by

Royal Enfield Scrambler Siap Meluncur, Harga Murah?

Royal Enfield Scrambler – Pabrikan asal India, Royal Enfield dikabarkan sedang mempersiapkan motor retro terbarunya. Kali ini digadang-gadang bergaya scrambler.

Sejauh ini Royal Enfield memang belum memiliki produk bergaya scrambler. Mereka hanya punya model adventure, lewat Himalayan. Sisanya adalah motor untuk penggunaan jalan raya.

Mau tahu lebih detail soal Royal Enfield Scrambler? Kapan peluncuran dan berapa harganya? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut:

Scrambler dengan Mesin 650cc

Royal Enfield Interceptor
Motor bergaya adventure tersebut diperkirakan pakai basis Interceptor dan Continental GT 650

Seperti diinformasikan Bikewale selaku media asal India, motor scrambler milik Royal Enfield bakal pakai mesin 650 cc. Basisnya serupa dengan Interceptor 650 dan Continental GT 650.

“Tren motor scrambler sedang meningkat saat ini dengan banyak pabrikan yang ikut serta… Maka model Scrambler bisa jadi portfolio segar untuk Royal Enfield,” seperti dikutip dari Bikewale.

Jika informasi tersebut benar, maka mesin 650cc dengan konfigurasi dua silinder bakal digendongnya. Jantung mekanis tersebut sudah dilengkapi sistem injeksi dari Bosch.

Di atas kertas, torsi puncak yang bisa dihasilkannya adalah 53 Nm pada 5.250 rpm dan tenaga maksimal 47,65 hp pada 7.250 rpm. Lalu untuk sistem transmisi pakai 6-percepatan manual.

Baca juga  Motor Perang Royal Enfield "Serbu" Tanah Air! Siapin Amunisi, sob!

Seperti diklaim Royal Enfield, mesin ini punya keunggulan karena bisa memberi torsi instan. Total 80 persen torsinya, tersedia di putaran mesin 2.500 rpm.

Istimewanya lagi, mesin ini sudah dilengkapi counterblanced crankshaft dengan 270 derajat firing order. Alhasil getaran bisa dikurangi untuk berkendara yang lebih nyaman.

Untuk desain dari Royal Enfield Scrambler, masih belum ketahuan jelas. Meski begitu, kalau melihat produk yang jadi basisnya, kemungkinan rangkanya bakal teralis dan pakai dua knalpot. Untuk suspensi depan menggunakan jenis teleskopik, sementara yang belakang adalah jenis ganda dengan tabung.

Lampu depan agaknya tetap dipertahankan pakai model bulat. Hanya saja, dari bocoran yang didapat, bakal ada fitur modern yang tersemat seperti sistem pencahayaan LED.

Kehadiran LED tentu sesuatu yang baru buat Royal Enfield. Pasalnya belum ada motor produksi mereka yang menggunakannya. Sejauh ini, andalannya hanya bohlam. Pensaran? mari kita nantikan saja peluncurannya.

Lalu soal keselamatan, cakram di kedua roda dan anti-lock braking system (ABS) sepertinya bakal dipertahankan. Fitur tersebut sudah ada di Interceptor 650 dan Continental GT 650. 

Baca juga  Rantau Mahardika, Orang Indonesia yang Desain Honda ADV 150

Harga Royal Enfield Scrambler Terbaru

royal enfield scrambler
Ilustrasi Royal Enfield Scrambler, ini hasil modifikasi

Soal harga, semua tentu menginginkan banderol yang semurah mungkin. Apalagi Royal Enfield memang dikenal sebagai pabrikan dengan motor berkapasitas mesin besar, namun punya harga jual yang terjangkau.

Tidak percaya? Cek saja harga Royal Enfield Classic 500 yang cuma Rp100 jutaan. Padahal kapasitas mesinnya 500cc. Lalu bagaimana dengan harga Royal Enfield Scrambler yang kapasitas mesinnya 650cc?

Jika kamu berpikir masih di angka Rp100 juta, sepertinya kurang tepat. Kemungkinan motor ini dijual tidak jauh dari dua saudaranya yang pakai mesin 650c. Gambarannya adalah Royal Enfield Interceptor 650 dijual di Indonesia mulai Rp205,7 juta (OTR Jakarta). Lalu harga Royal Enfiled Continental GT 650 Rp216,9 juta (OTR Jakarta).

Oleh karena itu, kemungkinan besar, motor yang bisa melewati jalan aspal dan minim aspal ini bakal dijual sekitar Rp200 jutaan. Kalau kemahalan, tenang saja, Royal Enfield juga disebut siap meluncurkan tiga produk baru yang lebih murah. Salah satunya berkapasitas mesin 250cc.

Baca juga  3 Kekurangan Honda ADV 150, Layak Dibeli?

Ada Tiga Motor Royal Enfield Lain yang Siap Meluncur

motor murah 250cc
Ini disebut-sebut sebagai sosok Royal Enfield murah yang kemungkinan pakai mesin 250cc

Selain Royal Enfield Scrambler, pabrikan asal India juga menyiapkan tiga motor lain untuk diluncurkan tahun ini. Dua di antaranya, pakai mesin 350cc yang sudah diremajakan dengan penggunaan sistem injeksi.

Keduanya digandang-gadang sebagai pengganti dari Royal Enfield Classic 350 dan Thunderbird 350. Khusus pengganti Thunderbird, menurut Bikewale namanya akan menjadi Meteor.

Di samping itu, ada lagi satu motor murah yang siap diperkenalkan. Basisnya benar-benar baru dengan kapasitas mesin cuma 250cc. Kemungkinan kuda besi ini disiapkan untuk pasar entry level.

Soal tampilan, ketiganya tetap mengandalkan aura klasik sebagai ciri khas Royal Enfield. “Motor-motor ini sepertinya akan siap diperkenalkan pada pertengahan 2020,” kata Bikewale.

Oleh karena itu, mari kita tunggu saja sama-sama peluncurannya. Semoga segera masuk Indonesia!

Comment

Leave a Reply

Terbaru