Resiko Rem Tangan Terlalu Lama Digunakan, Benarkah Bisa Bikin Copot?

by Tigor Sihombing
rem tangan

Fitur rem tangan atau rem parkir merupakan salah satu elemen penting yang wajib ada pada mobil-mobil modern. Sesuai dengan fungsinya, rem parkir bertugas menjaga kendaraan tetap diam meskipun diparkirkan di tempat yang menurun atau landai.

Namun, jika digunakan terlalu lama, rem parkir justru bisa menimbulkan masalah serius pada komponen rem.

Rem parkir bekerja dengan cara mengunci rem belakang agar mobil tidak bergerak. Saat tuas rem parkir ditekan, kampas rem akan menempel kuat pada tromol, memastikan mobil tetap stabil di tempat.

Sayangnya, jika rem ini dibiarkan aktif dalam waktu yang lama, kampas rem bisa lengket dengan tromol dan berpotensi copot dari besi penahannya. Hal ini sering terjadi pada mobil yang menggunakan rem tromol di bagian belakang, yang memiliki bidang kontak lebih luas dibandingkan rem cakram.

Masalah kampas rem yang copot dapat semakin parah jika rem parkir digunakan dalam kondisi basah. Air dapat meningkatkan risiko lengketnya kampas pada tromol.

Oleh karena itu, jika mobil akan diparkir dalam waktu yang lama, terutama setelah terkena air, sebaiknya ganjal mobil dengan batu atau balok kayu untuk menghindari masalah ini.

Baca juga  4 Bagian Mobil yang Harus Dibersihkan Usai Mudik

Solusi Jika Rem Tangan Lengket

cara mengatasi mobil terendam banjir
Air dapat meningkatkan risiko lengketnya kampas pada tromol.

Jika rem tangan macet dan mobil tidak bisa bergerak meskipun tuas sudah dibuka, jangan memaksa mobil untuk berjalan. Sebagai solusinya, kamu bisa mencoba langkah berikut:

  1. Tekan tombol pada tuas rem parkir.
  2. Tarik tuas rem parkir dengan kuat, kemudian turunkan dengan cepat.

Jika langkah pertama tidak berhasil, ulangi beberapa kali hingga kampas rem terlepas. Apabila masalah masih berlanjut, ganjal mobil dengan batu atau balok kayu, buka ban, dan coba lepaskan kampas rem secara manual.

Setelah berhasil melepaskan rem yang macet, segera cek kondisi kampas rem. Jika kampas sudah terlihat menipis atau rusak, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Pastikan juga menggunakan kampas rem original yang sesuai dengan spesifikasi mobilmu.

Jika merasa kesulitan, ada baiknya memanggil teknisi dari bengkel resmi untuk penanganan yang lebih aman dan tepat. Rem parkir yang bermasalah bisa menimbulkan risiko besar jika tidak segera ditangani dengan benar.

Demikian ulasan terkait permasalah rem tangan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Wuling Rilis Program Year End Surprise 2020, Ini Kelebihannya

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika