Jajaran Scooter Terlaris Berdasar Data AISI, Selera Pasar Ternyata Begini!


Notice: Undefined index: title in /var/www/localhost/htdocs/blog/wp-content/plugins/product-name/includes/functions.php on line 7

Notice: Undefined index: title in /var/www/localhost/htdocs/blog/wp-content/plugins/product-name/includes/functions.php on line 7

Haloo sobat Moladiners. Motor berjenis scooter alias skutik merupakan sarana transportasi favorit untuk menemani aktifitas sehari-hari. Memiliki ciri khas body yang ramping serta transmisi otomatis memberi kesan praktis daripada motor bebek konvensional. Tapi yang bikin penasaran adalah, kira-kira apa sih scooter terlaris di tahun 2018 kemarin? Yang jelas produsen motor asal Jepang kini berlomba-lomba menghadirkan flagship terbaru guna memperebutkan pasar otomotif di Tanah Air. Berikut ini adalah scooter terlaris di Tanah Air yang udah Jinny olah dari data milik AISI. Silahkan disimak sob!

 

Scooter Terlaris Pabrikan Jepang.

Industri sepeda motor Indonesia boleh tersenyum karena penjualan sepeda motor masih menunjukkan adanya peningkatan. Seperti tidak terpengaruh dengan kondisi ekonomi Indonesia yang disebut belakangan mengalami penurunan daya beli. Penjualan sepeda motor di tanah air mencetak angka penjualan total 6,383,108 unit di akhir tahun 2018. Angka ini lebih tinggi dibandingkan angka penjualan tahun sebelumnya yang mencapai 5,9 juta unit.

Berdasarkan data penjualan dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dan Kementrian Perindustrian tercatat Honda masih memimpin kokoh dengan penjualan mencapai 4,759,199 unit sepeda motor. Yamaha menyusul di tempat kedua dengan penjualan mencapai 1,455,088 unit sepeda motor. Suzuki di tempat ketiga dengan penjualan mencapai 89,508 unit.

Data AISI untuk penjualan sepeda motor di tanah air ini sedikit banyak tak jauh berbeda dengan catatan penjualan di Moladin. Merk Yamaha dan Honda selain juga Suzuki menjadi brand yang paling dicari oleh pengguna sepeda motor. Dari sekian jenis motor yang terjual melalui aplikasi Moladin, tercatat motor matic adalah yang paling disukai konsumen.

Yamaha Aerox 155

Harga tercantum adalah harga DP

 

Skutik Masih Menjadi Primadona

skutik menjadi primadona

Secara keseluruhan motor kategori scooter menjadi pilihan kebanyakan konsumen. Penjualan tertinggi motor kategori scooter terlihat merata di semua brand. Faktor kemudahan mengemudi dan ruang yang lapang untuk membawa barang menjadi alasan motor scooter digemari. Varian-varian motor matic Yamaha banyak mendapat tempat di hati konsumen. Moladin mencatat motor Yamaha Aerox menjadi scooter terlaris di tahun 2018 versi aplikasi Moladin.

“(suka) Bodynya, saya suka dengan tampilan Aerox. Meskipun ada jenis motor matic Yamaha lain tapi saya senang dengan Aerox.” ujar Andreas, salah satu konsumen Moladin ketika ditanya alasannya memilih motor Yamaha Aerox.

 

Ekspor Motor Meningkat di 2018

ekspor scooter 2018

Catatan penjualan motor kategori skutik menorehkan prestasi manis. Scooter Yamaha kelas 125 dan 150 cc menjadi motor dengan ekspor tertinggi dibandingkan kategori produk Yamaha lainnya. Sama halnya dengan Honda. Sebagai pemimpin pasar domestik, Honda juga mengakui kalau motor kategori scooter menjadi penyumbang terbesar penjualan sepeda motor Honda di dalam negeri dan juga di luar negeri. General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet mengatakan permintaan yang tinggi dari pasar ekspor terhadap sepeda motor Honda buatan Indonesia memotivasi Honda untuk terus meningkatkan kualitas.

“Salah satunya Honda Vario series yang tidak hanya disukai di dalam negeri tapi juga di pasar ekspor. Pencapaian 2018 ini akan mendorong kami untuk meningkatkan ekspor di tahun ini dengan modal utama model-model berkualitas karya anak bangsa,” ujar Kurniawati Slamet.

Honda Vario 125 eSP

Harga yang tercantum adalah harga DP

Honda mengekspor Vario series, BeAT series Supra GTR150, Honda Blade, Honda Sonic 150, Honda CRF, Honda CBR series dan Honda CB150R Streetfire. Pengiriman ekspor secara CBU (completely built up) tersebar di negara Filipina dan Bangladesh. Sedangkan dalam bentuk CKD (completely knock down) Honda motor mengirim ke Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja.

Secara umum ekspor Honda tahun 2018 meningkat 94 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *