8 Sebab Motor Susah Starter, Ternyata Begini Solusinya

Moladin – Kelebihan motor modern dibanding motor klasik ada pada fungsi starternya. Kalau motor klasik dekade 80-an ke bawah, starter otomatis belum disematkan. Kalau mau menyalakan motor, Anda harus kerja keras terlebih dahulu untuk menyalakan mesin.

Berbeda dengan mesin lawas, mesin modern hanya membutuhkan satu tekan saja untuk menyala. Baik motor matic atau bebek sudah menggunakan sistem ini meski sistem manual masih disematkan.

Meski sistem modern ini memudahkan pengendara untuk menyalakan motornya, gangguan starter sering sekali terjadi. Meski panel sudah ditekan, tidak ada listrik yang mengalir dan menyalakan mesin dengan cepat. Kalau Anda pernah mengalami kejadian ini, berikut beberapa penyebabnya.

 

1. Mesin Kemasukan Air

Mesin rawan sekali kemasukan air dan menyebabkan proses pembakaran tidak bisa berjalan dengan lancar. Air akan menghambat proses sehingga mesin tidak bisa dinyalakan dengan cepat. Umumnya air masuk ke dalam motor melalui lubang busi, karburator, hingga knalpot.

Air yang masuk harus dikeluarkan terlebih dahulu baru mesin bisa dinyalakan kembali. Masuknya air ke dalam mesin umumnya terjadi saat sedang terjadi hujan dan banjir. Motor yang menerjang masuk ke dalam banjir rawan sekali mengalami mogok dan harus dibawa ke bengkel kalau mau jalan lagi.

 

2. Ada Bagian Mesin yang Rusak

Mesin terdiri dari berbagai jenis komponen yang disatukan dan menjadi sistem yang bekerja bersama. Kalau dalam sistem ada bagian yang mengalami kerusakan, fungsi dari mesin akan mengalami penurunan dan menyebabkan motor tidak bisa digunakan.

Beberapa bagian mesin yang kemungkinan mengalami kerusakan terdiri dari kabel koil, koil, platina, spull, hingga magnet. Bagian ini harus diganti kalau memang terjadi kerusakan. Kalau tidak diganti, mesin akan susah sekali melakukan starter atau malah tidak bisa distarter sama sekali.

 

3. Busi Sudah Tidak Berfungsi Bikin Starter Tidak Berfungsi

Busi tidak berfungsi, motor jadi sulit distarter

Busi sangat penting untuk mesin kendaraan bermotor. Kalau busi sampai tidak bisa berfungsi lagi, motor akan sulit sekali distarter. Umumnya busi yang seperti ini harus diganti dengan yang baru atau dikeringkan dahulu kalau kondisinya sedang basah.

Selain penggantian busi menjadi baru, Anda juga harus memperhatikan jenis busi yang digunakan. Di luar sana ada beberapa jenis busi yang cocok dengan jenis mesin tertentu. Kalau busi tidak cocok dengan motor, kemungkinan besar mesin susah distarter.

 

4. Aki Motor Tidak Bekerja

Aki pada motor bekerja untuk menghasilkan listrik. Selanjutnya listrik inilah yang akan menggerakkan berbagai komponen di motor termasuk bagian starter. Kalau aki sudah mati atau soak, listrik tidak akan ada pada motor sehingga mesin susah dinyalakan dengan sempurna.

Ganti aki dengan yang baru atau isi lagi daya pada akinya kalau berjenis kering. Kalau berjenis basah mungkin butuh tambahan cairan asam sulfat ke dalamnya. Dengan melakukan dua hal ini mesin motor bisa distarter kembali dan Anda tidak akan mogok di jalanan.

 

5. Starter Elektrik Kotor

Starter kotor sebabkan mesin susah menyala

Saklar starter adalah bagian yang kita tekan untuk menyalakan motor. Kalau bagian starter ini mengalami kotor, kemungkinan besar mesin akan susah dinyalakan. Listrik tidak akan bisa mengalir dan mulai menyalakan mesin. Bersihkan bagian starter elektrik ini secara berkala agar tidak kotor bagian dalamnya.

Kalau Anda tidak bisa membersihkannya sendiri, bawa ke bengkel secara rutin. Paling tidak setiap 2-3 bulan sekali atau saat proses starter tidak bisa berjalan dengan lancar.

 

6. Kerusakan Pada Bendik Starter

Bendik starter mungkin saja rusak

Bendik motor memiliki tugas untuk menyalurkan atau mengumpankan listrik dari aki ke dinamo starter. Kalau proses penyaluran listrik ini tidak bisa berjalan dengan baik, kemungkinan besar mesin tidak bisa menyala dengan baik. Kalau motor Anda mendadak susah distarter, bagian ini juga bisa dicurigai.

 

7. Kerusakan pada Kabel Kunci Kontak

Kalau kabel pada kunci kontak rusak, penyaluran listrik tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Singkatnya, kunci berperan untuk menyambungkan aliran listrik di motor. Kalau stop kontak yang dimiliki oleh mesin tidak bisa bekerja dengan maksimal atau rusak, mesin tidak akan bisa menyala meski saklar elektrik terus ditekan.

 

8. Dinamo Starter Rusak

Dinamo starter rusak

Kerusakan pada dinamo starter ini biasanya jarang terjadi karena komponen didesain memiliki kekuatan yang cukup tinggi. Namun, kejadian rusak tetap saja ada dan memicu motor susah sekali distarter dan menyala.

Harga dari dinamo starter ini tidak terlalu mahal dan tersedia di mana saja. Hanya saja, saat proses penggantian harus dilakukan dengan baik. Kalau tidak dipasang dengan sempurna, kemungkinan besar akan terjadi kerusakan di bagian lainnya.

Moladiners, inilah beberapa penyebab motor yang susah distarter dan juga beberapa solusi untuk mengatasinya. Dari beberapa gangguan di atas, mana saja yang sering Anda alami sebelumnya? Semoga ulasan di atas bermanfaat!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *