by

Rifat Sungkar Juara Seri Pertama Kejurnas Sprint Rally 2021

Pereli kawakan Rifat Sungkar, berhasil menjuarai seri pertama ajang balap mobil Kejurnas Sprint Rally 2021 yang dilangsungkan di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten. Dalam kompetisi tersebut, Rifat, sukses menyingkirkan lawan terberatnya.

Putaran pertama yang menjadi momen titik balik kebangkitan Sprint Rally di Indonesia pasca pandemi covid-19, berhasil diikuti lebih dari 80 pereli yang ambil bagian. Dari kelas yang paling bergengsi, Rifat Sungkar, berhasil menjadi jawara di seri pertama tersebut.

Menggunakan Mitsubishi Xpander AP4, Rifat Sungkar, yang ditemani oleh co-driver M Redwan, tidak tersentuh oleh lawannya. Bertanding di Kelas M.1, putera mendiang Helmy Sungkar ini mencetak kemenangan dengan total waktu 10 menit 08,2 detik selama empat special stage (SS) yang diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu (10-11/4/2021).

“Lomba kali ini sangat seru. Terjadi persaingan yang cukup ketat dengan M. Rihans dan Ryan Nirwan, saling kejar catatan waktu di tiga SS terakhir. Tapi alhamdulillah kami dapat menutup lomba dengan juara,” ujar Rifat Sungkar.

Performa Rifat Sungkar dengan Mitsubishi Xpander AP4 selama dua hari kompetisi tersebut benar-benar tidak terbendung. Meski mendapat pengawalan ketat dari pereli lainnya seperti Haji Rihan Variza dan Ryan Nirwan, kemampuan maestro balap Rifat menunjukan kelasnya.

Baca juga  Resmi Dijual, Harga Mitsubishi Xpander Facelift Semakin Mahal!

Sementara mengenai hasil resminya, di bawah Rifat Sungkar yang menguasai podium tertinggi, disusul oleh Haji Rihan Variza dan Andi Rendy dengan Mazda2 AP4 dengan torehan waktu 10 menit 19,6 detik. Kemudian di posisi ketiga, diambil alih oleh Ryan Nirwan dan Adi Indiarto dengan catatan waktu 10 menit 29,2 detik.

Rifat Sungkar Berjaya di Tengah Cuaca Buruk

Rifat Sungkar Juarai Seri Pertama Kejurnas Sprint Rally 2021
Rifat tetap juara di tengah lintasan yang kurang mumpuni

Perjalanan Rifat Sungkar yang menjadi juara di seri pertama ini, tidak berjalan dengan mulus. Pasalnya, untuk special stage pertama yang seharusnya digelar pada Sabtu (10/4/2021) pagi, terpaksa ditiadakan lantaran kondisi lintasan yang tidak memungkinkan.

Tetapi, penyelenggara akhirnya tetap melangsungkan SS pertama tersebut dan dilangsungkan pada Minggu (11/4/2021).

Curah hujan yang mengguyur sebelum kompetisi Kejurnas Sprint Rally ini digelar, memang membuat penyelenggara memutar otak untuk tetap menyelenggarakannya. Alhasil, saat melakoni SS kedua, pantian terpaksa memotong beberapa sektor lintasan yang dianggap tidak layak untuk dilintasi.

“Event kali ini terbilang istimewa, lokasi balap yang bagus, di pinggir pantai dan menghadirkan suasana berbeda dari balapan-balapan sebelumnya. Sebuah fenomena baru. Tidak hanya itu animo pesertanya sungguh luar biasa. Dengan kondisi cuaca yang kurang bagus, semangat pereli tidak kendur, malah menghadirkan persaingan yang begitu menarik,” ucap Rifat.

Baca juga  'Sayonara' Mitsubishi Outlander Sport di Indonesia

Rifat Sungkar maupun XPANDER Rally Team sangat mengapresiasi penyelenggaraan event Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021 yang tetap berjalan dengan baik meski sempat terkendala oleh cuaca.

Putaran pertama Kejuaraan Nasional Sprint Rally Lintas Fortuna Nusantara Tropical 2021 dibuka oleh Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, dan dihadiri Ananda Mikola sebagai Waketum roda 4 serta sejumlah pebalap legendaris.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru