oleh

Sejarah Honda Accord, Sedan Premium yang Terus Eksis

Sejarah Honda Accord terbilang menarik, lantaran memiliki kisah perjalanan yang panjang. Honda Accord juga sebagai salah satu produk pabrikan berlogo H pertama di Tanah Air.

Kisahnya bermula ketika sedan luxury Honda ini lahir pertama kali di Jepang pada 1976. Walau demikian, Accord atau Akodo dalam bahasa Negeri Matahari Terbit Baru hadir di Tanah Air pada tahun 1978.

Hingga sekarang Accord sudah melintasi sepuluh generasi, PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam keterangan resminya pernah mengatakan, sejak hadir di Indonesia Accord menjadi tolok ukur sedan premium di Indonesia dalam hal ukuran, tampilan, teknologi, dan keselamatan.

Accord terbilang sukses, lebih dari 40 tahun di Indonesia. Penjualannya sudah melebihi 100 ribuan unit kurang lebih. Pun dengan penjualan Accord secara global, di mana mobil sedan ini diklaim sudah melebihi 214 juta unit di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri Honda Accord masuk segmen sedan menengah luxury bersaing bersama Toyota Camry, Mercy C-Class, BMW Seri 3, dan Mazda 6. Ingin tahu lebih lengkap sejarah Honda Accord dari generasi ke generasi? Simak bahasan berikut: 

Accord Generasi Pertama (1976-1981)

sejarah Honda Accord
Sejak generasi pertama Honda Accord sudah hadir di Indonesia.

Sejarah Honda Accord Honda Accord pertama katika awal kelahirannya di tahun 1976. Awalnya lahir sebagai hatchback tiga pintu sebelum sedan empat pintu diperkenalkan pada 1979.

Di generasi ini pula Honda Accord juga hadir di Indonesia, dan mengalami perjalan panjang hingga saat ini.

Honda Accord generasi pertama mengusung mesin 1.6 liter dengan dengan output 68-hp yang dikirim ke roda melalui transmisi manual 5-percepatan.

Sedan ini juga memiliki kponfigurasi mesin 1.8 liter yang lebih besar dan dilengkapi power steering.

Generasi Kedua, Honda Accord Executive (1981-1985)

sejarah honda accord
Honda Accord generasi kedua masih mengusung desain kotak.

Sejarah Honda Accord berikutnya atau generasi kedua hadir pada periode tahun 1981-1885. Selain Indonesia sedan ini juga dipasarkan di Amerika Serikat (AS).

Baca juga  7 Masalah Honda Freed Bekas yang Sering Dikeluhkan

Terkait dimensi, Accord generasi kedua ini lebih besar dari pendahulunya dan memiliki tampilan sedikit lebih modern dengan gaya kotak. Di Indonesia sendiri, dikenal dengan nama Accord Executive.

Model ini memperoleh gearbox otomatis empat kecepatan opsional pada 1983 dan mendapatkan mesin dengan perpindahan dari 1.751 cc ke 1.830 cc yang menghasilkan tenaga 86 hp. Pada 1985 juga lahir Accord SEi dan mesin injeksi yang menghasilkan tenaga 101 hp.

Honda Accord Generasi Ketiga (1985-1989)

Sejarah Honda Accord
Honda Accord generasi ketiga juga hadir untuk pasar Amerika Serikat.

Kalau untuk pasar Amerika Serikat Accord mendapat peningkatan dengan gaya bodi dalam bentuk coupe ramping, namun juga ada versi sedan 4 pintunya. Secara mekanis, mobil ini lebih unggul dari pendahulunya, menampilkan suspensi double wishbone pertama Honda di kedua as roda serta bodi yang lebih aerodinamis.

Honda meningkatkan ukuran mesin menjadi unit 2.0 liter dengan tenaga 98 hp model karburator atau 110 hp opsional model injeksi.

Inilah Honda Accord Maestro Generasi Keempat (1989-1993)

Sejarah Honda Accord
Honda Accord Maestro atau generasi ke-4

Sejarah Honda Accord berikutnya melahirkan generasi keempat. Di Indonesia sendiri, mobil ini sering disebut sebagai Accord Maestro.

Sedan ini hadir dengan struktur body yang lebih besar untuk memenuhi syarat sebagai sedan menengah. Honda meningkatkan kepraktisan mobil dengan penambahan varian wagon yang menggantikan hatchback.

Mesin 2,2 liter baru dikembangkan memiliki tenaga 130 hp untuk model unggulan EX. Bahkan ada mode sport untuk transmisi otomatis empat percepatan, yang memungkinkan pengemudi memilih gigi secara manual. Sayang, lampu depan pop-out yang bagus hilang.

Generasi Kelima Dikenal Sebagai Honda Accord Cielo (1993-1997)

Sejarah Honda Accord
Vtec pertama ada pada Honda Accord generasi kelima

Sejarah Honda Accord berikutnya cukup berkembang pesat. Tidak hanya body, tapi juga juga di sektor mesin.

Accord generasi kelima mendapat penambahan VTEC untuk mesin 2.2 liter. Ada pula mesin V6 pertama 2.7 liter yang menghasilkan tenaga 170 hp dan torsi 165 lb-ft (224 Nm). Versi yang dilengkapi mesin lebih besar, memiliki beberapa penyesuaian desain di bagian depan. Honda juga memperluas jarak sumbu roda untuk ruang kaki belakang ekstra dan desain lebih sporty.

Baca juga  Review Honda Jazz GE8, Lebih Dari Cukup!

Di Indonesia Accord generasi kelima dikenal dengan nama Accord Cielo.

Honda Accord Generasi Keenam (1998-2002)

Sejrah Honda accord
Honda Accord kini punya fitur airbag.

Berikutnya Honda melahirkan Honda Accord generasi keenam. Di Amerika mobil ini memiliki sumbu roda lebih pendek dibanding pendahulunya.

Menurut data resmi Honda model ini tersedia sebagai standar, ada yang versi standar dan versi airbag. Untuk yang airbag, harganya lebih mahal.

Mesin yang diusung adalah 2.3 liter yang menghasilkan tenaga 135 hp, dan 3.0 liter V6 opsional memiliki tenaga 200 hp.

Honda Accord Generasi Ketujuh (2002-2008)

sejarah Honda Accord
Sosok Accord Generasi Ketujuh

Sejarah Honda Accord berikutnya lanjut pada generasi ketujuh.Pada model ini Honda Accord hadir juga memiliki versi mesin yang lebih besar yakni 3.000 cc V6 SOHC dengan 24 katup i-VTEC.

Namun untuk Indonesia hanya kebagian unit mesin 2.400 cc 4-silinder DOHC 16 katup i-VTEC. Mesin 2.400 cc ini mampu mengeluarkan tenaga 160 dk dan torsi sebesar 220 Nm.

Dapur pacu Accord akhirnya dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan dengan teknologi Grade Logic Control.

Honda Accord Generasi Kedelapan (2008-2012)

Sejarah Honda Accord
Generasi kedelapan mendapatkan pengembangan pada sektor body.

Pada Generasi kedelapan, Honda Accord menciptakan diferensiasi visual yang lebih besar antara sedan dan coupe, Honda kembali meningkatkan ukuran Accord untuk generasi kedelapan.

Mesin V6 – sekarang menghasilkan 268 hp – sekali lagi ditawarkan dengan pengaturan tiga pedal. Melahirkan fastback Crosstour bungkuk untuk model tahun 2010 untuk menambah kepraktisan. Versi berbentuk aneh ini dua inci lebih lebar dari dan menambah berat sekitar 300 pon (136 kilogram).

Baca juga  Honda N7X Produksi Massal Meluncur 21 September 2021?

Di Indonesia, Accord generasi delapan dikenal sebagai All New Full Size Honda Accord.

Mulai Hadir Versi Hybrid di Accord Generasi Kesembilan (2013-2017)

Sejarah Honda Accord
Sosok Accord generasi sembilan

Honda Accord Mk9 lebih merupakan penyegaran menyeluruh dari pendahulunya. Sedan tersebut mendapatkan varian Sport dengan manual enam kecepatan standar dan sedikit lebih bertenaga daripada model empat silinder biasa, bersama dengan tip knalpot ganda serta roda yang dipesan lebih dahulu.

Honda juga menyematkan versi hybrid, yang berhasil mendapatkan peringkat EPA 48 mpg berkat mesin empat silinder dialiri listrik. Walau demikian, di Indonesia, versi hybrid tersebut tidak dijual.

Accord Generasi Kesepuluh (2017-Sekarang)

sejarah honda accord
Honda Accord generasi kesepuluh juga memiliki varian e:HEV, tapi versi Indonesia cuma pakai mesin bensin 1.5 Liter Turbo.

Sejarah Honda Accord berikutnya lahir pada generasi ke-10. Di mana versi terbarunya (facelift) baru rilis di Thailand pada Agustus 2021 lalu.

Dari sisi eksterior, New Honda Accord menawarkan tampilan yang semakin premium melalui garis-garis tajam yang memadukan kemewahan dan sporty, sementara pada New Accord e:HEV disempurnakan dengan logo H dengan bingkai biru dan emblem e:HEV yang disematkan di bagian belakang.

Pada sisi interior, New Honda Accord hadir dengan kabin yang luas dan kemewahan desain premium yang dilengkapi dengan Wireless Charger, Auto Dimming Rearview Mirror, Rear Door Window Sunshades, 2 Rear USB Ports, dan Honda CONNECT.

New Honda Accord menggunakan 2 pilihan mesin, yaitu 1.5L VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 190 PS dengan torsi maksimal 243 Nm. Sementara pada varian e:HEV, New Honda Accord didukung oleh Sport Hybrid Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD).

New Honda Accord juga hadir dengan mode berkendara Sport Drive Mode dan New Honda Accord e:HEV menampilkan tiga mode berkendara yang dapat dipilih, EV Drive Mode, Hybrid Drive Mode, and Engine Drive Mode.

Selain Honda SENSING, New Honda Accord juga dilengkapi dengan teknologi keselamatan canggih lainnya pada varian e:HEV, Cross Traffic Monitor (CTM), Multi-view Camera System (MVCS), dan Honda Smart Parking Assist System.

Meski demikian, Accord generasi ke-10 di Indonesia, cuma tersedia dalam mesin 1.5L VTEC Turbo. Sementara yang versi hybridnya belum dipasarkan sama sekali di Tanah Air.

Demikian ulasan terkait perjalanan sejarah Honda Accord. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru