Rabu, April 24, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Review BMW 330i M Sport Pro LCI (G20), Kencang dan Irit BBM!

by Firdaus Ali
Review BMW 330i M Sport Pro LCI

Pada artikel kali ini kita akan review BMW 330i M Sport Pro LCI. Di mana mobil sedan premium ini merupakan versi facelift yang hadir dengan tampilan lebih sporty dan fitur yang lebih lengkap.

Yup, BMW 330i M Sport LCI resmi mengaspal di Indonesia pada Desember 2022 lalu. Sebagai pemimpin di segmennya baik secara global maupun di Indonesia, BMW Seri 3 terus hadirkan beragam terobosan baru dan hadirkan tolak ukur baru di segmennya. Saat ini BMW Seri-3 terbaru tersebut dijual dengan harga Rp Harga 1.097.000.000 (off the road).

“Model ini memiliki arti tersendiri. Model kendaraan ini, berhasil mewujudkan kombinasi tampilan sporty dan kedinamisan luar biasa, juga telah menjadi tulang punggung BMW dalam hal penjualan selama bertahun-tahun,” kata Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia beberapa waktu lalu.

Salah satu kelebihan BMW Seri-3 G20 tersebut adalah performa mesinnya istimewa. Bahkan catatan akselerasinya sukses mengalahkan rival yaitu Mercedes-Benz C300 AMG Line (W206.

Nah, biar tidak semakin penasaran soal kelebihan lain dari sedan ini dan adakah kekurangannya? Mari kita simak review BMW 330i M Sport Pro LCI berikut ini:

Desain Eksterior Terlihat Sporty

Review BMW 330i M Sport Pro LCI

Desain eksterior sporty dan elegan

Review BMW 330i M Sport Pro LCI yang pertama adalah dari sisi desain eksteriornya. Divmana mobil sedan ini hadir dengan aura sporty namun tidak menghilangkan kesan elegan.

Hal itu bisa dilihat dari grill yang dibalut dengan warna Piano Black yang berpadu dengan headlamp LED  yang desainnya lebih ramping dengan bentuk huruf L terbalik dan terlihat modern serta dinamis.

Baca juga  5 Kelebihan Honda City Sedan Generasi Ke-5

Pada bagian belakang, mobil sedan ini mengusung tampilan yang juga kental dengan aura sporty. Hal itu terlihat jelas dengan adanya ducktail serta adanya 2 lubang knalpot. Dan untuk mendukung aura sporty disekujur body, BMW 330i M Sport Pro LCI menyematkan velg alloy berukuran 19 inchi.

Desain Interior Modern & Sporty

Review BMW 330i M Sport Pro LCI

Interior terlihat sporty dan modern

Review BMW 330i M Sport Pro LCI berikutnya adalah dari bagian kabin interior. Tampilannya terlihat simpel namun kental dengan aura modern.

BMW 330i M Sport Pro LCI dibekali layar informasi berukuran 12,3 inci dan layar kontrol memanjang berukuran 14,9 inci, keduanya digabungkan menjadi satu unit digital beresolusi tinggi. Selain itu, head unit atau layar informasi itu sudah bisa terintegrasi dengan Apple Car Play dan Android Auto serta pendukung fitur mobil seperti menampilkan hasil kamera 360.

Menariknya pada BMW Seri 3 ini, tuas transmisi juga menggunakan desain baru, tidak lagi berbentuk tuas tapi model putar. Posisinya kini di label kontrol di konsol tangah bersama dengan tombol start/stop, iDrive, Driving Experience Control, serta rem parkir. Selain itu sistem iklim otomatis tiga zona dipasang sebagai standar di BMW Seri 3 terbaru.

Penambahan baru lainnya untuk spesifikasi standar termasuk kaca spion yang meredup secara otomatis, paket penyimpanan tambahan dan Park Distance Control (PDC). Semua model juga kini hadir dengan BMW Live Cockpits Plus, dan BMW Maps.

Seperti biasa, dalam melakukan review kami juga melakukan beberapa pengujian. Untuk mobil sedan premium ini, kami menguji kekedapan kabin dan bantingan suspensi dengan menggunakan aplikasi vibration meter dan alat DB meter.

Baca juga  Mercedes-Benz C-Class AMG Final Edition, Cuma Rp 900 Jutaan

Hasilnya, bantingan suspensi BMW 330i M Sport Pro LCI memuaskan dengan angka 0,5 m/s. Kemudian untuk kekedapan  kabin hasil angkanya 70,2 db.

Akomodasi Penumpang & Bagasi, Sempit?

Review BMW 330i M Sport Pro LCI

Akomodasi penumpang kurang nyaman untuk tinggi di atas 184 cm

Selanjutnya, review BMW 330i M Sport Pro LCI adalah dari akomodasi penumpang dan bagasinya. Mobil ini mempunyai dimensi panjang 4.709 mm, lebar 2.068 mm, tinggi 1.435 mm dan wheelbase 2.851 mm.

Saat team kami mencoba duduk di bangku supir dengan tinggi 186 cm dan penumpang baris kedua  yang duduk di belakang supir dengan tinggi 176 cm, hasilnya jarak dengkul penumpang baris kedua dengan senderan jok supir mepet alias kurang nyaman. Namun untuk jarak kepala dengan plafon mobil masih aman.

Untuk kapasitas bagasi memang tidak bisa diharapkan mempunyai kapasitas yang besar. Sebab mobil ini masuk dalam kategori sedan kompak alias bukan big sedan. Adapun kapasitas bagasinya sebesar 500 liter.

Performa Mesin, Kencang!

Review BMW 330i M Sport Pro LCI

Performa mesin BMW 330i M Sport LCI mumpuni

Review BMW 330i M Sport Pro LCI (G20) selanjutnya adalah dari sisi jantung pacunya. Dan seperti biasa, saat kami review tentu kami melakukan beberapa pengetesan, dan kali ini adalah akselerasi, drag race sejauh 201 meter dan tes konsumsi BBM. Oh ya, dalam pengetesan kali ini, BMW Seri-3 terbaru ini kami pertemukan dengan Mercedes-Benz C300 AMG Line (W 206) terbaru.

Hasilnya, BMW 330i M Sport Pro LCI unggul dalam akselerasi dan drag race. Adapun hasilnya adalah untuk akselerasi 0-100 km/jam 6,3 detik dan drag race 9,2 detik. Sementara itu untuk Mercedes-Benz C300 hasilnya 6,4 detik untuk akselerasi dan 9,3 detik untuk drag race.

Baca juga  Munas BMW Car Clubs Indonesia 2022, 5.000 Member Hadir!

Sebagai informasi, BMW 330i M Sport Pro LCI mengadopsi mesin 1.9L 4-silinder Twin Power Turbo yang di atas kertas tenaganya 258 hp dan torsi puncak 400 Nm yang disalurkan melalui transmisi otomatis 8-percepatan steptronic. Kemudian untuk Mercedes-Benz C300 menggunakan mesin 1.9L Turbo EQ Boost Starter-Alternator yang di atas kertas, baik torsi dan tenaganya sama dengan BMW 330i M Sport Pro LCI yang disalurkan melalui transmisi otomatis 9G Tronic.

Untuk konsumsi bahan bakar, nyatanya BMW Seri-3 terbaru juga lebih irit dari Mercy C300 terbaru. Dimana catatan angkanya untuk BMW 330i 12,7 km/liter untuk dalam kota dan 21,1 km/liter untuk jalan tol. Kemudian untuk Mercedes-Benz C300 di angka 11,4 km/liter untuk dalam kota dan 20,4 km/liter untuk jalan tol.

Fitur Lengkap

Review BMW 330i M Sport Pro LCI

Fitur lengkap dan modern

Review BMW 330i M Sport Pro LCI tentu kurang lengkap tanpa membahas fitur-fiturnya. Mobil sedan ini sudah mengadopsi fitur Front Collision Warning, Adaptive Cruise control, Parking Assistant, Kamera 360, Dynamic Stability Control, Cornering Brake Control, Electronic Differential Lock Control, dan fitur modern lainnya.

Dan untuk fitur kenyamanan, ada wireless charging, ambient light, panoramic sunroof, seat adjusment electric with memory, serta speaker Harman Kardon.

Moladiners, itulah ulasan mengenai review BMW 330i M Sport Pro LCI. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika