AHM Rilis Honda PCX Electric, Skuter Seharga Avanza. Orang Tertentu Yang Bisa Coba!

Haloo sobat Moladiners. Prediksi Jinny terkait hadirnya motor baru pada 31 Januari kemarin, ternyata meleset brosis. Nggak disangka, AHM rupanya cukup berani dan nekat untuk merilis motor listrik “prototype” ini. Meskipun Honda PCX Electric sebenarnya jauh dari ekspektasi yang diharapkan. Dan yang menarik adalah hal tersebut masih bisa dimanfaatkan Honda untuk “mencuri” sejarah sebagai motor elektrik mass-pro pertama di Indonesia. Salut sama Honda, sob. Namun dalam rilis Honda PCX Electric ini AHM bisa dibilang “iming-iming” doang.

Jadi gini sob, pertama kali diperkenalkan November tahun lalu saat gelaran IMOS 2018, skuter listrik memiliki daya tarik yang luar biasa. Hanya saja, inovasi yang dimiliki Honda untuk memulai era elektrifikasi dirasa masih belum sesuai harapan. PCX elektrik masih memiliki beberapa kekurangan yang menurut Jinny sulit untuk diterima masyarakat.

RILIS PCX LISTRIK
AHM Rilis Honda PCX Electric di Jakarta pada 31 Januari 2019

Harga Honda PCX Electric Kemahalan

Yang pertama ini sob, faktor satu ini sangat penting bagi konsumen Indonesia. Betapa tidak, motor listrik Honda PCX ini dikabarkan memiliki banderol harga yang fantastis, sekitar Rp. 200 jutaan, sob! Dengan rentang harga segitu, kalian bisa beli Toyota Avanza 1.3G M/T yang dibanderol sekitar Rp. 208,9 juta.

Yamaha Xmax 250

*DP mulai dari

Atas nama teknologi, banderol sekian ratus juta dirasa sedikit masuk akal, bagi Sultan yang berdompet tebal. Namun tak semudah itu, Honda punya cara tersendiri agar PCX elektrik ini tetap bisa dirasakan masyarakat meskipun PCX ini belum resmi dijual. Kok bisa? Begitulah Honda, bener-bener cerdas memanfaatkan peluang, nanti akan Jinny jelaskan. Makanya simak terus ya, sob!

Rilis Honda PCX Electric Rupanya Belum Resmi Dijual

pengisian batere pcx listrik

Sejak hari pertama peluncuran, AHM memang tidak mengumumkan niatnya untuk menjual PCX listrik. Justru mereka hanya akan menyewakan si skuter listrik ini. Direntalin gitu, sob. Rencananya, PCX Electric ini bakal disewakan ke perusahaan atau lembaga pemerintah yang ingin menggunakannya. Terkait biaya sewa skutik bertenaga listrik ini, AHM mematoknya dengan harga Rp. 2 juta per bulan. Hal tersebut bukannya tanpa alasan, selain masalah harga, ada beberapa alasan penting yang bakal Jinny bahas di poin berikutnya.

Isu Harga dan Lingkungan Sangat Diperhatikan AHM

batere pcx listrik
Baterai PCX Listrik ini Perlu Perlakuan Khusus Agar Tidak Berdampak Pada Lingkungan

Direktur Marketing AHM Shigeto Kimura mengungkap 2 alasan PCX elektrik saat ini hanya untuk disewakan.

“Terkait dengan cost (ongkos produksi) yang tinggi, kami tak ingin membebankan langsung ke konsumen. Kedua, kami (AHM) ingin bertanggung jawab soal pengelolaan baterai, lebih mudah kami kumpulkan agar tidak merusak lingkungan,” Pungkasnya.

Wiihh mantab, AHM! Memang, isu pencemaran juga masih menjadi kendala motor listrik bahkan di negeri asalnya sendiri. Perlunya fasilitas pengolahan limbah daur ulang batere ini sudah Jinny jelaskan di artikel : Potensi Motor Listrik Bisa Geser Motor Konvensional, Gimana Nih Brad?.

Thomas Wijaya Direktur Marketing AHM mengaku akan mempelajari dulu dalam proses penyewaan tersebut. Dari kurun waktu 2 tahun, AHM akan melakukann pengumpulan data terkait kebiasaan rider, jarak tempuh dan kekuatan baterai.

“Nanti akan kami pelajari,” ungkapnya.

Hingga saat ini, AHM tengah menyiapkan stasiun pengisian baterai yang bisa digunakan untuk men-charge Honda PCX Electric. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengisi batere meskipun bisa juga diisi ulang di rumah dengan waktu yang lebih lama.

Value for Money

Nah, ini dia yang bikin PCX elektrik (saat ini) bakal susah untuk bisa diterima masyarakat awam. Rasio performa dengan harga skuter listrik ini bisa dibilang terpaut sangat jauh. Beberapa orang akan berfikir “motor mahal-mahal kok nggak bisa ngebut, boros listrik lagi (jarak tempuh yang minim dengan lama pengisian)”.

Yamaha X Ride 125 All New

*DP mulai dari

Perlu digaris bawahi, sepertinya alasan AHM rilis PCX elektrik ini bukan sekedar gaya-gayaan. Pengenalan teknologi motor listrik dan perkembangan zaman bisa jadi motivasi utama bagi AHM untuk memulai langkah kecil menuju era masa depan. Seperti yang kalian tahu, sumber daya minyak bumi lama kelamaan bakal habis.

Menurut kalian motor listrik satu ini layak nggak untuk dicoba, sob? Kasih pendapat kalian soal rilis Honda PCX Electric di kolom komentar bawah ini ya! Jinny pamit dulu. See yaa!

Baca juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *