimal 500 Nm pada 1.800-5.000 rpm.

Baca juga  7 Perbedaan Toyota Avanza dan Transmover Taksi

Mobil ini hadir tidak sembarangan, berbagai uji coba sudah dilakukan lebih dulu oleh tim teknisi Gazoo Racing di lintasan sirkuit. Bahkan saat masih dalam wujud prototype, mobil sport tersebut diikutsertakan dalam lomba ketahanan di Sirkuit Nurburgring, Jerman. Sebagai informasi tambahan, Toyota GR Supra merupakan mobil kembar yang memiliki platform serupa dengan BMW Z4.

Kelebihan lain dari Toyota GR Supra adalah pembagian bobotnya bisa seimbang 50:50 antara bagian depan dengan belakang. Ini menjadi faktor yang penting untuk menjaga performanya agar mantap melibas tikungan. Ada pula teknologi Limited Slip Diffrential (LSD) yang dikontrol secara elektronik.

Jika kamu tertarik meminang mobil sport ini, harga Toyota GR Supra di Indonesia tembus Rp 2,2 miliar. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru