Repsol dengan HRC Dirumorkan Pisah Usai MotoGP 2020, Kok Bisa?

Baru-baru ini beredar kabar kalau Repsol akan berpisah dengan HRC (Honda Racing Corporation) usai MotoGP 2020. Kabar ini tentu mengejutkan banyak pihak, pasalnya kerjasama antara keduanya sudah terjalin selama 26 tahun.

Perusahaan minyak asal Spanyol, Repsol sudah menjadi sponsor utama untuk tim pabrikan Honda MotoGP sejak tahun 90an. Hebatnya kerjasama keduanya telah berhasil mengantarkan beberapa rider meraih gelar juara dunia. Mulai dari Mick Doohan, Valentino Rossi, Alex Criville, Nick Hayden dan Casey Stoner. Bahkan, dalam kurun waktu 2013-2019 Repsol Honda sukses sabet gelar juara dunia bersama dengan Marc Marquez.

Dilansir dari laman speedweek.com, rumor yang beredar bahwa pengaruh orang-orang Spanyol sudah terlalu besar bagi pabrikan asal Jepang. Sejak 2013 silam Honda RC213V dikendarai oleh rider asal Spanyol (Marc Marquez, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Alex Marquez).

Selain itu, kabar selanjutnya menyebutkan kalau Honda kurang sepakat jika Repsol terlalu mendominasi motor Honda MotoGP, hampir di seluruh bodi motor tertempel logo Repsol. Mengingat Honda MotoGP juga mendapat dukungan dari beberapa importir minyak, mulai dari Shell, Castrol atau Mobil.

Belum ada keterangan resmi dari pihak Honda dan Repsol mengenai kerjasama antara keduanya yang dirumorkan berakhir usai MotoGP 2020. Jika benar terjadi, kemungkinan besar Shell yang akan menjadi sponsor Honda MotoGP dengan sejumlah pertimbangan.

Mengingat Shell sendiri menjadi sponsor Honda Asia Moto2 yang dimanajeri oleh Hiroshi Aoyama. Pertimbangan selanjutnya, Shell juga sudah menghabiskan waktu bertahun-tahun di ajang Shell Advance Asian Talent Cup.

Baca juga;

 

Red Bull Siap Kucurkan Dana Buat Honda MotoGP?

Red Bull dirumorkan siap isi slot sponsor Honda MotoGP

Honda seakan punya magnet tersendiri buat para sponsor. Setidaknya, Honda tidak perlu khawatir jika nantinya berpisah dengan Repsol. Jelas, untuk pabrikan yang sudah menorehkan sejarah dengan raihan banyak gelar juara tidak sulit menemukan sponsor baru.

Salah satunya adalah Red Bull. Perusahaan minuman energi asal Austria kabarnya juga siap jadi sponsor Honda MotoGP. Meskipun saat ini sudah menjadi sponsor utama dari KTM MotoGP dengan nilai kontrak mencapai 10 juta Dollar Amerika per tahun.

Berbicara nilai kontrak, sanggupkah Red Bull menggantikan Repsol yang memiliki nilai kontrak berada di angka 12 sampai 15 juta Dollar Amerika? Bukan perkara mudah karena memiliki selisih yang cukup jauh. Apalagi menjadi sponsor di dua pabrikan motor yang berbeda pastinya akan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Menarik untuk disimak, akankah mulai MotoGP 2021 Honda akan berganti nama tim menjadi Shell Honda atau Red Bull Honda?

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *